PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PROMOSI BERBASIS APLIKASI SMARTPHONE

Authors

  • Suprihantosa Sugiarto IAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9082

Keywords:

Promosi, Smartphone, Aplikasi

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran  penting  dalam  laju  ekonomi  Indonesia  terutama  dalam  penciptaan  lapangan  kerja  dan pemberdayaan  rumah    tangga  yang  mendukung  pendapatanrumah  tangga.  Keberadaan UMKM ini diharapkan bisa memacu pertumbuhan ekonomi di tengah dampak covid 19 ekonomi yang terjadi saat ini. Pemanfaatan teknologi digital dapat memberikan harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi Indonesia. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat maka pembuatan media promosi bisa dilakukan melalui gengaman tangan saja yaitu melalui aplikasi yang ada di smartphone. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk mendorong agar UMKM khususnya yang menjadi obyek pengabdian ini agar bisa memanfaatkan smartphone menjadi lebih berguna bagi pemasaran produknya. Dimana diharapkan hanya dengan menggunakan smarphone maka pihak UMKM bisa membuat media promosi berupa flyer maupun video yang bisa mendiskripsikan produk dengan lebih menarik. Dari flyer dan video tersebut nanti bisa di upload di masing-masing social media UMKM ataupun bisa di cetak menjadi banner promosi.

References

Muhammad (2009) Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Kristia, S., & Harti, H. (2021). Pengembangan Media Promosi Berbasis Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Minat Beli Produk Ukm Dm-Seafood. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1428-1438. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/41942

Nurhayaty, Ety, dkk. Pelatihan Membuat Media Promosi Sederhana dengan Aplikasi Canva di Yayasan Desa Hijau Jurnal Abdimas BSI Vol 5, No 1 (2022) . Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/10522

https://www.marketing.co.id/pandemi-mengubah-cara-pandang-tentang-pentingnya-pengelolaan-keuangan/

Downloads

Published

2022-11-19 — Updated on 2022-11-19

Versions

How to Cite

Sugiarto, S. . (2022). PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PROMOSI BERBASIS APLIKASI SMARTPHONE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1865–1871. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9082