PELATIHAN PEMBUATAN HERBARIUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA SISWA SMP

Authors

  • Tri Andri Setiawan IAIN Metro
  • Siti Kurniasih IAIN Metro

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9546

Keywords:

Herbarium, IPA, Media

Abstract

Guru SMP IPA di Bumi Agung Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran bukan dari latar belakang Pendidikan Biologi, namun harus mengajarkan materi tentang Biologi. Oleh karena itu dalam mengajar Biologi para guru sering menemui kendala, yaitu tidak trampil dalam praktikum dan kesulitan mendapatkan bahan yang sesuai. Sasaran dari pengabdian adalah guru-guru IPA SMP 17.1 Margomulyo Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran. Tujuan pengadian ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang pembuatan herbarium dengan memberikan teori dan praktikum kepada guru IPA di sekolah. Guru matapelajaran IPA diampu dengan latar belakang Pendidikan Fisika sehingga dalam pelaksanaan Praktikum Biologi guru belum bisa secara maksimal melaksanakan kepada siswa. Kegiatan dilakukan dengan empat tahap  yaitu ceramah, diskusi, praktik, dan evaluasi. Kegiatan pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan herbarium sebagai media pembelajaran IPA, banyak sekali hal positif yang bisa bermanfaat dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Pemanfaatan herbarium ini dapat menjadikan kegiatan praktikum secara mandiri yang lebih efisien dan efektif karena dapat memudahkan siswa dalam belajar tentang ciri-ciri umum morfologi tumbuhan dan lebih adaptable bagi siswa. Hal ini dapat menjadi solusi bagi sekolah yang memiliki keterbatasan sarana dan prasaranan media pembelajaran pada laboraturium IPA.

References

Afifah, N., Sudarmin, T. Widianti.2014. Efektivitas Penggunaan Herbarium Dan Insektarium Pada Tema Klasifikasi Makhluk Hidup Sebagai Suplemen Media Pembelajaran IPA Terpadu Kelas Vii Mts Unnes Science Education Journal 3 (2):494-501

Arsyad,Azhar.2011.Media Pembelajaran. Jakarta: Jakarta. Rajawali Pres

Majid, D. dan Sunarti, M. 2013. Pengembangan Herbarium Pada Siswa Madrasah Aliyah

Media Pembelajaran Kota Ternate. Jurnal Bioedukasi 2(1): 196

Susilo, M. J. 2015. Analisis Kualitas Media Pembelajaran Insektarium dan Herbarium untuk

Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menengah. Jurnal Bioedukatika 3(1): 10-15.

Nawawi, N., &Darmawan, H. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media

Pembelajaran Sains Interaktif Dan Easyquizzy Bagi Guru Mgmp Ipa Kabupaten Bengkayang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 2(2), 163. https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1343

Nisaa, R. A., Lestari, S., & Astuti, Y. (2019). Pelatihan Pembuatan Herbarium Sebagai Salah Satu Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Lingkungan di SMA Muhammadiyah 1 dan 2 Tangerang. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 3(1), 4–10.

Simangunsong, T. dan M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Mata Pelajaran IPA di SMP. 1(1), 105–112.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Sulistyarsi,A. 2010. Penggunaan Media Herbarium dan Insectarium dalam Pembelajaran

Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 2(1): 3-14.

Sumardi, S.,Handayani, T. T., & Ekowati, C. N. (2020). Pelatihan Pembuatan Herbarium

Sebagai Pengayaan Media Pembelajaran Ipa-Biologi Bagi Guru SMP MGMP IPA Di

Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 806–809. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.852

Downloads

Published

2022-11-29 — Updated on 2022-11-30

Versions

How to Cite

Setiawan, T. A. ., & Kurniasih, S. . (2022). PELATIHAN PEMBUATAN HERBARIUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA SISWA SMP . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1960–1964. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9546 (Original work published November 29, 2022)