PEMBUATAN KATALOG DIGITAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA UMKM SEMPOL AYAM, CILOR, DAN CIRENG ARSIL DI KECAMATAN PARONGPONG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.44327Keywords:
UMKM, Katalog Digital, Media PromosiAbstract
UMKM memegang peranan penting dalam perekonomian, namun masih banyak yang belum memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan produk. UMKM Sempol Ayam, Cilor, dan Cireng Arsil di Kecamatan Parongpong merupakan contoh pelaku usaha yang belum menerapkan media digital dalam strategi pemasarannya. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah membantu pembuatan katalog digital sebagai alat promosi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang meliputi observasi, wawancara, perancangan katalog digital, pelatihan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa katalog digital memudahkan pelaku usaha dalam mempromosikan produk serta memperluas jangkauan pemasaran melalui media sosial dan aplikasi pesan instan. Pelaku usaha mulai aktif menggunakan katalog tersebut untuk berinteraksi dengan pelanggan, yang berdampak positif terhadap efektivitas promosi. Kegiatan ini turut meningkatkan literasi digital pelaku UMKM dan memperkuat strategi pemasaran produknya.References
Afandi, A. (2023). Digital Marketing: Strategi Unggul di Era Digital. UMSU Press.
Anam, K. (2023). Paling Rendah di ASEAN, Tingkat Literasi Digital RI Cuma 62%. Retrieved April 2, 2025, from CNBC Indonesia website: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230214171553-37-413790/paling-rendah-di-asean-tingkat-literasi-digital-ri-cuma-62
Arismayanti, N. K., Andiani, N. D., & Pitana, I. G. (2022). Digital Marketing: Teori, Konsep, dan Implementasinya dalam Pariwisata. KBM Indonesia.
Erwin, Cindrakasih, R., Sari, A., Hita, Boari, Y., Judijanto, L., & Tadampali, A. (2024). Pemasaran Digital (Teori dan Implementasi) (E. Rianty, Ed.). Green Pustaka Indonesia.
Juwita Az-Zahra, P., & Korika Swasti, I. (2024). Knowledge Sharing: Penggunaan E-Catalog Dalam Digital Marketing Di UMKM Dep’s Cookies Kutisari. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2024(19), 744–751. https://doi.org/10.5281/zenodo.14446074
Lova, E. F., Rachmawati, R., Rokiyah, R., Maulidina, A., Ulfa, F., & Novitasari, A. F. (2024). Pelatihan Pembuatan Katalog Produk Berbasis Digital Guna Meningkatkan Pemasaran Bagi Grup Jual Beli Online. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(3), 2383–2392. https://doi.org/10.33379/icom.v4i3.5432
M. Arya Abdillah, & Dewi Deniaty Sholihah. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing bagi UMKM Guna Mendukung Tercapainya SDGS Desa Kewirausahaan di Kelurahan Plosokerep Kota Blitar. Jurnal Nusantara Berbakti, 1(4), 25–32. https://doi.org/10.59024/jnb.v1i4.191
Mendrofa, S., Sari, M., Martoyo, A., Putra, F., Putri, L., Aditi, B., … Mulyodiputro, D. (2024). Manajemen Pemasaran Digital . Mega Press Nusantara.
Sonani, N., Riani, D., & Fatulloh, A. (2024). Ekonomi Digital dan Sektor UMKM: Meningkatkan Daya Saing (T. Yuwanda, Ed.). Takaza Innovatix Labs.
Tambunan, T. (2021). UMKM di Indonesia (Perkembangan, Kendala, dan Tantangan). Prenada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elen Tania, Ellen Simarmata, Carens Afferio Taebenu, Daniella Anggraini La Vecchia Rampen, Dea Jessika Felisintikhe, Grace Orlyn Sitompul

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










