PENGABDIAN MASYAKARAT EDUKASI GIZI SEIMBANG DAN PENTINGNYA SARAPAN SEHAT DI POSYANDU RW 15 KAHURIPAN KOTA TASIKMALAYA

Authors

  • Tatang Kusmana Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Gugun Gundara Universitas Muhammdiayah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47473

Keywords:

Gizi Seimbang, Sarapan Sehat, Remaja, Edukasi Gizi, Posyandu

Abstract

Latar Belakang: Posyandu RW 15 Kahuripan merupakan salah satu wilayah di Kota Tasikmalaya yang masih menghadapi tantangan rendahnya kesadaran anak dan remaja akan pentingnya gizi seimbang dan kebiasaan sarapan sehat. Kondisi ini berpotensi mempengaruhi status kesehatan dan prestasi belajar anak, yang diperburuk oleh kebiasaan melewatkan sarapan atau konsumsi makanan kurang bergizi. Kontribusi: Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran anak-anak usia 10–16 tahun dan kader posyandu remaja melalui edukasi langsung mengenai gizi seimbang serta praktik pembagian sarapan sehat sebagai model penerapan. Metode: Kegiatan dilakukan melalui penyuluhan gizi oleh dosen keperawatan secara tatap muka, evaluasi melalui pre-test dan post-test, serta praktik lapangan berupa pembagian menu sarapan sehat bergizi. Hasil: Terdapat peningkatan pengetahuan peserta dari 33% menjadi 86,25% setelah mengikuti edukasi dan praktik. Peserta juga menunjukkan antusiasme dalam berdiskusi dan menyusun menu sarapan sehat. Kesimpulan: Kegiatan ini menunjukkan bahwa edukasi langsung disertai praktik sederhana efektif meningkatkan pemahaman dan motivasi remaja dalam membentuk kebiasaan sarapan sehat. Kegiatan ini dapat direplikasi sebagai program promotif di tingkat posyandu remaja dan sekolah.

References

Choi, B.C.K., & Pak, A.W.P. (2018). “Multidisciplinary, Interdisciplinary, and Transdisciplinary in Health Research and Education.” Clinical and Investigative Medicine, 41(1), E19-E30.

Fidler Mis, N., Bračko, S., & Golob, J. (2020). “Community-Based Nutritional Education to Improve Breakfast Consumption among School Children: A Slovenian Case Study.” International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(12), 4429.

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Direktorat Gizi Masyarakat.

Rampersaud, G.C., et al. (2019). “Breakfast Habits, Nutritional Status, Body Weight, and Academic Performance in Children and Adolescents.” Journal of the American Dietetic Association, 119(1), 1–10.

Riskesdas. (2018). Laporan Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar. Badan Litbangkes Kemenkes RI.

Suharno, S., Lestari, P., & Gunawan, I.M. (2021). “Hubungan Sarapan dengan Status Gizi Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Gizi Indonesia, 9(1), 12–18.

Susilowati, N., Handayani, E., & Damayanti, R. (2022). “Pengetahuan Ibu tentang Gizi Seimbang dan Kaitannya dengan Pola Makan Anak.” Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 13(2), 77–85.

Szajewska, H., Ruszczyński, M., & Plocek, A. (2020). “Meta-analysis: The Effects of Breakfast on Body Weight in Children and Adolescents.” Public Health Nutrition, 23(6), 1035–1042.

UNICEF. (2021). The State of the World's Children: Nutrition, for Every Child. New York: UNICEF Publications.

World Health Organization. (2019). Healthy Diet Factsheet. Geneva: WHO Press.

Downloads

Published

2025-06-21

How to Cite

Kusmana, T., & Gundara, G. (2025). PENGABDIAN MASYAKARAT EDUKASI GIZI SEIMBANG DAN PENTINGNYA SARAPAN SEHAT DI POSYANDU RW 15 KAHURIPAN KOTA TASIKMALAYA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4637–4641. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47473

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.