OPTIMALISASI BRANDING DAN DIGITAL MARKETING UMKM DYNASTIE MADU KEMLAGI KAMPUNG WISATA

Authors

  • Susilowati Susilowati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sulistiami Sulistiami Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Fitria Hansyah Fatmasari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dinda Maharani Verdikasari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dinar Nisa’ul Choir Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Amelia Putri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.50704

Keywords:

UMKM, Branding, Digital Marketing, Produk Madu, Kampung Wisata

Abstract

UMKM memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi, salah satunya melalui kontribusi dalam menciptakan lapangan kerja dan mendukung pertumbuhan lokal. UMKM Dynastie Madu di Desa Kemlagi, Mojokerto, memiliki potensi besar sebagai sentra produksi madu sekaligus Kampung Wisata edukatif. Namun, UMKM ini menghadapi kendala berupa terbatasnya diversifikasi produk, kemasan yang kurang menarik, pemasaran yang masih konvensional, serta pemanfaatan digital marketing yang belum optimal. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan melalui pelatihan, pendampingan, dan implementasi berbasis partisipatif dengan lima tahapan, yaitu pengembangan diversifikasi produk, peningkatan kapasitas produksi, penguatan identitas dan kualitas kemasan, perluasan jaringan pemasaran konvensional, serta optimalisasi digital marketing. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan jumlah produk turunan madu dari 1 menjadi 13 jenis, peningkatan kapasitas produksi madu murni dari ±120 kg menjadi ±170 kg per bulan, serta perbaikan desain dan kualitas kemasan. Selain itu, UMKM berhasil memanfaatkan marketplace (Shopee, Facebook, TikTok) dengan rata-rata 80 pesanan daring per bulan. Temuan ini menegaskan bahwa strategi branding yang efektif dan pemanfaatan digital marketing mampu meningkatkan daya saing, memperluas pasar, dan mendukung transformasi Desa Kemlagi menuju Kampung Wisata berbasis madu yang berkelanjutan.

References

Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 3(2), 77. https://doi.org/10.32493/jls.v3i2.p77-85

Murtiningsih, D., & Caroline, R. T. M. (2024). Digitalisasi Umkm. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 7(3), 1387–1400.

Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2), 40–52.

Saputra, F., Khaira, N., & Saputra, R. (2023). Pengaruh User Interface dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Literature). Jurnal Komunikasi Dan Ilmu Sosial, 1(1), 18–25. https://doi.org/10.38035/jkis.v1i1.115

Suci, Y. R., Tinggi, S., & Ekonomi, I. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Fakultasi Ekonomi, 6(1), 51–58.

Sudrartono, T., Nugroho, H., Irwanto, I., Agustini, I. G. A. A., Yudawisastra, H. G., Maknunah, L. U., Amaria, H., Witi, F. L., Nuryanti, N., & Sudirman, A. (2022). Bagaimana pelatihan dan pengembangan kapasitas dalam digital marketing dapat mempengaruhi keberhasilan UMKM? In Cv Widina Media Utama.

Tarmizi, A. (2018). Strategi pemasaran UMKM: Literature review. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(2), 191–198.

Downloads

Published

2025-10-21

How to Cite

Susilowati, S., Sulistiami, S., Fatmasari, F. H., Verdikasari, D. M., Choir, D. N., & Putri, A. (2025). OPTIMALISASI BRANDING DAN DIGITAL MARKETING UMKM DYNASTIE MADU KEMLAGI KAMPUNG WISATA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(5), 5748–5753. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.50704

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.