Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Materi Pengamalan Sila-Sila Pancasila Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12517Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan media pop-up book pada materi pengamalan sila-sila Pancasila yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 21 Palembang. Data penelitian ini diperoleh dari angket validitas, angket respon siswa, angket respon guru serta tes hasil belajar PPKn. Kriteria validitas didapatkan dari validator yang menilai dari tampilan media, penyajian materi dan penggunaan bahasa. Untuk kriteria kepraktisan didapatkan dari angket respon siswa dan angket respon guru. Sedangkan, kriteria keefektifan didapat dari tes hasil belajar siswa. Berdasarkan angket validasi dari tim ahli diperoleh skor presentase 89,7% dengan kategori sangat valid. Angket kepraktisan keseluruhan siswa diperoleh skor presentase 84,9% dengan kategori sangat praktis dan angket kepraktisan keseluruhan guru diperoleh skor presentase 87,2% dengan kategori sangat praktis. Hasil keefektifan keseluruhan siswa memperoleh skor 85,2% yang diperoleh dari tes hasil belajar PPKn materi pengamalan sila-sila Pancasila dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, hasil yang dikembangkan oleh peneliti bahwa media pop-up book yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.Downloads
Published
2023-03-13
How to Cite
Anggraini, D., Rohana, R., & Ayu, I. R. (2023). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Materi Pengamalan Sila-Sila Pancasila Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 610–619. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12517
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Dyah Anggraini, Rohana Rohana, Imelda Ratih Ayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).