Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran IPS SD Kelas Tinggi Materi Kerjasama Indonesia dan Singapura

Authors

  • Mila Lisnadiani Iswanda Universitas Pendidikan Indonesia
  • Putri Indah Pertiwi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tin Rustini Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10629

Abstract

Ilmu  Pengetahuan  Sosial  (IPS)  merupakan  salah  satu  mata  pelajaran  fundamental  di  Sekolah  Dasar untuk   mempelajari   berbagai   ilmu   sosial   serta   kaitan dan   pengaruhnya   terhadap   ilmu   lain. Pembelajaran IPS di SD khusus untuk kelas tinggi lebih menekankan pada aspek kognitif dengan tidak merupakan aspek afektif dan psikomotornya. Cooperative learning atau pembelajaran kooperatif dapat dipahami sebagai pembelajaran yang dilaksanakan dengan cara-cara bekerja sama atau berkelompok antarsesama peserta didik. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan studi literatur ini, dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif pada pelajaran IPS materi kerjasama antara Indonesia dan Singapura. Hasil yang disimpulkan adalah bahwa pembelajaran kooperatif ini layak untuk diaplikasikan karena bisa menambah keaktifan siswa dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2022-12-25

How to Cite

Iswanda, M. L. ., Pertiwi, P. I. ., & Rustini, T. . (2022). Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran IPS SD Kelas Tinggi Materi Kerjasama Indonesia dan Singapura. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12898–12901. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10629

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2