KKNT BERDAMPAK: MEMBANGUN LINGKUNGAN SOSIAL SEKOLAH YANG KONDUSIF MELALUI SOSIALISASI STOP BULLYING DI SMP PGRI SEMBAWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49443Keywords:
Bullying, Sosialisasi, Lingkungan Sekolah, KKNT, SiswaAbstract
Bullying di lingkungan sekolah menjadi salah satu isu krusial dalam dunia pendidikan Indonesia yang berdampak terhadap kenyamanan dan kesehatan psikologis siswa. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) oleh mahasiswa Universitas Indo Global Mandiri dilaksanakan di SMP PGRI Sembawa sebagai bentuk pengabdian masyarakat untuk membantu mengatasi permasalahan ini. Sosialisasi Stop Bullying dilakukan dengan pendekatan edukatif dan komunikatif, melalui penyampaian materi, diskusi interaktif, kuis, serta praktik slogan yang bertujuan membangun kesadaran siswa mengenai bahaya bullying dan pentingnya saling menghormati. Hasil kegiatan menunjukkan respons positif dari siswa, antusiasme tinggi selama sesi berlangsung, dan munculnya sikap reflektif terhadap tindakan perundungan. Mahasiswa KKNT berhasil berperan sebagai agen perubahan sosial yang mampu menciptakan ruang dialog sehat dan meningkatkan pemahaman siswa. Kegiatan ini menjadi langkah awal dalam menciptakan lingkungan sekolah yang lebih kondusif dan mendukung perkembangan psikososial siswa secara positif.References
Wulansari, L., Vernia, D. M., Nurisman, H., Hermanto, H., Widiarto, T., Sutina, S., & Widiyarto, S. (2023). Penyuluhan Pencegahan Perundungan (Bullying) di SMP Kota Bekasi Jawa Barat. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(5), 638–643. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i5.462
Yasmin, A., Kurniawan, W. R., & Susanto, D. (2023). Pelaksanaan Edukasi Bullying Sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Bullying pada Kalangan Siswa Sekolah Dasar Pecangakan. Jurnal Bina Desa, 4(3), 382–386. https://doi.org/10.15294/jbd.v4i3.39675
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hilyah Salsabila, Mita Anggraini, Jeargialfath Isnansyah, Mario Minaldi, Lukita Tripermata, Budi Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










