PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMANFAATKAN E-LEARNING MELALUI APLIKASI EDMODO

Yusri Wahyuni, Riska Amelia, Fauziah Fauziah

Abstract


Secara umum sekolah-sekolah SMP/MTs yang ada di Kecamatan Lengayang sudah tergolong sekolah dengan fasilitas yang baik. Hal ini terbukti dengan adanya jaringan wi-fi di sekolah yang dapat dimanfaatkan guru dan siswa. Namun hal ini tidak dimanfaatkan dengan baik oleh guru untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Kurangnya kegiatan pelatihan yang diikuti oleh guru juga membuat kemampuan guru dalam membuat inovasi pembelajaran dengan pemanfaatan IT masih sangat kurang. Melihat kondisi tersebut, tim PKM beserta mitra berdiskusi untuk mencari solusi dari permasalahan prioritas yang ditemukan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan memberikan pelatihan aplikasi edmodo kepada guru-guru matematika SMP/MTs se-kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan e learning melalui aplikasi edmodo. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah pendampingan. Untuk mengukur keberhasilan kegiatan pelatihan ini, dilakukan evaluasi dengan menggunakan instrument berupa angket. Berdasarkan hasil respon guru melalui pemberian angket setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini, diperoleh bahwa 82,47% peserta memiliki respon yang sangat baik pada kegiatan pelatihan yang dilakukan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta serius dan sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, dan peserta juga merasakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat untuk di aplikasikan dalam proses pembelajaran di kelas.

Keywords


Pelatihan, e-learning, edmodo

Full Text:

PDF

References


Amelia, Riska., & Gufron. (2018). E-Learning Design Based On Learning Management System In Web Programming Course. International Journal Of Scientific & Technology Research, 7(9) : 107-109.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Awal, Raudhah., Wahyuni, Sri., & Sari, Marta. (2019). Pelatihan Menggunakan Aplikasi Edmodo Bagi Guru SMP dan SMA SMART Indonesia Pekanbaru. DINAMISIA-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 69-75.

Buntoro, Ghulam Asrofi., Ariyadi, Dwiyono., & Astuti, Indah Puji. (2018). Pemanfaatan E-Learning Quipper School oleh Guru dan Siswa untuk Optimalisasi Pembelajaran di MAN 1 Ponorogo. Jurnal Pengabdian Kepada Msyarakat, 3(2) : 152-160.

Efendi, Yoyon., Lusiana., & Muzawi, Rometdo. (2019). Workshop Mobile Learning Menuju Sekolah Berbasis Digital Pada SMK Negeri 1 Siak Kecil. DINAMISIA-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1) : 142-146.

Holland, C., & Muilenburg, L. (2011). Supporting Student Collaboration : Edmodo in the classroom. In Society for Information Technology & Teacher education International Conference (pp. 3232-3236). Association for the Advancement of Computing in Education (AACE).

Somantri, Oman., Abidin, Taufiq., Wibowo, Dega Surono., & Wiyono, Slamet. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Membuat E-Learning sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di SMA Negeri 1 Subah. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 23(3): 332-337.

Sukardi & Hartanto, Setyo. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Media E-Learning Edmodo Di SMKN 2 Tulungagung. J-ABDIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 6(1) : 39-48.

Wahyuni, Yusri., & Alyusfitri, Rieke. (2017). Analysis of Students’ Mathematical Comprehension Ability Against Mathematics Teaching Materials with constructivism Through Mobile Learning System. IJRDO-Journal of Educational Research. 2(11) : 65-70.

Yazdi. (2012). E-Learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek. 2(1) : 143-152.




DOI: https://doi.org/10.31004/cdj.v1i2.702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yusri Wahyuni, Riska Amelia, Fauziah Fauziah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.