EMPOWERING ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS THROUGH TECHNOLOGY-ENHANCED PEDAGOGICAL MENTORING
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47889Keywords:
Pedagogical Mentoring, Educational Technology, Teacher Empowerment, PARAbstract
Perkembangan teknologi informasi yang pesat menuntut guru sekolah dasar untuk mampu mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran secara efektif. Namun, realitas di lapangan menunjukkan bahwa banyak guru masih mengalami keterbatasan dalam hal pemahaman, keterampilan, dan kepercayaan diri untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan guru sekolah dasar melalui pendekatan pedagogical mentoring berbasis teknologi yang partisipatif dan kontekstual. Metode pengabdian yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan melibatkan 20 guru dari dua sekolah dasar di Pekanbaru, Riau. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan, pendampingan praktik mengajar, dan forum refleksi kolaboratif. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman, keterampilan, dan inisiatif guru dalam mengintegrasikan teknologi pembelajaran. Analisis korelasi juga mengungkap hubungan yang kuat antara tingkat partisipasi dengan peningkatan kompetensi guru. Kesimpulannya, model mentoring berbasis teknologi yang bersifat reflektif dan kolaboratif efektif dalam meningkatkan kapasitas guru, serta membangun budaya belajar yang berkelanjutan di sekolah. Pengabdian ini berkontribusi pada pengembangan model pemberdayaan guru yang lebih humanis, kontekstual, dan adaptif terhadap tantangan pembelajaran abad 21.References
Abdurahman, A., Afriani, G., Putri, D. E., & Sappaile, B. I. (2024). Pendampingan Calon Guru Dalam Mengoptimalkan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6403–6410.
Ali Sadikin, Asni Johari, Jodion Siburian, Ervan Johan Wicaksana, & Desfaur Natalia. (2021). Pelatihan Mendeley untuk Menunjang Karya Ilmiah Guru-Guru SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Jurnal SOLMA, 10(1), 1–7. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1.5441
Atina, V. Z., Setiawan, F., Mahmudi, A. Y., Shevalinzi, W. B. A., & Nurdin, A. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Pada Umkm Sebagai Upaya Peningkatan Omset. Abdi Masya, 1(4), 164–171. https://doi.org/10.52561/abma.v1i4.161
Endang, A. H., Pramita, A. J., Syahruddin, A. D., Syafaat, M., & Ismaya, I. (2022). Pengenalan Digital Dalam Membentuk Milenial Kreatif Untuk Menghadapi Era Society 5.0 Di Kabupaten Enrekang. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 369–376. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1321
Haq, M. N., & Murdiono, M. (2019). Problematika guru dalam penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(2), 165–176. https://doi.org/10.21831/jc.v16i2.24603
Hartati, T. (2020). Pembelajaran di Sekolah Dasar dari Prespektif Multiliterasi dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (KBTT). Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 7(2).
Ilyas, I. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 34–40.
Jagers, R. J., Rivas-Drake, D., & Williams, B. (2019). Transformative social and emotional learning (SEL): Toward SEL in service of educational equity and excellence. Educational Psychologist, 54(3), 162–184.
Mauludiyah, L., & Murdiono, M. (2023). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pjbl- Steam Pada Guru Bahasa Arab Di Kota Malang. JRCE (Journal of Research on Community Engagement), 5(1), 21–26. https://doi.org/10.18860/jrce.v5i1.18443
Murdiono, M., Fauzi, M. F., & Amin, M. (2021). Pendampingan Tahsin Musykilatul Qira’at Imam Hafs dalam Membaca Al-Qur’an Untuk Masyarakat Malang Raya. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 10(1), 31. https://doi.org/10.29300/mjppm.v10i1.4458
Nabilah Mokhtar, Lim Zhi Xuan, Lokman, H. F., & Noor Hayati Che Mat, N. H. C. M. (2023). Theory, Literature Review, and Fun Learning Method Effectiveness in Teaching and Learning. International Journal of Social Science and Education Research Studies, 03(08), 1738–1744. https://doi.org/10.55677/ijssers/v03i8y2023-30
Nita, S., Andria, A., & Lukas, F. M. (2022). Pelatihan e-Learning Berbasis Multiplatform sebagai Wujud Digitalisasi Program MBKM di SMKN 2 Madiun. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 491–500. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1725
O’Connor, J., Ludgate, S., Le, Q.-V., Le, H. T., & Huynh, P. D. P. (2023). Lessons from the pandemic: Teacher educators’ use of digital technologies and pedagogies in Vietnam before, during and after the Covid-19 lockdown. International Journal of Educational Development, 103(January), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2023.102942
Pranata, D. C., Sukmayadi, Y., & Budiman, N. (2024). Pengembangan kompetensi guru dalam menghadapi masa peralihan Kurikulum Merdeka. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 8(1), 10. https://doi.org/10.20961/jdc.v8i1.80164
Salviana, V., Fuadiputra, I. R., Bustami, M. R., & Jha, G. K. (2022). Participatory Action Research ( PAR ) Model for Developing A Tourism Village in Indonesia. Journal of Local Government Issues ( LOGOS ), 5(2), 193–207.
Sholichah, A. S., Solihin, S., Rahman, B., Awi, W., & Muqit, A. (2022). Penguatan Profesionalisme Guru dalam Mengembangkan Literasi Digital Kegamaan (Studi di SMP Islamic School al-Bayan Jakarta). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 433–454.
Soe’oed, R., Hanim, Z., Sanda, Y., & Yau, L. (2022). Pendampingan Peningkatan Mutu Pengajaran Guru untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Samarinda. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 355–367. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1998
Susanto, S. (2022). Menjadi Guru Inovatif Pada Masa Pandemi: Peningkatan Kapasitas Guru SD Genius Islamic School Kota Depok. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 275–285. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1889
Syofyan, H., Susanto, R., Ulum, M. B., & Putra, S. D. (2023). Pelatihan Komite Pembelajaran dalam Menunjang Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Wilayah Jakarta Barat. International Journal of Community Service Learning, 7(1).
Wahyuni, D. Q., & Ananda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1294
Widayati, W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Inquiri Berbasis Google Workspace for Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Literasi Digital, 1(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eko Adhy Setiawan, Fini Widya Fransiska, Nova Krisnawati, Liza Husnita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










