EDUKASI DARING: PENINGKATAN KESEHATAN FISIK MAHASISWA MELALUI PROGRAM AKTIVITAS FISIK UNTUK MENINGKATKAN VO2MAKS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46169Keywords:
VO2maks, Kebugaran Jasmani, Aktivitas Fisik, Mahasiswa, Edukasi DaringAbstract
Olahraga memiliki peran penting dalam menjaga dan meningkatkan kebugaran jasmani, terutama bagi mahasiswa yang berada pada usia produktif dengan tingkat aktivitas akademik tinggi. Salah satu indikator kebugaran jasmani yang penting adalah VO₂maks, yaitu kapasitas tubuh dalam mengonsumsi oksigen maksimal saat aktivitas fisik intensif. Namun, rendahnya tingkat aktivitas fisik akibat gaya hidup sedentari menyebabkan banyak mahasiswa memiliki nilai VO₂maks yang rendah, yang berdampak pada kesehatan fisik dan produktivitas akademik. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap pentingnya aktivitas fisik dalam meningkatkan VO₂maks melalui webinar edukatif. Kegiatan ini diikuti oleh 50 mahasiswa dan dilakukan secara daring menggunakan Zoom. Hasil pretest menunjukkan bahwa hanya 30% peserta memiliki pengetahuan yang benar mengenai VO₂maks, namun setelah sesi edukasi, hasil posttest meningkat menjadi 95%. Temuan ini menunjukkan bahwa edukasi melalui webinar efektif dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman mahasiswa mengenai pentingnya aktivitas fisik dalam menjaga kebugaran jasmani.References
Aliman, R., Atiq, A., Haetami, M., Yunitaningrum, W., & Azazi. (2023). Tingkat Vo2 Max (Volume Oksigen Maximal) Atlet Sepak Takraw Randa. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(1), 694–702.
Dhani, D. P. (2023). Latihan Plyometric Terhadap Peningkatan Kapasitas VO2Max pada Pemian Futsal. Journal Active of Sport, 3(1), 46–51.
Elmukhsinur, & Yulianto. (2020). Senam Aerobik untuk Meningkatkan VO2 Max Mahasiswa Tingkat II Poltekkes Kemenkes Riau Prodi DIII Keperawatan di Luar Kampus Utama. Jurnal Penelitian Kesehatan “SUARA FORIKES” (Journal of Health Research “Forikes Voice”), 11(Khusus), 37–40. https://doi.org/10.33846/sf11nk107
Gantarialdha, N. (2021). Hubungan Indeks Massa Tubuh Terhadap Ketahanan Kardiorespirasi Dinyatakan Dalam Vo2Max. Jurnal Medika Hutama, 2(4), 1162–1168. http://jurnalmedikahutama.com
Heatami, M. (2024). Pengaruh Senam Aerobik Mix Impact Terhadap VO2Max Pada Unit Pembinaan Prestasi Senam Aerobik di Prodi Pendidikan Jasmani. 4(3).
Herawati, J. N., Nazhira, F., Agustiyawan, & Sirada, A. (2023). Gambaran Tingkat Volume Oxygen Maximal (Vo2Max) Dan Aktivitas Fisik Pada Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fikes Upnvj. Jurnal Ilmiah Fisioterapi Muhammadiyah, 2(2).
Kurniawan, R., & Ala, F. (2021). Kemampuan Vo2Max Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education, 2(1), 15–20. https://doi.org/10.38114/josepha.v2i1.109
Luqman, H. G., & Dita, Y. (2022). HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN VO 2 MAX PADA TIM FUTSAL PUTRA SELAMA PANDEMI COVID 19 Luqman Hariri Giri Prabowo Dita Yuliastrid. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10, 25–30.
Nabillah, L., Ahmad Dwi Marwiyanto, & Fatia Maulida Meiliana. (2024). The Relationship Of Body Mass Index (BMI) With Vo2max In Students At Stikes Rs Dustira. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 6(2), 330–336. https://doi.org/10.35451/jkf.v6i2.2116
Pradana, P. D., & Purbodjati. (2022). Korelasi Aktivitas Fisik Terhadap Vo2 Max Anggota Pramuka Unesa Dalam Kegiatan Alam Bebas. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10, 147–154.
Tang, A., & Thahir, M. (2020). Efek Latihan Fisik Terhadap Vo2 Max Pada Mahasiswa. Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar, 15(2), 168. https://doi.org/10.32382/medkes.v15i2.1594
Wicaksono, R. A., Ilham, K., Pratama, A. H., Luthfia, G. S., Aurellia, Al-Aziz, F. A., Arifin, M. I., Pratama, A. D., Setiawan, W. B., Respati, M. G. S., & Assiddiqi, H. (2024). Analisis VO2max pada Atlet Bola Voli Putra Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kepelatihan Angkatan 2023 di Universitas Negeri Semarang. Jurnal Angka, 1(2), 309–321.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lily Nabillah, Feny Oktaviyani, Rena Alya Mumtaz, Arum Sekar Andini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










