KOLABORASI MAHASISWA DAN MASYARAKAT DALAM PENGUATAN NILAI RELIGIUS DAN LITERASI DI DESA KESATUAN MELALUI PROGRAM KKN UNIVERSITAS AL WASHLIYAH MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.50210Keywords:
Community Service, KKN, Education, ReligionAbstract
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dengan tujuan meningkatkan kualitas kehidupan sosial, keagamaan, dan pendidikan. Artikel ini membahas pelaksanaan program KKN kelompok 03 Universitas Al Washliyah Medan di Desa Kesatuan, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai. Program difokuskan pada bidang keagamaan dan pendidikan, meliputi kajian tauhid, Maghrib Mengaji, bimbingan belajar, asesmen literasi-numerasi, edukasi pendidikan beradab, serta pencegahan bullying. Selain itu, kegiatan gotong royong, festival anak saleh, kerajinan tangan, hingga pembuatan plang nama gang turut mendukung penguatan sosial masyarakat. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman keagamaan, keterampilan mengaji anak-anak, serta kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan dan nilai karakter. Hambatan utama berupa keterbatasan fasilitas, waktu yang singkat, dan kondisi infrastruktur desa. Dengan demikian, program KKN terbukti memberikan dampak positif bagi masyarakat sekaligus menjadi sarana pembelajaran sosial bagi mahasiswa.References
Adi, I. R. (2019). Intervensi komunitas dan pengembangan masyarakat sebagai upaya pemberdayaan masyarakat. Jakarta: Rajawali Pers.
Al Umar, A. U. A., Savitri, A. S. N., & Pradani, Y. S. (2021). Peranan kuliah kerja nyata sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat di tengah pandemi COVID-19 (studi kasus IAIN Salatiga KKN). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01).
Amiruddin, A., Nurhayati, N., Nurmaya, A., Indah, S., & Nurrahmania, N. (2024). Optimalisasi Pendidikan dan Agama Di Desa Mpuri Kecamatan Madapangga: Sinergi Dalam Mewujudkan SDM Unggul Melalui Program KKN. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 193-202.
Azra, A. (2018). Islam Substantif: Agar umat tidak menjadi buih. Bandung: Mizan.
Cahyani, A., Nurhaningsih, T., Karnati, N., & Rahmawati, D. (2024). Kuliah kerja nyata sebagai implementasi pendidikan berbasis masyarakat di perguruan tinggi. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(2), 19-29.
Chasana, I. S., Safitra, H. R., Putri, R. K. A., & Muthia, R. (2024). Implementasi Kuliah Kerja Nyata: Strategi Peningkatan Kualitas Melalui Pendamping Pendidikan Pengabdian Masyarakat. Pemberdayaan Masyarakat: Jurnal Aksi Sosial, 1(4), 28-40.
Damayanti, A. I., Akbar, M. F. R., & Suparmi, S. (2024). Manfaat dan Tantangan Kkn Sebagai Wadah Pengembangan Diri dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(10), 6676-6688.
Hidayat, A. (2019). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 45–56. https://doi.org/10.1234/jpai.v6i1.234
Isbandi, R. A. (2018). Intervensi komunitas: Pengembangan masyarakat sebagai upaya pemberdayaan masyarakat. Jakarta: Rajawali Pers.
Jumriati, J., Syukriady, D., Supriadi, S., Erniati, E., Tumpu, A. B., Musbaing, M., ... & Putri, M. T. (2024). Kolaborasi Mahasiswa KKN Profesi Melalui Program Pembangunan Fisik dan Nonfisik. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(4), 2206-2223.
Kartasasmita, G. (1996). Pembangunan untuk rakyat: Memadukan pertumbuhan dan pemerataan. Jakarta: CIDES.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Panduan pelaksanaan pendidikan karakter. Jakarta: Kemdikbud.
La Patilaya, H., Sinurat, J., Sarasati, B., Jumiyati, S., Supriatna, A., Harto, B., ... & Hapsari, T. D. (2022). Pemberdayaan Masyarakat.
Lickona, T. (2013). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. New York: Bantam Books.
Madya, E. B., Nabilah, S., Bellasonya, R., Harahap, S. A., Siregar, A. R., & Nurhasanah, S. (2023). Peranan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa di Desa Bintang Meriah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(4), 355-369.
Megawati, M., & Nurfitri, N. (2023). Peran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Dalam Bidang Pendidikan Sebagai Wujud Pengabdian Di Desa Air Terjun. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 204-208.
Nur, B., Julianti, M., Rahmi, A., & Farhan, A. M. (2024). Metode Partisipatif Dalam Pemberdayaan Masyarakat.
Ramli, S. (2024). Peran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mengabdikan Diri Melalui Pemberdayaan Masyarakat Di Kelurahan Rangas Kabupaten Mamuju. Society Empowerment Journal, 1(1), 1-9.
Rintyarna, B. S., Hidayat, C. T., Nursyamsiyah, S., & Jalil, A. (2021). Buku pedoman kuliah kerja nyata:(KKN tematik COVID-19) Universitas Muhammadiyah Jember. UM Jember Press.
Rosdialena, R., & Alrasi, F. (2023). Respon Masyarakat Terhadap Kegiatan KKN Mahasiswa UM Sumatera Barat Di Tanjuang Modang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 1178-1193.
Sutrisno, E. (2021). Pengabdian masyarakat berbasis KKN sebagai wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Jurnal Abdimas Nusantara, 2(2), 67–75. https://doi.org/10.3333/jan.v2i2.567
Yunanto, F., & Kasanova, R. (2023). Membangun karakter mahasiswa Indonesia melalui pendidikan karakter. Journal on Education, 5(4), 12401-12411.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dewi Sundari Tanjung, Ferdy Eka Nugroho, Aziz Abdillah, Sahut Matua Dongoran, Cindy Kartika Simbolon, Nursyahfira Nursyahfira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










