CREATIVE TRAINING ON THE USE OF CANVA AND ANIMAKER IN THE DEVELOPMENT OF ENGLISH ONLINE LEARNING MEDIA IN JUNIOR HIGH SCHOOL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46589Keywords:
Pembelajaran Daring, Media Interaktif, Canva, Bahasa InggrisAbstract
Pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat SMP memegang peranan strategis dalam membentuk kompetensi komunikasi global dan penguatan karakter siswa. Namun, tantangan pembelajaran daring pasca-pandemi, seperti rendahnya motivasi dan interaksi siswa, memerlukan inovasi media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru Bahasa Inggris SMP dalam mengembangkan media pembelajaran digital berbasis video interaktif menggunakan Canva dan Animaker. Pelatihan dilaksanakan secara daring melalui Zoom dan diikuti oleh 35 guru dari berbagai daerah di Indonesia. Metode kegiatan meliputi pelatihan, praktik langsung, diskusi, dan pendampingan melalui grup WhatsApp. Hasil observasi, wawancara, dan angket menunjukkan bahwa 91% peserta merasa puas terhadap pelatihan, dan 88% merasa mampu mengaplikasikan materi. Guru melaporkan peningkatan partisipasi siswa, serta munculnya respons berpikir kritis saat menggunakan video interaktif dalam pembelajaran. Sebanyak 72% siswa menunjukkan peningkatan partisipasi aktif, dan 68% mampu memberikan jawaban reflektif. Temuan ini menunjukkan bahwa pelatihan berbasis media digital interaktif efektif dalam meningkatkan keterampilan pedagogis guru sekaligus mendorong pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Kegiatan ini memberikan kontribusi konkret terhadap transformasi pembelajaran Bahasa Inggris yang adaptif dan menyenangkan di era digital.References
Ali, A., Fenica, S. D., Aini, W., & Hidayat, A. F. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JISED, 3(1).
Asnas, S. A. M., & Hidayanti, I. (2024). Uncovering EFL students’ frequent difficulties in academic writing and the coping strategies: The case of a college in Indonesia. Journal on English as a Foreign Language, 14(1), 124–151. https://doi.org/10.23971/jefl.v14i1.7472
Damayanti, I. L., Febrianti, Y., Nurlaelawati, I., Suharto, P. P., Fellani, A. J., & Rahmadhani, R. (2022). Buku Panduan Guru English for Nusantara untuk SMP/MTs Kelas VIII. https://buku.kemdikbud.go.id
Febriyanti, E., & Haryanto, H. (2024). The Effectiveness Of Canva Application In Fun English Learning To Improve The Students’ English Vocabulary (An Experimental Study For Grade XI Of SMK Balekambang Jepara). Journal on Education, 6(4), 19501–19513. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5870
Hidayati, A., Zuhdi, S., Resti, M., Azaria, T. T., & Andary, L. (2024). Use of Canva in Primary School Education: A Qualitative Study of The Use, Advantages and Disadvantages of Canva. ICEETE Conference Series, 2(1), 322–326. https://doi.org/10.36728/iceete.v2i1.207
Hoerudin, C. W., & Mustamfida, K. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Digital Multimedia Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Insan Kamil: Jurnal Pendidikan …, 1–15. https://etheses.uinsgd.ac.id/68582/%0Ahttps://etheses.uinsgd.ac.id/68582/1/19_ - Cecep Wahyu Hoerudin - Ind - artikel.pdf
Lathifah, R., & Muhammad, R. N. (2022). Students’ Perception on Vocabulary Development Using Video Animation Animaker during Online Learning Covid-19 Pandemic. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 6(1), 41. https://doi.org/10.30587/jetlal.v6i1.3829
Mwangi, J. (2024). Impact of Digital Learning Tools on Student Performance in Kenya. African Journal of Education and Practice, 9(2), 13–22. https://doi.org/10.47604/ajep.2521
Rusnia, I., & Suriani, A. (2025). Dampak Penggunaan Media Pengajaran Interaktif dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3(4). https://doi.org/https://doi.org/10.61132/nakula.v3i4.1949
Sholihah, K., Anbiya, B. F., & Qonita, D. U. (2023). Online Learning: Tantangan dan Peluang Pasca Pandemi Covid-19. Research in Education and Technology (REGY), 1(2), 111–117. https://doi.org/10.62590/regy.v1i2.84
Sholihah, N. W., & Rohmah, Z. (2023). The Use of Canva as a Learning Media in English Class: a Survey in SMPN 01 BATU. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203825/
Simangunsong, W. N. A. (2024). Pemanfaatan E-Learning Untuk Fleksibilitas Pembelajaran Dan Mudah Mendapatkan Kebutuhan Informasi Dimana Saja. Jurnal Penelitian Multidisiplin Bangsa, 1(6), 492–499. https://doi.org/10.59837/jpnmb.v1i6.91
Siswandi. (2018). Proses Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri Pekanbaru Provinsi Riau. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains Dan Humaniora, 4(1), 395–412.
Sugiarni, Widiastuti, D. E., & Tahrun. (2024). The implementation of Canva as a digital learning tool in English learning at vocational school. English Learning Innovation (Englie), 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22219/englie. v5i2.34839
Wati, S. R., Prayudha, & Suparni. (2023). Peningkatan Penguasaan Bahasa Inggris di SMP N 3 Sewon. Semnas PLP.
Wigati, E. N., Lidyasari, A. T., & Adi, B. S. (2025). Leveraging Digital Learning Tools to Boost Student Motivation: A Study Using Univariate and Bivariate Analysis on Enhancing Engagement in Elementary Science and Social Studies. Mimbar Sekolah Dasar, 12(1), 49–62. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v12i1.81864
Wijayanti, E. (2022). Teaching English by Using Canva: Students’ and Lecturers’ Voice. ENGLISH FRANCA : Academic Journal of English Language and Education, 6(2), 411. https://doi.org/10.29240/ef.v6i2.5709
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuanita Susanti, Fitri Hidayati, Muhammad Ghazali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










