BIMBINGAN TEKNIS SEBAGAI STRATEGI PERSIAPAN SERTIFIKASI BNSP: UPAYA PENGUATAN KOMPETENSI KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK BERSTANDAR NASIONAL DI PUSTAMA INDONESIA

Authors

  • Endi Rustendi Universitas Islam 45 Bekasi
  • Haris Karyadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Aldi Friyatna Dira Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Dede Siti Syamsiah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Sunarni Sunarni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Asral Asral Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47472

Keywords:

Bimbingan Teknis, Kompetensi, BNSP, Blended Learning, Sertifikasi, SDM

Abstract

Perubahan lanskap ketenagakerjaan akibat Revolusi Industri 4.0 menuntut tenaga kerja Indonesia untuk memiliki kompetensi yang tidak hanya berbasis ijazah, tetapi juga diakui secara profesional melalui sertifikasi. Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menjadi lembaga otoritatif dalam penyelenggaraan uji kompetensi nasional. Sebagai respons terhadap kebutuhan tersebut, PUSTAMA INDONESIA menyelenggarakan program Bimbingan Teknis (Bimtek) sebagai strategi persiapan sertifikasi dengan pendekatan pelatihan berbasis kompetensi. Kegiatan ini mengintegrasikan metode blended learning—kombinasi antara pembelajaran daring dan tatap muka—serta pendekatan experiential learning dan penyusunan portofolio berbasis unit kompetensi sesuai standar SKKNI. Peserta berasal dari berbagai latar belakang, seperti pelajar, pencari kerja, profesional, pelaku UMKM, hingga masyarakat umum, sehingga pendekatan modular dan andragogis diterapkan. Evaluasi menggunakan pre-test, post-test, observasi, dan penilaian portofolio menunjukkan peningkatan kompetensi secara signifikan di ranah kognitif (31%), afektif (30%), dan psikomotorik (28%). Temuan ini menegaskan bahwa strategi pelatihan yang dirancang secara holistik dan adaptif efektif dalam meningkatkan kesiapan peserta menghadapi uji sertifikasi. Program ini tidak hanya menjembatani kesenjangan antara pendidikan dan kebutuhan dunia kerja, tetapi juga memberikan kontribusi konkret dalam penguatan kompetensi nasional. Dengan demikian, model bimtek ini layak dijadikan praktik baik dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia yang kompeten, profesional, dan siap bersaing secara global.

References

Arjang, A., Ausat, A. M. A., & Prasetya, Y. B. (2025). Optimalisasi sistem informasi dalam meningkatkan daya saing UMKM: Analisis sinergi inovasi digital dan fenomena FOMO dalam dinamika pasar. Jurnal Minfo Polgan, Vol. 14 No. 1, 68–76.

BNSP RI. (n.d.). https://bnsp.go.id

Busnawir, B., Judijanto, L., Abdullah, G., Abdurahman, A., Lumbu, A., Zamsir, Z., Tumober, R. T., Septikasari, D., Sogalrey, F. A. M., & Mahliatussikah, H. (2025). Evaluasi Pembelajaran:: Prinsip, Teknik, & Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Dewi, A. K., Manurung, H., Agus Yulistiyono, S. E., Ariningsih, K. A., Wulandari, R. W., Rif’an, A., Pd, M., & Harahap, E. (2021). Strategi dan pendekatan pembelajaran di era milenial. Edu Publisher.

Ejournal Universitas Pendidikan Ganesha. (n.d.). https://ejournal.undiksha.ac.id/

Husain, B., & Basri, M. (2021). Pembelajaran e-learning di masa pandemi. Surabaya: Pustaka Aksara.

Kasjib, Z. A., & Indayani, F. (2025). Pendidikan STEM dan Ekonomi Digital: Membangun Tenaga Kerja yang Terampil untuk Masa Depan. Jurnal Kolaboratif Sains, Vol. 8 No. 2, 1391–1398.

Kemnaker. (n.d.). SKKNI Kemnaker RI. https://skkni.kemnaker.go.id/

Kurniati, K. (2021). Prosiding Internasional-The Learning Effectiveness of Women’s Fashion Making Practice with The Up.

Mustari, M. (2023). Teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen pendidikan. Gunung Djati Publishing Bandung.

Nahriah, N. (2023). FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN PROGRAM PELATIHAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI PENGHULU DAN PENYULUH MELALUI MASSIVE OPEN ONLINE COURSE ( MOOC ) PINTAR. Vol. 11 No. 2, 157–166.

Prayogatama, B. (2021). Survei Kemampuan Teknik Dasar Passing Bawah Ekstrakurikuler Bolavoli. Sport Science and Health, Vol. 3 No. 1, 34–39.

Standsyah, R. E., & Hatip, A. (2017). Laporan Penelitian DIPA 2017" METODE LOGIKA FUZZY UNTUK ANALISIS KINERJA ASESOR TERHADAP HASIL ASESMEN PELAKSANAAN PROGRAM SERTIFIKASI KOMPETENSI KERJA BNSP (Studi Kasus Pada Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Dr Soetomo)".

Stefanus, T. W. A., Sarifah, I., & Triana, D. D. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Vokasi di BBPVP Bekasi Antara Kompetensi dan Keterserapan Industri. Jurnal Pembelajaran Inovatif, Vol. 6 No. 2, 74–80.

Suryanto, A. (2023). TRANSFORMASI ADMINISTRASI PUBLIK MENJAWAB TANTANGAN ERA DISRUPSI: Gagasan Pembaharuan dan Praktik Kepemimpinan Prof. Dr. Adi Suryanto, S. Sos., M. Si., CHRM. Lembaga Administrasi Negara.

Widajati, W., Mahmudah, S., Rahmadiani, D., Nur, K., Made, N., Minarsih, M., Anggraeny, D., & Dwirisnanda, D. A. (2023). Blended Learning to Improve Vocational Life Skills in Making Batik for Disabilities. Vol. 6 No. 3, 465–472.

Downloads

Published

2025-06-21

How to Cite

Rustendi, E., Karyadi, H., Dira, A. F., Syamsiah, D. S., Sunarni, S., & Asral, A. (2025). BIMBINGAN TEKNIS SEBAGAI STRATEGI PERSIAPAN SERTIFIKASI BNSP: UPAYA PENGUATAN KOMPETENSI KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK BERSTANDAR NASIONAL DI PUSTAMA INDONESIA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4584–4595. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47472

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.