MEMPERKENALKAN SCHOOL OBJECTS WITH PICTURES UNTUK MENGOPTIMALISASIKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8514Keywords:
Gambar, Kosakata Bahasa Inggris, Benda-Benda Di Sekitar Sekolah, MediaAbstract
Peningkatan kualitas siswa merupakan salah satu tugas dunia pendidikan. Siswa sekolah dasar memiliki banyak perbedaan dengan orang usia dewasa dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris. Jika orang usia dewasa akan cepat menyerap kosakata baru dan mudah memusatkan perhatiannya pada proses pembelajaran, sementara siswa sekolah dasar memerlukan pengulangan dalam menyerap kosakata dan belum bisa memusatkan perhatiannya dengan cepat. Siswa-siswi SDN 26 Jati Utara Padang dalah salah satu sekolah dasar di kota Padang yang belum menerapkan Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib di sekolah, akan tetapi siswa ini memiliki hak untuk mengetahui bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Penerapan media pembelajaran berbasis pictures dengan topik school objects merupakan terobosan yang dilakukan tim pengabdian kepada masyarakat UPI YPTK Padang untuk membantu siswa serta menambah kosakata bahasa Inggris siswa SDN 26 Jati Utara Padang. Pengabdian ini dilakukan dengan memilih media pembelajaran yang tepat. Kendala yang ditemui ialah siswa menyelesaikan tulisan bahasa Inggris dalam rentang waktu yang lama diakibatkan kurangnya tepatnya pengejaan kosakata bahasa Inggris. Oleh sebab itu, dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini, kegelisahan yang dirasakan pihak sekolah bisa teratasi, serta siswa termotivasi untuk belajar bahasa Inggris dengan tingkat kesulitan yang berbeda.References
Aliah Darma. 2009. Analisis Wacana Kritis, Bandung: Yayasan Widya bekerja sama dengan Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI.
Arifin dan Junaiyah. 2010. Sintaksis untuk Mahasiswa Strata Satu Jurusan Bahasa atau Linguistik dan Guru Bahasa Indonesia SMA/SMK. Jakarta: PT Grasindo.
Baugh, A. 1993. A History of The English Language, Fourth Edition. London: Routledge.
Campbell, L. 1998. Historical Linguistics. Edinburgh University.
Cameron, L. 2001. Teaching Language to Young Learner. Cambridge: Cambridge University Press.
Chaer, A. 2007. Leksikologi & Leksikografi Indonesia. Jakarta: PT Renika Cipta,) pp 21-23.
Fauziati, E. 2010. Teaching English as a Foreign Language. Surakarta: Era
Hanafi, A. H. 2011. Metodelogi Penelitian Bahasa Untuk Penelitiantesis & disertasi. Jakarta:
diadit medi.
Hartanto, J. 1995. Pedoman Umum Pembentukan Istilah dan Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia (EYD). surabaya: Indah.
Hasbullah. 2001. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Pekembangan. Jakarta: Pt, RajaGrafindo.
Kasihani, S.2007. English for Young Learners Melejitkan Potensi Anak Melalui English Class yang Fun, Asyik, dan Menarik. Jakarta : Bumi Aksara.
Khamri, S. 2014. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Pelaksanaan Program Daily Report dalam Pembentukan Karakter Siswa di Mts YKUI maskumambang Gresik , 12.
Khorida, M. F. 2013. Pendidikan Krakter Anak Usia Dini konsep & Aplikasinya dalam Paud. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Kridalaksana, Harimurti. 2011. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Kuniyati, H. 2013. kerja keras dalam belajar. Artikel kerja keras dalam belajar
Kushartanti. 2005. Langkah Awal Memahami Linguistik. jakarta: Pustaka Umum Utama
Larsen-Freeman, D. 2000. Techniques and Priinciples in Language Teaching. Second Edition. New York: Oxford University Press.
Meleong, L. J. 2006. Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt. Rosda Karya.
Mulyana. 2014. Manajemen Pendidikan Islam. jakarta: Bumi Aksara.
Nunan, D. 1999. Second Language Teaching and Learning. Boston: Heinle and Heinle
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alpafabeta.
Downloads
Published
Versions
- 2022-11-27 (2)
- 2022-11-27 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dwi Megista Putri, Wienda Gusta, Rosi Kumala Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.