PENGUATAN LITERASI DAN EDUKASI SEBAGAI WUJUD PENGABDIAN MAHASISWA KEPADA MASYARAKAT

Authors

  • Nathania Nariswari AP Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • Khikmatul Laily Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • Nisrina Fajarani Isntitut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • Citra Anandya Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • Citra Anandya Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • Farrel Septian Isntitut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • Fitri Rossiana Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • Muhammad Alhafizh Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • Muhammad Robiansyah Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • Irma Novida Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i6.52622

Keywords:

Literasi, Pendidikan Karakter, Pengabdian Masyarakat, Partisipasi, Anak Binaan

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) bertema Penguatan Literasi dan Edukasi sebagai Wujud Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat merupakan bentuk implementasi nyata Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berfokus pada penguatan kemampuan literasi dasar, pembentukan karakter, dan kesadaran sosial anak-anak binaan Yayasan Pendidikan Masyarakat Sadar (YPMS) di Pamulang, Tangerang Selatan. Program ini muncul sebagai respons terhadap rendahnya minat baca dan kesenjangan kemampuan literasi di wilayah perkotaan. Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan minat baca, keterampilan berpikir kritis, dan rasa tanggung jawab sosial melalui kegiatan edukatif yang partisipatif. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA) dengan empat tahapan utama, yaitu identifikasi masalah, perencanaan partisipatif, pelaksanaan bersama masyarakat, dan evaluasi partisipatif. Berbagai kegiatan dilakukan seperti penyuluhan anti-bullying, pelatihan menulis kreatif, lokakarya warna, edukasi pola hidup sehat, hingga pelatihan kewirausahaan sederhana berbasis kerajinan tangan. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan motivasi belajar, kesadaran lingkungan, dan kemampuan literasi anak-anak binaan. Selain itu, kegiatan ini memperkuat kemampuan sosial dan kepemimpinan mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat. Program ini memberikan kontribusi konkret terhadap pembentukan karakter literat dan menjadi model pengabdian masyarakat berbasis kolaborasi partisipatif yang berkelanjutan.

References

Ahmad, E., & Hastomo, W. 2020. “Edukasi Perencanaan Keuangan Bagi Calon Pemagang Ke Jepang Ahmad.” CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3:116–22. doi:10.31960/caradde.v3i1.483.

Aini, Nur, Widi Hastomo, and Ratna Yulika Go. 2022. “Prediction of Anthropogenic Greenhouse Gas Emissions via Manure Management in Indonesia and Alternative Policies for Indonesian Livestock Development.” Journal of Renewable Energy and Environment. doi:10.30501/jree.2022.354796.1423.

Amorim, Americo N., Lieny Jeon, Yolanda Abel, Emilia X. S. Albuquerque, Monique Soares, Vanessa C. Silva, and José R. Oliveira Neto. 2022. “Escribo Play Learning Games Can Foster Early Reading and Writing for Low-Income Kindergarten Children.” Computers & Education 177:104364. doi:https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104364.

Anderson-Butcher, Dawn, Samantha Bates, Hal A. Lawson, Tasha M. Childs, and Aidyn L. Iachini. 2022. “The Community Collaboration Model for School Improvement: A Scoping Review.” Education Sciences 12(12):918.

Chowdhury, Sudipta, and Ammar Alzarrad. 2025. “Advancing Community-Based Education: Strategies, Challenges, and Future Directions for Scaling Impact in Higher Education.” Trends in Higher Education 4(2):21.

Dushkova, Diana, and Olga Ivlieva. 2024. “Empowering Communities to Act for a Change: A Review of the Community Empowerment Programs towards Sustainability and Resilience.” Sustainability 16(19):8700.

Gronski, Robert, and Kenneth Pigg. 2000. “University and Community Collaboration: Experiential Learning in Human Services.” American Behavioral Scientist 43(5):781–92. doi:10.1177/00027640021955595.

Hastomo, Widi hastomo. 2021. “Daur Ulang Air Leri Dalam Mengurangi Limbah Rumah Tangga.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5(5):1324–30. doi:10.31849/dinamisia.v5i4.3907.

Iamtrakul, Pawinee, Sararad Chayphong, and Adrian Y. Lo. 2022. “Exploring the Contribution of Social and Economic Status Factors (SES) to the Development of Learning Cities (LC).” Sustainability 14(19):12685.

Karno, Adhitio Satyo Bayangkari, Widi Hastomo, Tri Surawan, Serlia Raflesia Lamandasa, Sudarto Usuli, Holmes Rolandy Kapuy, and Aji Digdoyo. 2023. “Classification of Cervical Spine Fractures Using 8 Variants EfficientNet with Transfer Learning.” International Journal of Electrical and Computer Engineering 13(6):7065–77. doi:10.11591/ijece.v13i6.pp7065-7077.

Linda Wahyu Widianti, Adhitio Satyo Bayangkari Karno, Widi Hastomo, Aryo Nur Utomo, Dodi Arif, Indra Sari Kusuma Wardhana, and Deon Strydom. 2025. “Improved Banking Customer Retention Prediction Based on Advanced Machine Learning Models.” Indonesian Journal of Information Systems 7(2 SE-Articles):178–93. doi:10.24002/ijis.v7i2.10364.

Martínez-Bravo, María C., Charo Sádaba Chalezquer, and Javier Serrano-Puche. 2022. “Dimensions of Digital Literacy in the 21st Century Competency Frameworks.” Sustainability 14(3):1867.

McDougall, Julian, Mark Readman, and Philip Wilkinson. 2018. “The Uses of (Digital) Literacy.” Learning, Media and Technology 43(3):263–79. doi:10.1080/17439884.2018.1462206.

Mehan, Hugh. 2022. “Understanding Inequality in Schools: The Contribution of Interpretative Studies.” Pp. 315–34 in Handbuch Bildungs- und Erziehungssoziologie, edited by U. Bauer, U. H. Bittlingmayer, and A. Scherr. Wiesbaden: Springer Fachmedien Wiesbaden.

Novida, Irma, Dede Dahlan, and Syihaabul Hudaa. 2020. “Pelatihan Pencegahan Wabah Pandemi Covid-19 Dan Pembuatan Penyitasi Tangan Yang Ekonomis.” Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM) 4(2):193–200. doi:https://doi.org/10.31764/jmm.v4i2.1949.

Saikia, Mrinal, and Ratul Mahanta. 2024. “Riverbank Erosion and Vulnerability – A Study on the Char Dwellers of Assam, India.” Natural Hazards Research 4(2):274–87. doi:https://doi.org/10.1016/j.nhres.2023.10.007.

Saputro, Ahmad Eko, Widi Hastomo, Syihaabul Hudaa, and Yoga Rarasto Putra. 2023. “Membangun Kultur Zero Waste Di Sekolah.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 7(5):4809. doi:10.31764/jmm.v7i5.17334.

Sujatna, Yayat, and Widi Hastomo. 2021. “Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga Dan Pasar Sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan Keluarga.” Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat JPPM 5(1):61–68. doi:10.30595/jppm.v5i1.5853.

Ulmalik, Rafta, Nur Izzatil Islam Nabilah Laili Isticharoh, Ayu Yandari Saepul Bahri, Maisarah, Kristanti, Ferry Firmansyah Linda Idham Sepriansyah, Syahrian Andri Yansyah, and Irma Novida1. 2025. “Jurnal Abdimas Berdaya :” 8:305–16.

Yulianto, Rudy, Faqihudin, Meika Syahbana Rusli, Adhitio Satyo Bayangkari Karno, Widi Hastomo, Aqwam Rosadi Kardian, Vany Terisia, and Tri Surawan. 2023. “Innovative UNET-Based Steel Defect Detection Using 5 Pretrained Models.” Evergreen 10(4):2365–78. doi:10.5109/7160923.

Downloads

Published

2025-12-20

How to Cite

AP, N. N., Laily, K., Fajarani, N., Anandya, C., Anandya, C., Septian, F., … Novida, I. (2025). PENGUATAN LITERASI DAN EDUKASI SEBAGAI WUJUD PENGABDIAN MAHASISWA KEPADA MASYARAKAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(6), 6050–6056. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i6.52622

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.