PEMANFAATAN APLIKASI CANVA UNTUK MENUNJANG PROMOSI BRAND BATIK DESA PANCA MUKTI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46867Keywords:
aplikasi canva, batik desa panca mukti, branding, brand communicationAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan promosi dan pencitraan merek (branding) pariwisata Desa Panca Mukti melalui pemanfaatan aplikasi desain grafis Canva. Desa yang terletak di Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah ini memiliki potensi unggulan di bidang pertanian, perikanan, peternakan, agrowisata, dan khususnya batik tenun khas daerah yang belum banyak dikenal publik. Sayangnya keterbatasan anggaran, minimnya dukungan pemerintah daerah, dan kurangnya sumber daya manusia yang memiliki kemampuan desain menjadi kendala utama dalam pengembangan branding destinasi. Melalui kegiatan ini, masyarakat diberikan pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan materi promosi digital yang menarik, seperti poster, katalog produk, dan konten media sosial dengan menggunakan Canva secara praktis dan kreatif. Kegiatan ini melibatkan remaja desa Panca Mukti yang berjumlah 30 orang. Pendekatan partisipatif yang digunakan tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, tetapi juga untuk memastikan keberlanjutan praktik branding yang telah diperkenalkan. Diharapkan hasil kegiatan ini dapat meningkatkan interaksi digital, memperluas jangkauan promosi, dan memperkuat posisi Desa Panca Mukti sebagai destinasi wisata unggulan yang menampilkan perpaduan antara kekayaan alam, budaya lokal, dan produk kreatif khas desa.References
Aaker, David A. (2015). 20 Prinsip Esensial Mengelola dan Mengembangkan Brand. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Balmer, J. M. T., & Greyser, S. A. (2006). Corporate marketing: Integrating corporate identity, corporate branding, corporate communications, corporate image and corporate reputation. European Journal of Marketing, 40(7/8), 730-741
Fitria, T. N. (2022). Using Canva as Media for English Language Teaching (ELT) in Developing Creativity for Informatics Students. Journal ELT Echo, 7(1), 58-68
Keller, K. L., & Kotler, P. (2005). Marketing Management. Upper Saddle River: Pearson Prentice Hall
Kramer, Lindsay. (2021). The 8 Elements of Branding. Tautan: https://www.vistaprint.com/ hub/elements-of-Branding / (Diakses 1 Februari 2024)
Kusumawati, A. (2017). Komunikasi merek: Strategi membangun merek melalui komunikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Makanyeza, C. (2014). Consumer behavior. In Understanding consumer behaviour in the urban apparel industry. Berlin: Springer
Mardiana, D. (2013). Peran Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(2), 139-153
Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan Media PembelajaranCanva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2021, 1085–1092
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), 79-96
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha,12(2), 317–327
Sutisna, O. (2018). Manajemen komunikasi merek: Konsep, strategi, dan aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Swasty, W. (2016). Branding: Memahami dan Merancang Strategi Merek. Jakarta: Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lisa Adhrianti, Rafinita Aditia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










