SOSIALISASI PEMBUATAN INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI WONDERSHARE QUIZ CREATOR DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9695Keywords:
Instrument Tes, Wondershare Quis Creator, Aplikasi PembelajaranAbstract
Salah satu pemanfaatan teknologi didalam bidang pendidikan yakni pada kegiatan evaluasi tes yaitu membuat intrumen penilaian. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan penyusunan instrument tes menggunakan aplikasi wondershare quiz creator di SD Negeri 122380 Pematang Siantar bertujuan untuk memberikan informasi kepada guru terkait berbagai jenis aplikasi yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran termasuk saat evaluasi menjadi lebih praktis, efektif dan menarik. Selain itu penyusunan instrumen tes berbasis aplikasi ini bertujuan agar pelaksanaan kegiatan asesmen tes semakin efektif, efisien dan menarik. Kagiatan sosialisasi dan pendampingan ini juga diharapkan agar guru mampu menyusun instrument tes menggunakan aplikasi wondershare quiz creator dan dapat diterapkan dalam pegiatan pembelajaran. Hasil pengabdian masyarakat diperoleh dari umpan balik peserta pelatihan yang menunjukkan pemahaman tentang aplikasi wondershare quiz creator serta kemampuan untuk menyusun instrument tes menggunakan wondershare quiz creator .References
Dimas Virgiawan, M., Marlini, S., & Studi Pendidikan Matematika, P. (2018). Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator Pada Mata Kuliah Belajar Dan Pembelajaran Matematika. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 29–42. www.e-learning.unsri.ac.id
Fadillah, S., Susiaty, U. D., & Ardiawan, Y. (2017). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Pada Sekolah Dasar di Kecamatan Pontianak Barat. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–9.
Hasil, T., & Matematika, B. (2021). Peqguruang: Conference Series. 3(September), 2–5.
Hermawan, R., & Informatika, P. S. (2017). Pemanfaatan Model Evaluasi Belajar Bagi Guru Di Sdn. 2(2).
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445
Jono, A. A. (2016). Studi Implementasi Kurikulum Berbasis Kkni Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Di Lptk Se-Kota Bengkulu. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 5(1), 57–68.
Linn, Robert L.; Gronlund, N. E. (2000). Measurement and Assessment in Teaching. Eighth Edition. https://eric.ed.gov/?id=ED435651
Multin, H. A., Munawar, W., & Noor, A. A. M. (2019). Penyusunan Dan Analisis Tes Kinerja (Performance Test) Pada Kompetensi Praktik Memasang Sistem Penerangan Dan Wiring Kelistrikan Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 176. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15185
Prasetya, T. I. (2012). Meningkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Hasil Belajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Guru-Guru Ipa Smp N Kota Magelang. Journal of Educational Research and Evaluation, 1(2), 106–112. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere
Sulikah, W., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SDN Socah 4. Prosiding Nasional Pendidikan, 551–556.
Zusrony, E., Widyaningsih, D., & Salatiga, K. (2021). Jurnal abdidas. 2(4), 821–828.
Downloads
Published
Versions
- 2022-12-09 (3)
- 2022-12-04 (2)
- 2022-11-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Erni Kusrni Sitinjak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.