IMPLEMENTASI DIGITAL KATALOG DAN SIGNAGE BOX UNTUK PRODUK UMKM KWT DEWI SRI BOJONGSOANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47498Keywords:
Digital Katalog, Signage Box, UMKM, KWT Dewi Sri, Promosi Produk DigitalAbstract
Kelompok Wanita Tani (KWT) Dewi Sri 09 GBA 2 Bojongsoang, Kabupaten Bandung, merupakan komunitas perempuan pelaku UMKM yang aktif dalam memproduksi dan memasarkan hasil pertanian serta kerajinan lokal. Namun, keterbatasan dalam promosi dan penyebaran informasi produk menjadi tantangan utama dalam meningkatkan daya saing di pasar lokal maupun digital. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendukung transformasi digital promosi produk melalui implementasi Digital Katalog dan Signage Box sebagai media komunikasi visual yang mudah diakses dan dikelola secara mandiri. Metode yang digunakan meliputi identifikasi kebutuhan, perancangan konten digital, pengembangan sistem katalog berbasis daring, serta pelatihan teknis dan pendampingan langsung kepada anggota KWT. Kegiatan telah dilaksanakan pada 3 Juni 2025 di Telkom University dengan antusiasme tinggi dari peserta. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa anggota KWT mampu memahami cara kerja sistem katalog digital dan signage box, serta dapat mengelola konten promosi produk secara mandiri. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa teknologi tepat guna seperti digital katalog dan signage box efektif dalam meningkatkan visibilitas UMKM, memperkuat identitas digital komunitas, dan menjadi model pemberdayaan perempuan berbasis teknologi di wilayah perdesaan.References
Indrajaya, T., Primasyah, D., Yulianti, S., Rosmiati, E., & Sova, M. (2022). PERAN E - BISNIS DALAM PENGEMBANGAN UMKM. JURNAL ECONOMINA, 1(2), 239–247. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.73
Prameswari, N. S., Krisnawati, M., Widagdo, P. B., & Luthfia, K. H. (2023). DESAIN E-KATALOG UMKM FESYEN “WOMANPRENEUR COMMUNITY” SURAKARTA DALAM TRANSFORMASI EKONOMI DIGITAL. Fashion and Fashion Education Journal, 12(2), 39–53. https://doi.org/10.15294/ffej.v12i2.74315
Pujianto, P., Rahman, A., Lindawati, L., Kenamon, M., & Efrianti, R. (2022). PERANCANGAN PLATFORM INKUBATOR BISNIS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PELAKU UMKM UNTUK MENGGERAKAN PEREKONOMIAN INDONESIA. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 5(2), 127. https://doi.org/10.21927/ijubi.v5i2.2668
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Robbi Hendriyanto, Erna Hikmawati, Heru Nugroho, Rixard George Dillak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










