UPAYA PENCAPAIAN PERKEMBANGAN MENTAL REMAJA MELALUI TERAPI KELOMPOK TERAPEUTIK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.44284Keywords:
Perkembangan mental, remaja, terapi kelompok terapeutikAbstract
Remaja merupakan tahapan usia transisi dari anak-anak menuju dewasa. Pada usia remaja, seseorang akan mengalami berbagai perubahan berkaitan dengan proses transisi menuju kedewasaan. Kemampuan berdaptasi terhadap berbagai perubahn ini sangat penting sehingga yang menunjang pencapaian perkembangan dan kesehatan mental remaja. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan terapi kelompok terapeutik kepada remaja untuk meningkatkan perkembangan mentalnya. Kegiatan dilaksanakan di Kelurahan Sri Meranti dengan rentang usia remaja 12-19 tahun. Remaja yang terlibat sebanyak 30 orang. Peserta diberikan pre test sebelum dilakukan terapi dan post test sesudah diberikan terapi. Hasil kegiatan menunjukkan skor rata-rata sebelum diberikan terapi kelompok terapeutik adalah 42 sedangkan skor rata-rata setelah diberikan terapi kelompok terapeutik adalah 59. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan skor perkembangan mental sebesar 17 setelah remaja mendapatkan terapi kelompok terapeutik. Dampak dari pengabdian masyarakat ini terjadi peninkatan perkembangan mental remaja dan diharapkan remaja terus beradaptasi terhadap perubahan yang dialami sehingga dapat berperilaku yang menunjukkan sebagai remaja yang sehat mental.References
Bahari, K., Keliat, B. A., & Gayatri, D. (2010). Pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik terhadap Perkembangan Identitas Remaja di Kota Malang. FIK-UI.
BPS Kota Pekanbaru (2020). Jumlah Penduduk Kota Pekanbaru menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin (Jiwa), 2018-2020. https://pekanbarukota.bps.go.id/
Hasanah, Uswatun.,et al. (2019). Penerapan Terapi Spesialis Kelompok Terapeutik dan Psikoedukasi Keluarga dalam Menstimulasi Perkembangan Identitas Diri Remaja Menggunakan Pendekatan Teori Stuart dan King. Laporan Penelitian Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Hidayah, N.,Huriati. (2016). Krisis Identitas Diri pada Remaja”Identity Crisis of Adolescences”.
Sulesana Vol.10 No 1.
Hockenberry, M. J., Wilson, D., & Rodgers, C. C. (2017). Wong’s essentials of pediatric nursing Edisi 10. Kanada: Elsevier.
Hurlock, E, B. (2016). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan.
Edisi ke-lima. Jakarta : Erlangga
Keliat BA, Helena N, Farida P (2011). Manajemen keperawatan psikososial & kader kesehatan jiwa. Jakarta: EGC
Keliat, B. A., Daulima, N. H. C., & Farida, P. (2019). Keperawatan Kesehatan Jiwa Komunitas CMHN (Advanced Course). Jakarta: EGC.
Keliat,B,A. Mulia,M & Fitriani. N. (2019) Promosi Kesehatan Jiwa Terapi Kelompok Terapeutik, Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (2018). Fakta kekerasan terhadap anak di Indonesia: Survei Nasional Pengalaman Hidup Anak dan Remaja tahun 2018. Diakses dari https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/slider/49b98infografis- snphar2018.pdf.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (2020). SIMFONI (Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan and Anak). Diakses dari https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan
Shives LR. (2007). Basic concepts of psychiatric-mental health nursing. Lippincott Williams & Wilkins.
Stuart, Gail W. (2013). Principles & Practice of Psychiatric Nursing(10ed) . Philadelphia: Elsevier Mosby.
Townsend, C.M. (2009) Essentials of psychiatric mental health nursing 3th Ed.Philadelphia:F.A Dafis Company.
UNICEF. (2021). Profil Remaja 2021. Diakses pada 15 April 2023 dari https://www.unicef.org/indonesia/media/9546/file/Profil%20Remaja.pdf
World Health Organization (2015). Global School-based Student Health Survey. Diakses dari https://www.who.int/ncds/surveillance/gshs/indonesia/en/.
World Health Organization Regional Office for South-East Asia (2019). Global Youth Tobacco Survey (GYTS): Indonesia Report 2019. New Delhi: WHO-SEARO.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jumaini Jumaini, Sri wahyuni, Niken Yuniar Sari, Nurul Huda, Yulia Rizka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










