Bimbingan Klasikal Teori Pilihan Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Diri
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11561Abstract
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah anak asuh memiliki tanggug jawab diri yang rendah, individu yang memiliki tanggung jawab yang rendah akan berdampak kepada kehidupanya, sehingga tannggung jawab diri pada anak asuh penting untuk ditingkatkan, agar proses perjalanan kehidupanya dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh layanan bimbingan klasikal teori pilihan terhadap tanggung jawab diri anak asuh di panti asuhan Aisyiyah sei jernih. Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimen dengan tipe One Group Pre-Test Post-Test design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak asuh panti asuhan Aisyiyah dan sampel penelitian ini adalah seluruh anak asuh dan diperoleh sampel sebanyak 32 orang. Jenis pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total Sampling. menggunakan skala tanggung jawab diri dengan model Likert. Hasil penelitian ini diperoleh melalui hasil analisis data dengan menggunakan uji- t dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal teori pilihan berpengaruh signifikan terhadap tanggung jawab diri anak asuh di panti asuhan Asiyiyah Sei Jernih . Hal ini dibuktikan dengan hasil statistik bahwa thitung > ttabelpada taraf signifikan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak.Hal ini berarti layanan bimbingan klasikal teori pilihan berpengaruh terhadap tanggung jawab diri anak asuh di panti asuhan Aisyiyah sei jernih (Downloads
Published
2023-01-14
How to Cite
Zulhadi, R. ., & Wahidah, W. (2023). Bimbingan Klasikal Teori Pilihan Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Diri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3456–3462. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11561
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Roiz Zulhadi, Wahidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).