Pemanfaatan Media Google Earth Untuk Pembelajaran Peta di SD Kelas Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9989Abstract
Pendidikan merupakan tonggak kemajuan bangsa. Menghadapi era revolusi 4.0 pendidikan perlu memanfaatkan teknologi pada berbagai perangkat pembelajaran, salah satunya media pembelajaran. Google earth meruapakan citra satelit yang dapat dimanfaatkan guru untuk pembelajaran peta di SD kelas tinggi. Materi peta yang di ajarkan di SD kelas tinggi dirancang agar siswa dapat memahami suatu tempat, baik itu lokasi ataupun peta khusus yang menggambarkan suatu keadaan seperti persebaran sumber daya alam dan persebaran flora fauna. Pemanfaatan Google Earth sebagai media belajar tentunya dirancang untuk meningkatkan semangat belajar siswa, motivasi siswa dan menghindari kecenderungan anak bosan jika hanya menggunakan peta konvensional. Tidak hanya itu dengan menggunakan media Google Earth ini siswa juga mulai dikenalkan pada literasi digital, agar siswa sebagai generasi penerus bangsa dapat memiliki literasi digital yang mumpuni dan dibutuhkan nantinya. Dari hasil penelitian kami dengan cara wawancara pada guru dan siswa kelas V di SDN Percobaan didapatkan hasil bahwa siswa lebih bersemangat untuk belajar ketika menggunakan peta digital seperti google earth. Guru sekolah tersebutpun sudah berupaya memanfaatkan peta digital yang ditayangkan melalui infocus di dalam kelas. Hal tersebut merupakan upaya guru untuk meningkatkan minat belajar siswa dan hasil belajar siswa. Sehingga pemilihan media tersebut disesuaikan dengan kondisi, situasi dan kebutuhan siswa.Downloads
Published
2022-12-09
How to Cite
Alfiyana, . F. M. ., Hanifa, S. ., & Rustini, T. . (2022). Pemanfaatan Media Google Earth Untuk Pembelajaran Peta di SD Kelas Tinggi . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10059–10064. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9989
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Fahrid Maruf Alfiyana, Syakira Hanifa, Tin Rustini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).