PELATIHAN PEMBUATAN DESAIN WEB DAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.44990Keywords:
Desain Web, Fiqma, Canva, Aplikasi.Abstract
Pengetahuan, pemahaman tentang sebuah tren teknologi masih kurang, sehingga perlunya pemahaman tren teknologi, supaya memudahkan proses dalam pembelajaran dengan pembelajaran yang inovatif, Teknologi adalah hasil dari penerapan ilmu pengetahuan untuk menciptakan alat, sistem, dan proses yang bertujuan mempermudah kehidupan manusia serta meningkatkan efisiensi dalam berbagai aspek. Dengan perkembangan yang pesat, teknologi telah menjadi fondasi utama dalam mendorong inovasi terutama dalam bidang Pendidikan, Adapun tujuan dari kegiatan ini menghasilkan atau dapat membuat desain web dan media pembelajaran yang inovatif, metode pengabdian kepada Masyarakat dengan menggunakan metode pendampingan, sosialisasi. Adapun hasil kegiatan pengabdian pengabdian kepada masyarakat berupa pembuatan desain web dan pembuatan media pembelajaran inovatif Dimana 28 responden jika n-2 maka hasil 26 adalah 0.3739 dibulat menjadi 0.374 dengan signifikan 5%, hasil pengujian validitasnya adalah 0.561, 0.571, 0.519, 0.793, 0.646, 0.722, 0.422, 0,831, 0.570, 0.771 menunjukkan di atas 0.30 maka di nyatakan valid, sedangkan pada uji realibilitas di atas 0.70 maka dinyatakan reliabel.References
Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1). https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i1.986
Awaliah, L. N. (2022). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran matematika. Prosiding Galuh Mathematics National Conference (GAMMA NC) 2022.
Febyla, N., & Zubaidi, A. (2022). Analisis Dan Perbaikan Tampilan Sistem Informasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat Berbasis Website Menggunakan Figma. Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI), 3(2). https://doi.org/10.29303/jbegati.v3i2.821
Hendra, H., & Riti, Y. F. (2023). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI WEBSITE DENGAN KONSEP UI/UX UNTUK MENGOPTIMALKAN MARKETING PERUSAHAAN. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 11(3s1). https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3s1.3430
Hidayat, A. A. (2021). Menyusun instrumen penelitian dan uji validitas reabilitas. In healt book (pp. 1–14). https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=0dAeEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA8&dq=uji+validitas+adalah&ots=4AAJamiAvc&sig=HtGrnjDqlp4_yb58ep9e8KQTPd8&redir_esc=y#v=onepage&q=uji
Ir. Lukman Syafie, S.Si., M. S., Ihawana As’ad, S.Ag., M.Sc., Ph.D., M., & Sugiarti, S.Kom., M.Kom., M. (2022). Modul Pengantar Teknologi Informasi. DPI Press, 6(1), 6–10.
Johanes, S. N., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa SMA. Seminar Nasional Daring.
Krisdiana, M., Malihah, S., & Nulhakim, L. (2022). Produk Inovasi Kurikulum dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Berdasarkan Perkembangan IPTEK. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6).
Nirmala, E., Noris, S. M. S., & Irwanto, D. (2022). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN H5P. KOMMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1).
Sanjaya, M. R. S., Ruskan, E. L., Kurniawan, D., Khoiriah, A., Saputra, F. R., Chautie, M. R., & Argabzi, M. (2022). Perancangan UML Sistem Informasi Pencarian Jasa ART. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 5(2). https://doi.org/10.31539/intecoms.v5i2.4275
Sucihati, R., & Sutabri, T. (2023). Perancangan dan Pengukuran Kualitas Model User Interface Website Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia Sumatera Selatan dengan Metode WebQual. Jurnal JUPITER, 15(1).
Utami, Y. (2023). Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrument Penilaian Kinerja Dosen. Jurnal Sains Dan Teknologi, 4(2). https://doi.org/10.55338/saintek.v4i2.730
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M. Rudi Sanjaya, Dwi Rosa Indah, Annisa Khoiriah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










