Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Santo Bellarminus Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10723Abstract
Strategi kepala sekolah merupakan cara yang disiapkan untuk meningkatkan kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Santo Bellarminus Bekasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) strategi Kepala Sekolah SD Santo Bellarminus Bekasi dalam meningkatkan kinerja guru melalui supervisi guru, pelatihan, lokakarya dan PPG, sertifikasi guru, dan peningkatan disiplin kerja guru; 2) faktor penghambat pelaksanaan peningkatan kinerja guru di SD Santo Bellarminus Bekasi adalah tidak semua guru memiliki motivasi yang sama; dan 3) strategi kepala sekolah adalah mengatasi kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kinerja guru dengan cara memotivasi guru untuk meningkatkan kinerjanya dengan cara menciptakan hubungan dan situasi yang harmonis dan bekerjasama dengan guru, upaya lain memberikan reward and punishment bagi guru yang tidak melaksanakan tugas pokoknya dengan disiplin yang baik. Penelitian ini memberikan kontribusi kepada kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Peningkatan kinerja guru bertujuan untuk memberdayakan tenaga kependidikan secara efektif dan efisien.Downloads
Published
2022-12-27
How to Cite
Winiharti, K. ., Simbolon, B. R. ., & Sinaga, D. . (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Santo Bellarminus Bekasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13146–13153. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10723
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Katerina Winiharti, Bintang R. Simbolon, Dameria Sinaga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).