IMPLEMENTASI DIGITAL KATALOG DAN SIGNAGE BOX UNTUK PRODUK UMKM KWT DEWI SRI BOJONGSOANG

Authors

  • Robbi Hendriyanto Universitas Telkom
  • Erna Hikmawati Universitas Telkom
  • Heru Nugroho Universitas Telkom
  • Rixard George Dillak Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47498

Keywords:

Digital Katalog, Signage Box, UMKM, KWT Dewi Sri, Promosi Produk Digital

Abstract

Kelompok Wanita Tani (KWT) Dewi Sri 09 GBA 2 Bojongsoang, Kabupaten Bandung, merupakan komunitas perempuan pelaku UMKM yang aktif dalam memproduksi dan memasarkan hasil pertanian serta kerajinan lokal. Namun, keterbatasan dalam promosi dan penyebaran informasi produk menjadi tantangan utama dalam meningkatkan daya saing di pasar lokal maupun digital. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendukung transformasi digital promosi produk melalui implementasi Digital Katalog dan Signage Box sebagai media komunikasi visual yang mudah diakses dan dikelola secara mandiri. Metode yang digunakan meliputi identifikasi kebutuhan, perancangan konten digital, pengembangan sistem katalog berbasis daring, serta pelatihan teknis dan pendampingan langsung kepada anggota KWT. Kegiatan telah dilaksanakan pada 3 Juni 2025 di Telkom University dengan antusiasme tinggi dari peserta. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa anggota KWT mampu memahami cara kerja sistem katalog digital dan signage box, serta dapat mengelola konten promosi produk secara mandiri. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa teknologi tepat guna seperti digital katalog dan signage box efektif dalam meningkatkan visibilitas UMKM, memperkuat identitas digital komunitas, dan menjadi model pemberdayaan perempuan berbasis teknologi di wilayah perdesaan.

References

Indrajaya, T., Primasyah, D., Yulianti, S., Rosmiati, E., & Sova, M. (2022). PERAN E - BISNIS DALAM PENGEMBANGAN UMKM. JURNAL ECONOMINA, 1(2), 239–247. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.73

Prameswari, N. S., Krisnawati, M., Widagdo, P. B., & Luthfia, K. H. (2023). DESAIN E-KATALOG UMKM FESYEN “WOMANPRENEUR COMMUNITY” SURAKARTA DALAM TRANSFORMASI EKONOMI DIGITAL. Fashion and Fashion Education Journal, 12(2), 39–53. https://doi.org/10.15294/ffej.v12i2.74315

Pujianto, P., Rahman, A., Lindawati, L., Kenamon, M., & Efrianti, R. (2022). PERANCANGAN PLATFORM INKUBATOR BISNIS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PELAKU UMKM UNTUK MENGGERAKAN PEREKONOMIAN INDONESIA. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 5(2), 127. https://doi.org/10.21927/ijubi.v5i2.2668

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Hendriyanto, R., Hikmawati, E., Nugroho, H., & Dillak, R. G. (2025). IMPLEMENTASI DIGITAL KATALOG DAN SIGNAGE BOX UNTUK PRODUK UMKM KWT DEWI SRI BOJONGSOANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4655–4659. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47498

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.