SOSIALISASI STRATEGI PEMASARAN UMKM DENGAN PERILAKU INOVATIF DAN TEKNOLOGI DI MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Nike Apriyanti Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Harisriwijayanti Harisriwijayanti Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Rany Fitriany Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5333

Keywords:

Strategi Pemasaran, Inovatif, Teknologi

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah salah satu bentuk Tridharma Perguruan Tinggi. PKM ini diusulkan untuk melakukan kegiatan yang bersifat sosialisasi dan edukasi di salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kota Bukittinggi Sumatera Barat. Kegiatan ini diusulkan untuk mensosialisasikan pentingnya sebuah strategi pemasaran yang berperilaku inovatif dan memanfaatkan teknologi sebagai salah satu bentuk usaha bagi  para pelaku usaha UMKM dalam mempertahankan diri untuk bisa terus tumbuh dan berkembang dalam menjalankan usahanya. Terutama pada masa pandemi ini, dimana para pelaku usaha memerlukan strategi yang berinovasi dan memanfaatkan teknologi yang dapat memperbaharui usaha mereka ke arah yang lebih baik dalam memasarkan produknya. Inovasi dan teknologi adalah alat spesifik pengusaha dan  wiraswastawan untuk memanfaatkan perubahan sebagai peluang bisnis produk atau jasa yang berbeda dan berteknologi. Oleh karena itu pengusaha dan wiraswastawan perlu secara sengaja mencari sumber inovasi, perubahan dan gejala yang menunjukkan adanya peluang untuk inovasi yang berhasil dalam menjalankan pemasarannya. PKM ini dilakukan di usaha kecil menengah usaha Ve Bordir dan Sulaman di Pasar Atas Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Hasil sosialisasi ini UMKM  Ve Bordir dan Sulaman dapat bersaing di masa pandemic dengan memamfaatkan tekhnologi fitur marketplace.

References

Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. Balanca?: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1). Https://Doi.Org/10.35905/Balanca.V2i1.1342

Chaerani, D., Talytha, M. N., Perdana, T., Rusyaman, E., & Gusriani, N. (2020). Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan. Dharmakarya, 9(4). Https://Doi.Org/10.24198/Dharmakarya.V9i4.30941

Hardilawati, W. L. (2020). Stategi Bertahan UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19. Akuntansi & Ekonomi, 10(1).

Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1). Https://Doi.Org/10.47233/Jiteksis.V3i1.212

Downloads

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-07-11

Versions

How to Cite

Apriyanti, N. ., Harisriwijayanti, H., & Fitriany, R. . (2022). SOSIALISASI STRATEGI PEMASARAN UMKM DENGAN PERILAKU INOVATIF DAN TEKNOLOGI DI MASA PANDEMI COVID 19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1064–1068. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5333 (Original work published June 30, 2022)

Similar Articles

<< < 158 159 160 161 162 163 164 165 166 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.