PENDAMPINGAN PEMASARAN KREATIF DALAM MEMPERKENALKAN KUE LAMPAM SEBAGAI MAKANAN TRADISIONAL TANAH MELAYU

Authors

  • Afriyadi Afriyadi STIE Pembangunan
  • Ayu Wardani STIE Pembangunan
  • Diani Sri Rahayu STIE Pembangunan
  • Saskya Anjanny STIE Pembangunan
  • Renbulan Renbulan STIE Pembangunan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47468

Keywords:

Kue Lampam, pemasaran kreatif, Branding, UMKM, inovasi produk, pasar Modern.

Abstract

Kue Lampam, kuliner tradisional khas Tanah Melayu, menghadapi tantangan untuk tetap relevan di pasar Modern yang kompetitif. Penelitian ini bertujuan merumuskan strategi pemasaran kreatif agar kue Lampam diterima sebagai produk unggulan di pasar. Metode yang digunakan mencakup wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi di Kampung Kemalai, Desa Penaga, Bintan. Hasil riset menunjukkan pentingnya inovasi pada kemasan dan Branding untuk menarik konsumen. Respon positif terhadap kemasan baru yang Modern dan praktis, serta pelatihan pemasaran digital, berhasil meningkatkan visibilitas dan penjualan. Uji coba di bazar lokal menunjukkan apresiasi konsumen terhadap rasa autentik, meski beberapa saran diberikan untuk tekstur dan kemanisan. Peluncuran produk dengan desain kemasan baru meningkatkan penjualan online dan offline, membuktikan bahwa kombinasi inovasi kemasan dan strategi pemasaran efektif mampu menarik konsumen. Studi ini menyoroti pentingnya pengembangan berkelanjutan dalam inovasi produk tradisional untuk menjaga daya saing. Evaluasi dan penyesuaian strategi pemasaran diperlukan agar produk tetap memenuhi preferensi konsumen dan bertahan di pasar yang dinamis.

References

Cahyono, Yoyok, Yohana, Agung, Dhasvin, Fadel, Sandy, Ogie, and Zulfadly. 2024. “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PEMASARAN KREATIF DI DESA RANCAGONG KECAMATAN LEGOK KABUPATEN TANGERANG – BANTEN.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(3):217–25. doi: https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.1173.

Chandra, Pivit Septiary, Sonia Sischa Eka Putri, Abdiana Ilosa, and Ilham Chanra Putra. 2024. “Pendampingan Optimalisasi Branding Pada Produk Kue Bangkit Sebagai Makanan Tradisional.” Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Pengembangan Masyarakat Islam 18(1):51–61. doi: http://dx.doi.org/10.24014/menara.v18i1.25127.

Farisi, Salman Al, Muhammad Iqbal Fasa, and Suharto. 2022. “Peran Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.” Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah 9(1):73–84. doi: 10.53429/jdes.v9ino.1.307.

Hafezd, Mochamad As’ad, and Joni Murti Mulyo Aji. 2020. “Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Kedai Kopi Modern Di Bondowoso.” Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian 13(2):182–99. doi: 10.19184/jsep.v13i2.16441.

Muheramtohadi, Singgih. 2017. “Peran Lembaga Keuangan Syariah Dalam Pemberdayaan UMKM Di Indonesia.” MUQTASID Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 8(1):95. doi: 10.18326/muqtasid.v8i1.95-113.

Pramudiana, Ika Devy. 2017. “Perubahan Perilaku Konsumtif Masyarakat Dari Pasar Tradisional Ke Pasar Modern.” Asketik 1(1):35–43. doi: 10.30762/ask.v1i1.409.

Rahardjo, Christopher Richie. 2016. “Faktor Yang Menjadi Preferensi Konsumen Dalam Membeli Produk Frozen Food.” Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis 1(1):32–43.

Siagian, Ade Onny, and Yoyok Cahyono. 2021. “Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 3(1):206–17. doi: https://doi.org/10.47233/jiteksis.v3i1.212.

Sope, Akbar Saleh. 2023. “Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan.” JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi 1(2):87–100.

Wibowo, Frendy, Aulia Uswatun Khasanah, and Febrianur Ibnu Fitroh Sukono Putra. 2022. “Analisis Dampak Kehadiran Pasar Modern Terhadap Kinerja Pemasaran Pasar Tradisional Berbasis Perspektif Pedagang Dan Konsumen Di Kabupaten Wonogiri.” Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis 7(1):53–65. doi: 10.23917/benefit.v7i1.16057.

Windusancono, Bambang Agus. 2021. “Upaya Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia.” MIMBAR ADMINISTRASI FISIP UNTAG Semarang 18(2):32. doi: 10.56444/mia.v18i2.2528.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Afriyadi, A., Wardani, A., Rahayu, D. S., Anjanny, S., & Renbulan, R. (2025). PENDAMPINGAN PEMASARAN KREATIF DALAM MEMPERKENALKAN KUE LAMPAM SEBAGAI MAKANAN TRADISIONAL TANAH MELAYU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4673–4678. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47468

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.