This is an outdated version published on 2022-11-30. Read the most recent version.

HUBUNGAN KELAS IBU HAMIL DENGAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG TANDA-TANDA BAHAYA KEHAMILAN

Authors

  • Yuli Bahriah STIKES Budi Mulia Sriwijaya
  • Arhayu Bastiani STIKES Budi Mulia Sriwijaya
  • Fitria Rahmawati STIKES Budi Mulia Sriwijaya
  • Nurul Wulandari STIKES Budi Mulia Sriwijaya
  • Nurul Husnul Khotimah STIKES Budi Mulia Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9811

Keywords:

Pengetahuan, Kelas Ibu Hamil, Tanda-tanda Bahaya Kehamilan

Abstract

Penyuluhan Kelas ibu hamil merupakan suatu kegiatan belajar kelompok bagi ibu hamil dalam bentuk tatap muka yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu mengenai kehamilan. Posyandu  Al Hijrah merupakan salah satu Puskesmas Palembang  yang mempunyai kelas ibu hamil. Dalam masa kehamilan, ibu harus memiliki pengetahuan tentang apa saja tanda-tanda bahaya pada  masa kehamilan. Tingginya kematian ibu salah satunya terjadi pada masa kehamilan. Masa kehamilan merupakan masa yang sangat penting, karena pada masa ini merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan janin selama sembilan bulan (Suririnah, 2010). Namun, tidak semua kehamilan akan menunjukkan tanda-tanda yang normal, ibu hamil dapat mengalami beberapa masalah serius tentang kehamilannya. Terdapat beberapa tanda bahaya kehamilan seperti perdarahan, nyeri perut yang berlebihan, mual muntah berlebihan dan sakit kepala yang hebat (Jannah, 2012). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, menggunakan sample ibu hamil sebanya 25 .Untuk menyampaikan pesan atau materi penyuluhan menggunakan Bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami sehingga  tidak terlalu sulit untuk dipahami oleh sasaran atau objek penyuluhan.Kesimpulan dalam kegiatan ini yaitu Perlunya mengaktifkan kembali kelas ibu hamil karena dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang tanda-tanda bahaya kehamilan dan juga memberikan informasi serta memotivasi ibu hamil agar aktif dalam kegiatan kelas ibu hamil. Bagi ibu agar berpartisipasi dalam kegiatan kelas ibu hamil karena melalui kegiatan kelas ibu hamil dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan ibu tentang tanda-tanda bahaya kehamilan.Berdasarkan hasil penelitian ini maka perlu dilakukan kegiatan penyuluhan tentang kesehatan terutama pada ibu hamil yaitu tanda-tanda bahaya pada masa kehamilan.

References

Nuryawati, Lina Siti, and Suci Budiasih, ‘Hubungan Kelas Ibu Hamil Dengan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan Di Desa Surawangi Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Jatiwangi Kabupaten Majalengka Tahun 2016’, Jurnal Bidan “Midwife Journal”, 3.01 (2017), 60–66

Ardillah, Sarah, Sri Rahayu Sanusi, and Maya Fitria, ‘Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Tindakan Ibu Hamil Tentang Deteksi Dini Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan Di Puskesmas Medan Deli’, Jurnal Gizi, Kesehatan Reproduksi Dan Epidemiologi, 1 No.2 (2015), 10 <http://garuda.ristekdikti.go.id/journal/article/322070>

Bakti, M. (2014). Hubungan Keikutsertan dalam Kelas Ibu Hamil dengan Pengetahuan Ibu di Pos Kesehatan Desa Palur.

MASA, E. (2020). Laporan Akhir Pengabdian Kepada Masyarakat Skema Program Kemitraan Masyarakat. 0205099101. https://stik-sitikhadijah.ac.id/wp-content/uploads/2021/04/bu-rina-K.Agung-dikonversi.pdf

Maryuni, Legina Anggraeni, Erika Cahyani, Ernestina Hingi, ‘Pentingnya Deteksi Dini Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan Pada Ibu Hamil’, 051711004, 2020, 1–21 <https://repository.binawan.ac.id/824/1/Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat-LPPM.pdf>

Varney, H. (2002). Buku Saku Bidan

Downloads

Published

2022-11-30

Versions

How to Cite

Bahriah, Y. ., Bastiani, A. ., Rahmawati, F. ., Wulandari, N. ., & Khotimah, . N. H. . (2022). HUBUNGAN KELAS IBU HAMIL DENGAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG TANDA-TANDA BAHAYA KEHAMILAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 2015–2019. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9811