Perencanaan Pembelajaran Sejarah Menggunakan Aplikasi Ruangguru Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10658Abstract
Dalam pembelajaran sangat diperlukan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Terdapat berbagai macam aplikasi yang digunakan guru dalam mengajar selama daring, satu diantaranya aplikasi Ruangguru. Aplikasi ini digunakan dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran sejarah menggunakan aplikasi Ruangguru di SMA Negeri 2 Banjarmasin masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan guru dan peserta didik. Untuk analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yakni 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, dan 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dalam mengajar menggunakan aplikasi Ruangguru sesuai dengan RPP yang telah dibuatnya. RPP yang dibuat guru berpedoman pada RPP daring & kurikulum 2013. Pembelajaran yang dilakukan guru diawali dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.Downloads
Published
2022-12-26
How to Cite
Rochgiyanti , R., Septiawan, A., Mardiani, F., Fathurrahman, F., Yuliantri, R. D. A., Nadilla, D. F., & Pangabdi, A. P. T. (2022). Perencanaan Pembelajaran Sejarah Menggunakan Aplikasi Ruangguru Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13045–13051. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10658
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rocgiyanti, Alfianoor Septiawan, Fitri Mardiani, Fathurrahman Fathurrahman, Rhoma Dwi Aria Yuliantri, Dewicca Fatma Nadilla, Ahmad Priyanka Tegar Pangabdi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).