TUTORIAL PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS BERBANTU APLIKASI PIKTOCHART DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)

Authors

  • Nisrina Ajrina Nur Hidayah Universitas Islam Mulia Yogyakarta
  • Khatmirul Aziz Universitas Islam Mulia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45672

Keywords:

Tutorial, Media Pembelajaran, Infografis, Piktochart

Abstract

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran di MI yang belum melibatkan teknologi AI dalam pembelajaran. Tujuan pengabdian ini untuk mengkaji kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka pemberian edukasi dan penjelasan kepada para guru MI Nurul Haromain, yang berlokasi di Kulon Progo, DIY. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode Participatory Action Research (PAR) diintegrasikan dalam pendeketan deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan tutorial pembuatan media pembelajaran Infografis berbantu aplikasi Piktochart. Hasil dari penelitian ini yakni mendeskripsikan bagaimana tutorial pembuatan media pembelajaran Infografis berbantu aplikasi Piktochart. Penyampaian materi pembelajaran yang belum menggunakan data dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Padahal adanya media pembelajaran Infografis membantu guru dalam meningkatkan minat belajar siswa secara terukur. Penyajian Kumpulan data yang dikemas dalam bentuk media Infografis akan lebih memudahkan siswa dalam belajar dan menyamakan satu persepsi dari materi yang disampaikan oleh guru. Dengan demikian, keterlibatan AI dalam pembelajaran salah satu nya menggunakan aplikasi Piktochart lebih khusus untuk pembuatan media Infografis bagi siswa MI.  

References

Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 53(9), 1689–1699.

Ali Sadikin, Asni Johari, Jodion Siburian, Ervan Johan Wicaksana, & Desfaur Natalia. (2021). Pelatihan Mendeley untuk Menunjang Karya Ilmiah Guru-Guru SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Jurnal SOLMA, 10(1), 1–7. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1.5441

Asrori, & Rusman. (2020). Classroom action reserach pengembangan kompetensi guru. In Pena Persada.

Hakim, L. (2022). Peranan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Pendidikan. Kemenristek Dirjen Guru Dan Tenaga Kependidikan, 1.

Hamidi, R. R. (2018). Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI Di SDIT Baitul Jannah Kecamatan Kemiling Raya Bandar Lampung.

Judijanto, L., Asfahani, A., & Krisnawati, N. (2022). The Future of Leadership: Integrating AI Technology in Management Practices. Journal of Artificial Intelligence and Development, 1(2), 99–106.

Korain, F. X., Kaunang, M., & Egetan, M. (2019). Implementasi Kebijakan Dana Otonomi Khusus bidang Pendidikan di Kota Sorong Provinsi Papua Barat. Jurnal Administrasi Publik Universitas Sam Ratulangi, V(086), 94–109.

Kusumawati, F., & Sadik, J. (2016). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah pengolah sabut kelapa melalui inkubator bisnis dan Teknologi Tepat Guna. Jurnal Berkala Ilmu Ekonomi, 10(2), 186–210.

Muchtar, F., & Bahar, H. (2022). Edukasi Pembuatan Nugget Ikan Sebagai Upaya Pemanfaatan Potensi Perikanan di Desa Mekar Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(4), 526–533. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i4.1118

Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 175–182.

Ni’amah, M., Asfahani, A., Musa, M., & Husnita, L. (2023). Pendampingan Kajian Agama dan Wawasan Keagamaan dalam Meningkatkan Spiritual Siswa SMK. Assoeltan: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(1), 11–19.

Nita, S., Andria, A., & Lukas, F. M. (2022). Pelatihan e-Learning Berbasis Multiplatform sebagai Wujud Digitalisasi Program MBKM di SMKN 2 Madiun. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 491–500. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1725

Nurhidin, E. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Literasi Membaca Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.30762/ed.v6i1.136

PILENDIA, D. (2020). Pemanfaatan Adobe Flash Sebagai Dasar Pengembangan Bahan Ajar Fisika : Studi Literatur. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.255

Revanaliza Wike, Rahmat Tasnim, Rusdi, & Fitri Haida. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya TerhadapPrestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9 (2)(2), 658–667.

Sarmauli, Timan Herdi Ginting, M., Colina, Y., & Haloho, O. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Pop Up Book dalam Kurikulum Merdeka Belajar bagi Guru-Guru Paud. Communautaire: Journal of Community Service, 01(01).

Tafani, T., & Kamaludin, A. (2023). Development of PowToon Animation Video on Joyful Learning Loaded Reaction Rate Material to Increase High School Students’ Learning Motivation. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 9(1), 258–271. https://doi.org/10.33394/jk.v9i1.7057

Wahyuniar, W., Asfahani, A., Suyuti, S., & Sitopu, J. W. (2024). COMMUNITY ENGAGEMENT IN EDUCATION: FOSTERING SUSTAINABLE IMPACT THROUGH OUTREACH INITIATIVES. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4116–4124.

Yuliany, N., Ulfiani Rahman, & Amriani. (2022). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Al Asma : Journal of Islamic Education, 4(1), 31–40. https://doi.org/10.24252/asma.v4i1.28444

Yusuf, M., Julianingsih, D., & Ramadhani, T. (2023). Transformasi Pendidikan Digital 5.0 melalui Integrasi Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 11–19.

Downloads

Published

2025-05-10

How to Cite

Hidayah, N. A. N., & Aziz, K. (2025). TUTORIAL PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS BERBANTU APLIKASI PIKTOCHART DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4086–4091. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45672

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.