PENGUATAN KARAKTER ISLAMI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MAHFUDZAT DI SDN 1 NGINDENG, PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.47806Keywords:
Karakter Islami, Mahfudzat, Sekolah Dasar, Pengabdian Masyarakat, Community-BasedAbstract
Penguatan karakter Islami pada anak usia sekolah dasar merupakan kebutuhan mendesak di tengah arus globalisasi dan degradasi moral yang melanda generasi muda. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menginternalisasi nilai-nilai Islami melalui pembelajaran Mahfudzat di SDN 1 Ngindeng, Ponorogo. Program dilaksanakan selama bulan Juni 2025 oleh tim dosen dan mahasiswa Universitas Darussalam Gontor dengan pendekatan community-based yang melibatkan guru dan siswa secara aktif. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta pre-test dan post-test terhadap 20 siswa. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam lima aspek karakter Islami: disiplin, tanggung jawab, jujur, sopan santun, dan motivasi belajar, dengan rata-rata peningkatan skor sebesar 20–23 poin. Selain itu, terjadi perubahan perilaku positif siswa dalam kehidupan sehari-hari. Penguatan nilai melalui Mahfudzat terbukti efektif sebagai sarana pendidikan karakter yang aplikatif dan dapat direplikasi di sekolah dasar lainnya.References
Arifin, Z., & Hidayat, S. (2020). Urgensi Penguatan Karakter Melalui Pembelajaran Mahfudzat pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 113–124. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i2.33210
Hasanah, L. (2021). Mahfudzat sebagai Media Pendidikan Nilai dalam Pembentukan Moral Siswa. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 35–46. https://doi.org/10.21043/tarbiyatuna.v14i1.9183
Munifah, N., & Zamroni, M. (2023). Efektivitas Pengajaran Mahfudzat dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab di Sekolah. Jurnal Pengabdian Pendidikan Islam, 6(1), 57–65. https://doi.org/10.24042/jppi.v6i1.10231
Muslich, M. (2021). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Relevansi dan Aktualisasi Nilai Islam. Jurnal Pendidikan Islam Dasar, 5(2), 89–98. https://doi.org/10.24042/jpid.v5i2.8890
Rahmawati, I. (2022). Pengaruh Hafalan Mahfudzat terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa. Jurnal Studi Pendidikan Islam Anak, 8(1), 23–34. https://doi.org/10.19105/jsdpi.v8i1.9942
Nugroho, H. W., & Fadillah, R. (2021). Participatory Action Research sebagai Model Penguatan Karakter Berbasis Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 3(2), 87–96. https://doi.org/10.25077/jpmm.3.2.2021
Riyanto, Y., & Amalia, N. (2020). Strategi Analisis Tematik dalam Pengabdian Berbasis Nilai. Jurnal Abdimas Pendidikan, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.19105/jap.v5i1.9823
Suryani, R., Wulandari, D., & Maulida, I. (2023). Model Evaluasi Triangulatif dalam Program Literasi Nilai. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 60–68. https://doi.org/10.20885/jipkm.vol7.iss1.art7
Hafid, M. (2022). Media Visual dan Penguatan Nilai Islam melalui Mahfudzat. Jurnal Pendidikan Islam Dasar, 6(2), 112–122. https://doi.org/10.24042/jpid.v6i2.10433
Yusuf, A., & Hasyim, K. (2021). Revitalisasi Nilai Karakter di Sekolah Dasar melalui Mahfudzat. Al-Afkar: Jurnal Keislaman dan Peradaban, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.31227/jafkar.v4i1.9382
Hasanah, L. (2021). Mahfudzat sebagai Media Pendidikan Nilai dalam Pembentukan Moral Siswa. Tarbiyatuna, 14(1), 35–46. https://doi.org/10.21043/tarbiyatuna.v14i1.9183
Munifah, N., & Zamroni, M. (2023). Efektivitas Pengajaran Mahfudzat dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab di Sekolah. Jurnal Pengabdian Pendidikan Islam, 6(1), 57–65. https://doi.org/10.24042/jppi.v6i1.10231
Muslich, M. (2021). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Relevansi dan Aktualisasi Nilai Islam. Jurnal Pendidikan Islam Dasar, 5(2), 89–98. https://doi.org/10.24042/jpid.v5i2.8890
Riyanto, Y., & Amalia, N. (2020). Strategi Analisis Tematik dalam Pengabdian Berbasis Nilai. Jurnal Abdimas Pendidikan, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.19105/jap.v5i1.9823
Suryani, R., Wulandari, D., & Maulida, I. (2023). Model Evaluasi Triangulatif dalam Program Literasi Nilai. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 60–68. https://doi.org/10.20885/jipkm.vol7.iss1.art7
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khasib Amrullah, Deki Ridho Adi Anggara, Fakhru Ramdhan Alhatami, Habib Al Hasyir, Hadi Azhari Romadhon, Hammad Fida Rahman, Hasan Aulia Rahman, Husni Annurani Marekhan, Dzaky Pramudya Putra Galalo, Fairus Yudha Alfaridzi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










