APLIKASI MEDIA SOSIAL PADA PARTISIPASI DAKWAH ISLAM DESA SIDOREJO LANGKAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9400Keywords:
Media Sosial, Dakwah Islam, Partisipasi Kehidupan Nyata, Partisipasi Dakwah Islam, Desa Sidorejo, SurveiAbstract
Penelitian ini ini menyelidiki bagaimana aktivitas dakwah islam online berdampak pada kemanjuran dakwah islam dan partisipasi dakwah islam kehidupan nyata di kalangan mahasiswa kkn di Desa sidorejo. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti hubungan antara aktivitas dakwah islam dan kesadaran dakwah islam. Kami melakukan survei online (N=200) mahasiswa kkn di Desa sidorejo. Kami menggunakan perangkat lunak Qualtrics untuk mendistribusikan survei kami di antara siswa untuk tujuan pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa menggunakan media sosial untuk kesadaran dan informasi dakwah islam. Kemanjuran dakwah islam secara signifikan didasarkan pada partisipasi dakwah islam online. Selain itu, media sosial adalah platform vital bagi netizen untuk berpartisipasi dalam kegiatan dakwah islam kehidupan nyata. Kesimpulannya, temuan penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dakwah islam online berkorelasi kuat dengan kesadaran dakwah islam.References
Abdu, SD, Mohamad, B., & Muda, S. (2017). Partisipasi dakwah islam online pemuda: Peran aplikasi Facebook, interaktivitas, informasi berkualitas dan kepentingan dakwah islam. Web Konferensi SHS, 33, 1-10.
Abdulrauf, AA (2016). Keterlibatan kognitif dan partisipasi dakwah islam online di Facebook dan Twitter di kalangan pemuda di Nigeria dan Malaysia (tesis Doktor). Universiti Utara Malaysia, Changlun.
Ahmad, K., & Sheikh, KS (2013). Media sosial dan dakwah islam partisipatif pemuda: Sebuah studi mahasiswa kkn. Jurnal Studi Asia Selatan, 28, 353-360.
Andersen, KN, & Medaglia, R. (2009). Aplikasi Facebook dalam dakwah islam nasional: Dakwah islam seperti biasa. Dalam Konferensi Internasional tentang Partisipasi Elektronik (hal. 101-111). Berlin, Jerman: Springer. doi:10.1007/978-3-642-03781-8_10
Arshad, A., & Hassan, SA (2014). Peran media baru dalam diskusi dakwah islam dan perubahan perilaku memilih mahasiswa kkn. Jurnal Penelitian Internasional Ilmu Sosial, 3(7), 4-9.
Bimber, B., & Copeland, L. (2011, 25 Agustus). Media digital dan partisipasi dakwah islam dari waktu ke waktu di AS: Kontingensi dan di mana-mana. Makalah disiapkan untuk presentasi pada Pertemuan Tahunan Konsorsium Eropa untuk Riset Dakwah islam, Reykjavik, Islandia.
Biswas, A., Ingle, N., & Roy, M. (2014). Pengaruh media sosial terhadap perilaku memilih. Jurnal Kekuasaan, Dakwah islam & Pemerintahan, 2, 127-155.
Borah, P. (2014). Aplikasi Facebook dakwah islam dalam dakwah presiden 2012: Partisipasi dan keselarasan dakwah islam. Makalah disajikan pada pertemuan tahunan Konferensi Tahunan Asosiasi Komunikasi Internasional ke-64, Seattle Sheraton Hotel, Seattle, WA.
Calder, B. (2013, Oktober). Partisipasi dakwah islam dalam momen media sosial: Munculnya dakwah islam pribadi (tesis Master). Universitas RMIT, Melbourne, Australia.
Gibson, RK, & McAllister, I. (2012). Ikatan sosial online dan keterlibatan dakwah islam. Jurnal Teknologi Informasi & Dakwah islam, 10, 21-34.
Golan, GJ, Arceneaux, PC, & Soule, M. (2019). Gereja Katolik sebagai aktor diplomasi publik: Analisis narasi strategis paus dan keterlibatan internasional. Jurnal Komunikasi Internasional, 25, 95-115.
Hanson, G., Haridakis, PM, Cunningham, AW, Sharma, R., & Ponder, JD (2010). Dakwah presiden 2008: Sinisme dakwah islam di era Facebook, MySpace, dan YouTube. Komunikasi Massa dan Masyarakat, 13, 584-607.
Heiss, R., & Matthes, J. (2016). Mobilisasi untuk beberapa. Efek dari posting Facebook partisipatif pendakwah pada kaum muda. Jurnal Psikologi Media, 28, 123-135.
Hellweg, A. (2011). Situs media sosial pendakwah mempengaruhi persepsi mereka oleh konstituen. Jurnal Elon Penelitian Sarjana Komunikasi, 2, 22-36.
Ittefaq, M., & Iqbal, A. (2018). Digitalisasi sektor kesehatan di Desa sidorejo: Tantangan dan peluang komunikasi kesehatan online: Studi kasus media sosial dan seluler MARHAM. Kesehatan Digital, 4.
Jiang, L. (2016, 21-23 Maret). Efek internet pada partisipasi dakwah islam online dan offline di antara warga negara di Australia. Makalah dipresentasikan pada Konferensi Internasional Tahunan ke-66 Asosiasi Ilmu Dakwah islam Inggris, Brighton, Inggris.
Kahne, J., Middaugh, E., & Allen, D. (2014). Pemuda, media baru, dan kebangkitan dakwah islam partisipatif. Jaringan Penelitian Dakwah islam Pemuda dan Partisipatif, 1, 1-25.
Kalsnes, B. (2016). Paradoks media sosial menjelaskan: Membandingkanstrategi Facebook dakwah dakwah islam versus praktik. Media Sosial + Masyarakat, 2, 1-11.
Karamat, A., & Farooq, A. (2016). Munculnya peran media sosial dalam aktivisme dakwah islam: Persepsi dan praktik. Sebuah Jurnal Penelitian Studi Asia Selatan, 31, 381-396.
Khan, MA, & Shahbaz, MY (2015). Peran media jejaring sosial dalam sosialisasi dakwah islam pemuda Multan. Jurnal Ilmu Sosial Desa sidorejo, 35, 437-449.
Downloads
Published
Versions
- 2022-11-27 (2)
- 2022-11-27 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Wiene Surya Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.