Bimbingan Klasikal Teori Pilihan Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Diri

Authors

  • Roiz Zulhadi UIN Mahmud Yunus
  • Wahidah Wahidah UIN Mahmud Yunus

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11561

Abstract

Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah anak asuh memiliki tanggug jawab diri yang rendah, individu yang memiliki tanggung jawab yang rendah akan berdampak kepada kehidupanya, sehingga tannggung jawab diri pada anak asuh penting untuk ditingkatkan, agar proses perjalanan kehidupanya dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh layanan bimbingan klasikal teori pilihan terhadap tanggung jawab diri anak asuh di panti asuhan Aisyiyah sei jernih. Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimen dengan tipe One Group Pre-Test Post-Test design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak asuh panti asuhan Aisyiyah dan sampel penelitian ini adalah seluruh anak asuh dan diperoleh sampel sebanyak 32 orang. Jenis pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total Sampling. menggunakan skala tanggung jawab diri dengan model Likert. Hasil penelitian ini diperoleh melalui hasil analisis data dengan menggunakan uji- t dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal teori pilihan berpengaruh signifikan terhadap tanggung jawab diri anak asuh di panti asuhan Asiyiyah Sei Jernih . Hal ini dibuktikan dengan hasil statistik bahwa thitung > ttabelpada taraf signifikan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak.Hal ini berarti layanan bimbingan klasikal teori pilihan berpengaruh terhadap tanggung jawab diri anak asuh di panti asuhan Aisyiyah sei jernih (

Downloads

Published

2023-01-14

How to Cite

Zulhadi, R. ., & Wahidah, W. (2023). Bimbingan Klasikal Teori Pilihan Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Diri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3456–3462. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11561