SOSIALISASI PENGEMBANGAN PROGRAM LITERASI DAN MINAT BACA PADA MTsN 5 PIDIE

Authors

  • Efi Mulyati Universitas Almuslim
  • Ardiati Ardiati Universitas Almuslim
  • Muhammad Iqbal Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.47699

Keywords:

Literasi Sekolah, Minat Baca, Pembelajaran Berbasis Literasi

Abstract

Rendahnya tingkat literasi siswa di tingkat pendidikan menengah pertama di Kabupaten Pidie, termasuk di MTsN 5 Pidie, menjadi tantangan serius dalam membangun budaya belajar yang kritis dan berkelanjutan. Minimnya koleksi bacaan menarik di perpustakaan sekolah, kurangnya pembiasaan membaca mandiri, serta lemahnya peran keluarga dalam mendorong kebiasaan literasi menjadi penyebab utama. Untuk menjawab permasalahan ini, telah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa sosialisasi pengembangan literasi dan minat baca di MTsN 5 Pidie. Metode pelaksanaan meliputi pendidikan masyarakat melalui penyuluhan, difusi ipteks, pelatihan, serta pendampingan kepada siswa dan guru selama enam pertemuan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan minat baca siswa, partisipasi aktif dalam diskusi bacaan, serta kemampuan berpikir kritis dan komunikasi yang lebih baik. Dukungan pihak sekolah, keterlibatan guru, dan lingkungan belajar yang kondusif menjadi faktor penentu keberhasilan program ini. Temuan ini menunjukkan bahwa sosialisasi literasi yang terstruktur dan partisipatif dapat menjadi strategi efektif dalam membangun budaya literasi di sekolah menengah, khususnya di wilayah dengan akses sumber daya yang terbatas. Program ini diharapkan dapat direplikasi secara luas untuk memperkuat literasi fungsional di berbagai jenjang pendidikan.

References

Abidin, Y. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimodal terhadap Kemampuan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1920

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.

Ahmad, A., Panigoro, M., Maruwae, A., Hasiru, R., & Bahsoan, A. (2024). Pengaruh Program Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa. Damhil Education Journal, 4(1), 39. https://doi.org/10.37905/dej.v4i1.2476

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media Literasi Sekolah: Teori dan Praktik. CV. Pilar Nusantara.

Firdaus, J., Asmuni, A., & Kurniawan, A. (2021). Peran Budaya Literasi dalam Pembentukan Karakter dan Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Indramayu. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1298–1304. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1344

Hidayat, U. S. (2021). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045: Strategi Membangun Generasi Cerdas, Berkarakter dan Berdaya Saing di Abad 21. Nusa Putra Press.

Inderasari, O. P., Liastamin, A., Putri, E. M., Ismi, H., Hawariani, H., Saputra, H., Riskika, H., Nisa’uzzakiyyah, N., Marwa, N., Adiana, N. W., Susilawati, S., Suwanda, S., & Putra, Y. (2022). Pengembangan Karakter Anak Melalui Literasi Budaya Berbasis Cerita Rakyat NTB Bermitra dengan TBM Literasi Lumbung Lombok Sengkerang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1168. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7111

Kanusta, M. (2021). Gerakan Literasi dan Minat Baca. CV. Azka Pustaka.

Monika, D., Watini, S., Ardana, A., Cabe Raya, J., Cabe, P., & Selatan, T. (2024). Peran Program Kelas dalam Membina Literasi Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(2), 176–187. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jmia.v1i3.1462

Munthe, I. R., Fitriandika Sari, N., Helvi Rambe, B., Alfaini Ritonga, I., Br Aritonang, Y., & Fauziah, R. (2024). Peningkatan Literasi Membaca Melalui Kolaborasi Guru, Orang Tua, dan Siswa di SD TPI Janji Rantauprapat. 4(6). https://doi.org/10.59818/jpm.v4i6.848

Nurfadillah, D., Aufa, F. N., & Rachman, I. F. (2024). Membangun Kualitas Pendidikan Melalui Kemampuan Literasi dan Numerisasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 128–140. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.876

Sani, R. A. (2021). Pembelajaran berorientasi AKM: Asesmen Kompetensi Minimum. Bumi Aksara.

Widayanthi, D. G. C., Subhaktiyasa, P. G., Hariyono, H., Wulandari, C. I. A. S., & Andrini, V. S. (2024). Teori Belajar dan Pembelajaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Downloads

Published

2025-08-07

How to Cite

Mulyati, E., Ardiati, A., & Iqbal, M. (2025). SOSIALISASI PENGEMBANGAN PROGRAM LITERASI DAN MINAT BACA PADA MTsN 5 PIDIE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(4), 5108–5113. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.47699

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.