EFEKTIVITAS EVALUASI KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN AKADEMIK DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Harapan Tua R.F.S Universitas Riau
  • Faiza Yania Yasmin Universitas Riau
  • Rahmawati Saragih Universitas Riau
  • Fadilla Lolicorima Universitas Riau
  • Dini Tia Anggriani Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.52664

Keywords:

Evaluasi Kinerja, Tenaga Kependidikan, Layanan Akademik, Kompetensi, Manajemen Mutu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas evaluasi kinerja tenaga kependidikan dalam meningkatkan kualitas layanan akademik di perguruan tinggi. Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif melalui studi literatur yang mengumpulkan berbagai temuan empiris mengenai praktik evaluasi kinerja, kompetensi tenaga kependidikan, serta pengaruhnya terhadap mutu layanan. Hasil kajian menunjukkan bahwa evaluasi kinerja berperan sebagai alat strategis dalam pengembangan sumber daya manusia, baik dengan mengidentifikasi kebutuhan pelatihan, meningkatkan kompetensi teknis dan administratif, maupun memperkuat budaya kerja. Evaluasi yang dijalankan secara objektif, terukur, dan konsisten terbukti mampu meningkatkan ketepatan layanan, keandalan administrasi, serta kepuasan mahasiswa. Faktor pendukung meliputi ketersediaan SOP dan indikator kinerja, budaya organisasi yang terbuka, digitalisasi sistem administrasi, dan program pengembangan berkelanjutan. Sebaliknya, hambatan yang ditemui antara lain beban kerja yang tidak proporsional, minimnya supervisi, keterbatasan fasilitas dan infrastruktur, dan rendahnya literasi digital. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa mengintegrasikan hasil evaluasi kinerja ke dalam manajemen mutu berkelanjutan menjadi kunci utama dalam mewujudkan layanan akademik yang profesional, responsif, dan kompetitif.

References

Dwidianti, N. d. (2024). Analisis Kinerja Tenaga Kependidikan Pada Bidang Administrasi Kesiswaan. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran, 63-69.

Hakim, C. B. (2024). Evaluasi Beban Kerja Staf Administrasi dalam Mendukung Perbaikan Kualitas Pelayanan Akademik. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri, 43-51.

Handoko, T. H. (2018). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE.

M.S.P, H. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Mangkunegara, A. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya.

Merdekawaty, A. &. (2023). Peran Tenaga Kependidikan Dalam Meninigkatkan Mutu Layanan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa. Jurnal Kependidikan, 82-88.

Rahmawati, d. d. (2024). Evaluasi Efektifitas Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkn Kinerja Guru. Jurnal Penelitia Ilmu Pendidikan Indonesia, 203-209.

Rivai, V. &. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Rajawali Pers.

Sanda, y. d. (2022). Peningkatan mutu perguruan tinggi melalui manajemen pendidik dan tenaga kependidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 85-94.

Saraswati, A. &. (2024). Analisis Kinerja Tenaga Kependidikan Berdasarkan Kompetensi, Pengalaman, dan Budaya Kerja di Perguruan Tinggi. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 181.

Sutrisno, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. kencana Prenada Media.

Wibowo. (2020). Manajemen Kinerja. Rajawali Pers.

Downloads

Published

2025-11-15

How to Cite

R.F.S, H. T., Yasmin, F. Y., Saragih, R., Lolicorima, F., & Anggriani, D. T. (2025). EFEKTIVITAS EVALUASI KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN AKADEMIK DI PERGURUAN TINGGI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(5), 5890–5895. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.52664

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.