PENGENALAN IBADAH HAJI DAN UMROH DALAM MENANAMKAN CINTA IBADAH SEJAK DINI TPQ AL-MUTTAQIN

Authors

  • Makmur Siri Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Wiwit Widia Ningsih Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Syifa Nadia Pratiwi Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Dona Mareza Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Yudha Putra Winanta Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Adam Jordan Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47371

Keywords:

Haji, Umroh, Anak-anak TPQ, Edukasi Dini, Manasik Cilik

Abstract

Ibadah haji dan umroh merupakan rukun Islam yang perlu dikenalkan sejak dini kepada generasi Muslim. Anak-anak Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Al-Muttaqin adalah kelompok usia yang strategis untuk menanamkan pemahaman dasar tentang nilai dan tata cara ibadah ini. Program ini bertujuan untuk memperkenalkan ibadah haji dan umroh kepada anak-anak TPQ Al-Muttaqin melalui pendekatan yang menyenangkan dan mudah dipahami. Fokus yang akan diberikan yaitu pengenalan konsep dasar, rukun, serta nilai-nilai spiritual yang terkandung dalam ibadah haji dan umroh, disesuaikan dengan tingkat usia anak. Metode pelaksanaan pengabdian ini menggunakan Participation Action Research (PAR), yang melibatkan kegiatan simulasi manasik sederhana menggunakan alat peraga, video animasi, dan sesi tanya jawab yang ramah anak. Hasil pengabdian terdapat peningkatan pengetahuan dan minat anak-anak TPQ Al-Muttaqin terhadap ibadah haji dan umroh. Anak-anak diharapkan mampu memahami konsep dasar dan rukun ibadah ini, serta memiliki motivasi untuk melaksanakannya di masa depan.

References

Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 53(9), 1689–1699.

Ahmad, A. K. (2022). Pendidikan Life Skill di Madrasah Aliyah: Studi Kasus MA Keterampilan Al Irsyad Gajah, Demak. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 20(2), 150–167.

Arintistia, N., & Acmad Kholik, J. (2022). Inovasi Pembelajaran Menulis Huruf Hijaiyah Di TPQ As-Syifa Bangsal. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 75–82. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.63

Bari, A., & Azis, A. (2021). Bimbingan Rohani dan Mental dalam Memotivasi Ketaatan Beribadah bagi Anggota Polri Kab. Pamekasan. DA’WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam, 1(1).

Hakim, L., Khusniyah, N. L., & Mustafa, P. S. (2023). Sosialisasi Pendidikan Inklusif dan Disabilitas di Desa Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 44–49.

Hartati, Y. S., Dewi, P. A., & Ifadah, L. (2021). Penanaman Karakter Asma’ul Husna pada Anak Usia Dini di PAUD ELPIST Temanggung. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 220–234.

Hayati, M. (2021). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Berbasis Nilai-Nilai Keislaman untuk TK/RA. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 457–472.

Humaini, A. (2021). Upaya Membudayakan Kegiatan Membaca Melalui Pelatihan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Modul Pembelajaran Al-Qur’an. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 947–952. https://doi.org/10.18196/ppm.35.80

Kamil, I. (2018). Komunikasi Kolaboratif dalam Pelestarian Kawasan Konservasi Hutan Kawah Kamojang Bandung. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi, 02(01), 651–656.

Khasanah, N. L., Arisca, L., Hidayat, H., & Masjid, M. (2023). Manajemen Masjid Dalam Optimalisasi Peran Dan Fungsi Masjid Agung Al-Ikhlas Desa Beliti Jaya Sekolah Tinggi Agama Islam Bumi Silampari Lubuklinggau , Indonesia Tempat ibadah umat Islam lebih disebut masjid daripa. Jurnal Uluan ( Pengabdian Kepada Masyarakat ), 1(1), 21–34.

Kulsum, U., & Muhid, A. (2022). Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Digital. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2), 157–170.

Rafiudin, A., & Aini, S. Q. (2022). Strategi Manajemen Sosialisasi Penyelenggaraan Haji. Yonetim: Jurnal Manajemen Dakwah, 5(1), 71–78. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/yonetim.v5i1.13077

Rizal Boy Oktavian, & Majid, N. (2022). Implementasi Digital Content Marketing dalam Membangun Brand Awareness Gardiano pada UD Al Athyyah. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 166–174. https://doi.org/10.56248/zadama.v1i2.37

Shafwan, M. H. (2022). Konsep Wasathiyah Dalam Beragama Perspektif Hadis Nabawi. Studia Religia : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(1), 166–174. https://doi.org/10.30651/sr.v6i1.13187

Sholichah, A. S., Solihin, S., Rahman, B., Awi, W., & Muqit, A. (2022). Penguatan Profesionalisme Guru dalam Mengembangkan Literasi Digital Kegamaan (Studi di SMP Islamic School al-Bayan Jakarta). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 433–454.

Supriyanto, D. (2015). Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak dan Pendidikan Keagamaan Orangtua. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(2), 66–75.

Syaribanun, C. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode PAR (Participatory Action Research) di RA Qurratun A’Yun Durung Kecamatan Mesjid Raya Aceh Besar. Tarbiyatul - Aulad Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 5(1).

Taubah, M. (2016). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif islam. Journal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 109–136. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.109-136

Winata, E. (2022). Manajemen Masjid dan Program Kerja dalam Peningkatan Kualitas Pengurus Masjid Amal Bhakti Medan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi, 1(February), 20–27.

Wirman, A., Yulsyofriend, Y., Yaswinda, Y., & Tanjung, A. (2018). Penggunaan Media Moving Flahscard Untuk Stimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 54–62. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.290

Downloads

Published

2025-06-20

How to Cite

Siri, M., Ningsih, W. W., Pratiwi, S. N., Mareza, D., Winanta, Y. P., & Jordan, A. (2025). PENGENALAN IBADAH HAJI DAN UMROH DALAM MENANAMKAN CINTA IBADAH SEJAK DINI TPQ AL-MUTTAQIN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4574–4579. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47371