PEMBUATAN KATALOG DIGITAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA UMKM SEMPOL AYAM, CILOR, DAN CIRENG ARSIL DI KECAMATAN PARONGPONG

Authors

  • Elen Tania Universitas Advent Indonesia
  • Ellen Simarmata Universitas Advent Indonesia
  • Carens Afferio Taebenu Universitas Advent Indonesia
  • Daniella Anggraini La Vecchia Rampen Universitas Advent Indonesia
  • Dea Jessika Felisintikhe Universitas Advent Indonesia
  • Grace Orlyn Sitompul Universitas Advent Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.44327

Keywords:

UMKM, Katalog Digital, Media Promosi

Abstract

UMKM memegang peranan penting dalam perekonomian, namun masih banyak yang belum memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan produk. UMKM Sempol Ayam, Cilor, dan Cireng Arsil di Kecamatan Parongpong merupakan contoh pelaku usaha yang belum menerapkan media digital dalam strategi pemasarannya. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah membantu pembuatan katalog digital sebagai alat promosi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang meliputi observasi, wawancara, perancangan katalog digital, pelatihan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa katalog digital memudahkan pelaku usaha dalam mempromosikan produk serta memperluas jangkauan pemasaran melalui media sosial dan aplikasi pesan instan. Pelaku usaha mulai aktif menggunakan katalog tersebut untuk berinteraksi dengan pelanggan, yang berdampak positif terhadap efektivitas promosi. Kegiatan ini turut meningkatkan literasi digital pelaku UMKM dan memperkuat strategi pemasaran produknya.

References

Afandi, A. (2023). Digital Marketing: Strategi Unggul di Era Digital. UMSU Press.

Anam, K. (2023). Paling Rendah di ASEAN, Tingkat Literasi Digital RI Cuma 62%. Retrieved April 2, 2025, from CNBC Indonesia website: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230214171553-37-413790/paling-rendah-di-asean-tingkat-literasi-digital-ri-cuma-62

Arismayanti, N. K., Andiani, N. D., & Pitana, I. G. (2022). Digital Marketing: Teori, Konsep, dan Implementasinya dalam Pariwisata. KBM Indonesia.

Erwin, Cindrakasih, R., Sari, A., Hita, Boari, Y., Judijanto, L., & Tadampali, A. (2024). Pemasaran Digital (Teori dan Implementasi) (E. Rianty, Ed.). Green Pustaka Indonesia.

Juwita Az-Zahra, P., & Korika Swasti, I. (2024). Knowledge Sharing: Penggunaan E-Catalog Dalam Digital Marketing Di UMKM Dep’s Cookies Kutisari. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2024(19), 744–751. https://doi.org/10.5281/zenodo.14446074

Lova, E. F., Rachmawati, R., Rokiyah, R., Maulidina, A., Ulfa, F., & Novitasari, A. F. (2024). Pelatihan Pembuatan Katalog Produk Berbasis Digital Guna Meningkatkan Pemasaran Bagi Grup Jual Beli Online. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(3), 2383–2392. https://doi.org/10.33379/icom.v4i3.5432

M. Arya Abdillah, & Dewi Deniaty Sholihah. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing bagi UMKM Guna Mendukung Tercapainya SDGS Desa Kewirausahaan di Kelurahan Plosokerep Kota Blitar. Jurnal Nusantara Berbakti, 1(4), 25–32. https://doi.org/10.59024/jnb.v1i4.191

Mendrofa, S., Sari, M., Martoyo, A., Putra, F., Putri, L., Aditi, B., … Mulyodiputro, D. (2024). Manajemen Pemasaran Digital . Mega Press Nusantara.

Sonani, N., Riani, D., & Fatulloh, A. (2024). Ekonomi Digital dan Sektor UMKM: Meningkatkan Daya Saing (T. Yuwanda, Ed.). Takaza Innovatix Labs.

Tambunan, T. (2021). UMKM di Indonesia (Perkembangan, Kendala, dan Tantangan). Prenada.

Downloads

Published

2025-04-15

How to Cite

Tania, E., Simarmata, E., Taebenu, C. A., Rampen, D. A. L. V., Felisintikhe, D. J., & Sitompul, G. O. (2025). PEMBUATAN KATALOG DIGITAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA UMKM SEMPOL AYAM, CILOR, DAN CIRENG ARSIL DI KECAMATAN PARONGPONG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 2269–2274. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.44327

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.