PELATIHAN PRAKTIKUM FISIKA KREATIF DAN INOVATIF UNTUK SISWA SISWI KELAS X SMAN 1 WAIGETE

Authors

  • Yustina Yesisanita Yeyen Universitas Nusa Nipa
  • Paulina Nelce Mole Universitas Nusa Nipa
  • Maria Bernadetha Riong Universitas Nusa Nipa
  • Agustina Elisabeth Universitas Nusa Nipa
  • Kristiana Nathalia Wea Universitas Nusa Nipa
  • Bertolomeus Haryanto Agung Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.48564

Keywords:

Arduino, Pembelajaran Kreatif, Praktikum Fisika, Barang Bekas

Abstract

Fisika merupakan salah satu ilmu pengetahuan alam yang tidak hanya memberikan teori tetapi dibutuhkan pemahaman secara praktis. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa-siswa kelas X SMAN 1 Waigete melalui praktikum kretaif dan inovatif berbasis barang bekas dan teknolgi sederhana. Metode kegiatan ini dilakukan dengan pendekatan partsipatif yang melibatkan siswa secara langsung dalam merancang dan melaksanakan percobaan seperti bandul sederhana, sensor ultrasonic berbasis Arduino dan juga rangkaian listrik seri-pararel. Hasil pelatihan ini menunjukkan antuasiasme siswa yang tinggi, mampu mengikuti alur praktikum dengan baik dan memahami konsep fisika secara  konkrit. Kegiatan pengabdian ini menjadi Solusi dalam memperkuat pembelajaran fisika ditengan keterbatasan alat-alat laboratorium.

References

Arifin, Mufti, Endah Yuniarti, Syarifah Fairuza, and Freddy Franciscus. 2024. “Upaya Peningkatan Minat Belajar Fisika Untuk Siswa SMA Melalui Praktikum Menggunakan Aeronautics Mobile Laboratory.” Jurnal Bakti Dirgantara 1(1): 48–53.

Fitriana, Sheila et al. 2024. “Workshop Pendampingan Praktikum Fisika Untuk Menstimulasi Keterampilan Psikomotor Siswa Smk Karya Setia Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai Physics Practical Guidance Workshop To Stimulate Psychomotor Skills of Students of Karya Setia Pegajahan Vocational.” Journal of Physics and Science Learning 08: 2622–6707.

Husnari, Siti, Irgi Ahmad Fahreza, Fitriyani Fitriyani, and Hadma Yuliani. 2024. “Pelaksanaan Pengelolaan Laboratorium Fisika Di IAIN Palangka Raya.” Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2(1): 186–206.

Rahmaniah, Ernawati. 2020. “Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Woja Tahun Pembelajaran 2018/2019.” Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 1(2): 71–77.

Saputri, Affa Ardhi, and Jasuri Jasuri. 2023. “Pelatihan Praktikum Fisika Dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Tracker Video Analysis and Modeling Tool.” Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 7(4): 673–82.

Yesisanita, Yustina, Rubbish Bin, Servo Motor, and Ultrasonic Sensor. 2023. “SENSOR ULTRASONIK HCSR04 DI LINGKUNGAN.” 6: 1155–60.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Yeyen, Y. Y., Mole, P. N., Riong, M. B., Elisabeth, A., Wea, K. N., & Agung, B. H. (2025). PELATIHAN PRAKTIKUM FISIKA KREATIF DAN INOVATIF UNTUK SISWA SISWI KELAS X SMAN 1 WAIGETE . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4933–4937. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.48564

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.