SOSIALISASI PENGEMBANGAN PROGRAM LITERASI DAN MINAT BACA PADA MTsN 5 PIDIE
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.47699Keywords:
Literasi Sekolah, Minat Baca, Pembelajaran Berbasis LiterasiAbstract
Rendahnya tingkat literasi siswa di tingkat pendidikan menengah pertama di Kabupaten Pidie, termasuk di MTsN 5 Pidie, menjadi tantangan serius dalam membangun budaya belajar yang kritis dan berkelanjutan. Minimnya koleksi bacaan menarik di perpustakaan sekolah, kurangnya pembiasaan membaca mandiri, serta lemahnya peran keluarga dalam mendorong kebiasaan literasi menjadi penyebab utama. Untuk menjawab permasalahan ini, telah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa sosialisasi pengembangan literasi dan minat baca di MTsN 5 Pidie. Metode pelaksanaan meliputi pendidikan masyarakat melalui penyuluhan, difusi ipteks, pelatihan, serta pendampingan kepada siswa dan guru selama enam pertemuan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan minat baca siswa, partisipasi aktif dalam diskusi bacaan, serta kemampuan berpikir kritis dan komunikasi yang lebih baik. Dukungan pihak sekolah, keterlibatan guru, dan lingkungan belajar yang kondusif menjadi faktor penentu keberhasilan program ini. Temuan ini menunjukkan bahwa sosialisasi literasi yang terstruktur dan partisipatif dapat menjadi strategi efektif dalam membangun budaya literasi di sekolah menengah, khususnya di wilayah dengan akses sumber daya yang terbatas. Program ini diharapkan dapat direplikasi secara luas untuk memperkuat literasi fungsional di berbagai jenjang pendidikan.References
Abidin, Y. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimodal terhadap Kemampuan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1920
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.
Ahmad, A., Panigoro, M., Maruwae, A., Hasiru, R., & Bahsoan, A. (2024). Pengaruh Program Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa. Damhil Education Journal, 4(1), 39. https://doi.org/10.37905/dej.v4i1.2476
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media Literasi Sekolah: Teori dan Praktik. CV. Pilar Nusantara.
Firdaus, J., Asmuni, A., & Kurniawan, A. (2021). Peran Budaya Literasi dalam Pembentukan Karakter dan Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Indramayu. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1298–1304. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1344
Hidayat, U. S. (2021). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045: Strategi Membangun Generasi Cerdas, Berkarakter dan Berdaya Saing di Abad 21. Nusa Putra Press.
Inderasari, O. P., Liastamin, A., Putri, E. M., Ismi, H., Hawariani, H., Saputra, H., Riskika, H., Nisa’uzzakiyyah, N., Marwa, N., Adiana, N. W., Susilawati, S., Suwanda, S., & Putra, Y. (2022). Pengembangan Karakter Anak Melalui Literasi Budaya Berbasis Cerita Rakyat NTB Bermitra dengan TBM Literasi Lumbung Lombok Sengkerang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1168. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7111
Kanusta, M. (2021). Gerakan Literasi dan Minat Baca. CV. Azka Pustaka.
Monika, D., Watini, S., Ardana, A., Cabe Raya, J., Cabe, P., & Selatan, T. (2024). Peran Program Kelas dalam Membina Literasi Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(2), 176–187. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jmia.v1i3.1462
Munthe, I. R., Fitriandika Sari, N., Helvi Rambe, B., Alfaini Ritonga, I., Br Aritonang, Y., & Fauziah, R. (2024). Peningkatan Literasi Membaca Melalui Kolaborasi Guru, Orang Tua, dan Siswa di SD TPI Janji Rantauprapat. 4(6). https://doi.org/10.59818/jpm.v4i6.848
Nurfadillah, D., Aufa, F. N., & Rachman, I. F. (2024). Membangun Kualitas Pendidikan Melalui Kemampuan Literasi dan Numerisasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 128–140. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.876
Sani, R. A. (2021). Pembelajaran berorientasi AKM: Asesmen Kompetensi Minimum. Bumi Aksara.
Widayanthi, D. G. C., Subhaktiyasa, P. G., Hariyono, H., Wulandari, C. I. A. S., & Andrini, V. S. (2024). Teori Belajar dan Pembelajaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Efi Mulyati, Ardiati Ardiati, Muhammad Iqbal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










