PELATIHAN DIGITAL MARKETING DENGAN PEMANFAATAN APLIKASI BAGI PELAKU UMKM KABUPATEN PANGANDARAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Tin Rustini Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muh. Husen Arifin Universitas Pendidikan Indonesia https://orcid.org/0000-0002-0581-6135
  • Tuti Istianti
  • Yona Wahyuningsih Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4670

Keywords:

Digital marketing, Pelaku UMKM

Abstract

Prospek UMKM di Kabupaten Pangandaran sangat potensial. Digitalisasi UMKM menjadi salah satu langkah aktual dalam memberdayakan seluruh pelaku UMKM. Sulitnya mempromosikan produk dengan baik dan tepat menjadi kendala dan belum mampu menarik minat pembeli pada produk-produk UMKM di Kabupaten Pangandaran. Karenanya, pelaku UMKM perlu mendapatkan dorongan berbasis pelatihan yang dapat meningkatkan motivasi dan upayanya menghasilkan produk-produk berkualitas. Metode dalam pengabdian ini dilakukan dengan proses pelaksanaan berbasis tindakan dengan sosialisasi, pelatihan, praktikum, monitoring, dan evaluasi. Berdasarkan pengabdian ini, hasil yang didapatkan adalah pelaku UMKM di Kabupaten Pangandaran dapat memanfaatkan digitalisasi produknya melalui aplikasi Canva. Praktik melalui media Instagram dan marketplace bagi pelaku UMKM. Kelemahan dari digitalisasi produk UMKM ini terbatasnya budget untuk kuota internet dalam mempromosikan produk-produknya. Berdasarkan praktiknya, pelaku UMKM secara signfikan mendapatkan manfaat dan dapat dilaksanakan secara mandiri untuk menjual produk-produk secara digital.

Author Biography

Muh. Husen Arifin, Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia

References

Amiruddin, F. (2021). Terdampak Pandemi COVID-19, UKM Pangandaran Perlu Dukungan. Detik.Com. https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5361302/terdampak-pandemi-covid-19-ukm-pangandaran-perlu-dukungan

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Atrabis: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 233–247.

Arifin, M. H. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi Dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Man 2 Kabupaten Probolinggo. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(1), 1–3. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.545

Charlesworth, A. (2018). Digital Marketing: A Practical Approach.

Elia, G., Margherita, A., & Passiante, G. (2020). Digital entrepreneurship ecosystem: How digital technologies and collective intelligence are reshaping the entrepreneurial process. Technological Forecasting and Social Change, 150(September 2019), 119791. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2019.119791

Enceng. (2020). Maksimalkan Pemasaran Produk, Pemkab Pangandaran Akan Bangun Gallery UMKM. Harapan Rakyat.Com. https://www.harapanrakyat.com/2020/07/maksimalkan-pemasaran-produk-pemkab-pangandaran-akan-bangun-gallery-umkm/

Handini, V. A., & Choiriyati, W. (2021). Digitalisasi UMKM Sebagai Hasil Inovasi dalam Komunikasi Pemasaran Sahabat UMKM Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Komunikasi.

Hull, C. E., Hung, Y. T. C., Hair, N., Perotti, V., & Demartino, R. (2007). Taking advantage of digital opportunities: A typology of digital entrepreneurship. International Journal of Networking and Virtual Organisations, 4(3), 290–303. https://doi.org/10.1504/IJNVO.2007.015166

Kaniawati, K., Indrawan, R., & Sukma, A. (2018). Penerapan Digital Marketing dan Personal Finance Sebagai Pengembangan Usaha Jus Honje di Desa / Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran. Charity Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(04).

Kusnadi, A. (2019). Terkenal Dimana-mana, Produk UMKM Pangandaran Asing di Wilayah Sendiri. Pikiran Rakyat. https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01321370/terkenal-dimana-mana-produk-umkm-pangandaran-asing-di-wilayah-sendiri

Nainggolan, E. U. (2020). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. Https://Www.Djkn.Kemenkeu.Go.Id/. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit

Pasaribu, R. (2020). Optimalisasi Media Online Sebagai Solusi Promosi Pemasaran Umkm Di Semarang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Dan Media, 1(1), 33. https://doi.org/10.24167/jkm.v1i1.2848

Ratnawati, E., & Nasehudin. (2019). Peran Pemerintah Kabupaten Pangandaran dalam Memberdayakan Ekonomi Kreatif Masyarakat. Jurnal Edueksos, VIIII(1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Richter, C., Kraus, S., Brem, A., Durst, S., & Giselbrecht, C. (2017). Digital entrepreneurship: Innovative business models for the sharing economy. Creativity and Innovation Management, 26(3), 300–310. https://doi.org/10.1111/caim.12227

Smith, C., Smith, J. B., & Shaw, E. (2017). Embracing digital networks: Entrepreneurs’ social capital online. Journal of Business Venturing, 32(1), 18–34. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2016.10.003

Sunarti, N. (2018). Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Oleh Dinas Pariwisata Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM di Desa Parigi Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Rustini, T. ., Arifin, M. H., Istianti, T. ., & Wahyuningsih, Y. (2022). PELATIHAN DIGITAL MARKETING DENGAN PEMANFAATAN APLIKASI BAGI PELAKU UMKM KABUPATEN PANGANDARAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 987–993. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4670

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.