PELATIHAN PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SAINTIFIK BAGI GURU IPA DI SULAWESI SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9547Keywords:
Pengembangan Perangkat, Guru IPA, Pendekatan SaintifikAbstract
Kemampuan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang tepat akan berdampak pada kualitas pembelajaran. Salah satunya kemampuan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis saintifik, akan tetapi pada kenyataannya di beberapa sekolah di Sulawesi Selatan belum mampu mengembangkan perangkat pembelajaran sendiri. Pengabdian ini dimaksudkan melatih guru IPA mengembangankan perangkat pembelajaran IPA berbasis saintifik. Pelatihan ini dilaksanakan selama 4 minggu melalui tiga tahap yaitu: tahap pertama pengenalan dalam bentuk presentase yang diikuti dengan penugasan, tahap kedua konsultasi hasil kerja guru dan saran perbaikan, serta tahap ketiga adalah presentasi masing-masing guru terkait dengan hasil perbaikannya tahap keempat adalah evaluasi. luaran pengabdian ini yaitu perangkat pembelajaran biologi berbasis saintifik. Hasil menunjukkan bahwa peserta dapat mengembangkan perangkat berupa rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja peserta didik dengan baik. Respons peserta terhadap pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik yang dilaksanakan pada umumnya sangat baik. Dari segi tingkat kepuasan mereka mengikuti pelatihan, sebanyak 60% merasa sangat puas atau sebanyak 9 orang menyatakan sangat puas dan 6 orang yang menyatakan puas (40%). Meskipun demikian pelaksanaan pelatihan ini tidak sepenuhnya sempurna, masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi jika pelatihan serupa dilaksanakan kembali, dari pelatihan ini pula terungkap bahwa kemampuan guru-guru untuk merumuskan indikator pencapaian kompetensi masih kurang, masih banyak merumuskan indikator pencapaian kompetensi yang tidak disesuaikan dengan model pembelajaran. Untuk itu pelatihan yang disarankan untuk diadakan berikutnya adalah pengembangan perangkat berbasis model pembelajaran.References
Akhmad, A. N, Samsi, N. A, Ahmad, F, Nur, S, Syarif, H. S, dkk. (2022). Pelatihan Praktikum IPA Berbahan Lingkungan Sekitar Pada Guru IPA SMP Kabupaten Maros. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 1, No11. Hal 3115-3121.
Nau, W, G dan Missa, H. 2018. Pelatihan Praktikum Sederhana Bagi Guru-Guru IPA SMP di Kecamatan Mollo Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 24, No 3. Hal 905-907.
Nur, Mohamad dan Wikandari, P. Retno. 2004. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dal Pengajaran. UNESA, PSMS.
Nurhayati, Saputra, F. D., Novianti, F., Wahyuni. (2019). Inovasi Pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter. Jurnal Pengabdi, Vol 2, No 2. Hal 182-187.
Permen dikbud 2014. Nomor 103 Tentang Standar Penilaian Pembelajaran. Dokumen Nasional.
Permen dikbud 2014. Nomor 104 Tentang Standar Penilaian Pembelajaran. Dokumen Nasional.
Permen diknas, 2013. Nomor 58 Tentang Kerangka Kurikulum SMP dan sSderajat. Dokumen nasional.
Permen diknas, 2013. Nomor 59 Tentang Kerangka Kurikulum SMP dan sederajat. Dokumen nasional.
Rohmawati, S., Sihkabuden & Susilaningsih. (2018). Penerapan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran IPA di Mts Putri Nurul Masyithoh Lumajang. JKTP, Vol 1, No 3. Hal 2015-212
Superfine, A.C. 2008. Planning for Mathematics Instruction: A Model of Experienced Teachers’ Planning Processes in the Context af a Reform Mathematics Curriculum [Versi Electronic]. Jurnal of The Mathematics Educator , 18, 11–22.
Downloads
Published
Versions
- 2022-11-30 (2)
- 2022-11-29 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yusminah Hala
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.