PENINGKATAN KOMPETENSI PELAKU UMKM KOTA BATU DALAM BRAND AWARENESS MELALUI PELATIHAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE

Authors

  • Risqy Siwi Pradini Institut Teknologi Sains dan Kesehatan RS.DR. Soepraoen Kesdam V/BRW
  • M. Syauqi Haris Institut Teknologi Sains dan Kesehatan RS.DR. Soepraoen Kesdam V/BRW
  • Mochammad Anshori Institut Teknologi Sains dan Kesehatan RS.DR. Soepraoen Kesdam V/BRW

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.44159

Keywords:

MSME, brand awareness, AI training, participatory learning and action, ; social media marketing

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pelaku UMKM di Kota Batu dalam memperkuat brand awareness produk melalui pelatihan berbasis Artificial Intelligence. Pelatihan ini dilakukan dengan menggunakan metode Participatory Learning and Action yang mengedepankan interaksi aktif dan praktik langsung dari para peserta pelatihan. Materi pelatihan mencakup konsep dasar branding, pemanfaatan media sosial, serta aplikasi teknologi AI seperti Canva dan ChatGPT dalam pembuatan desain visual untuk meningkatkan brand awareness produk UMKM. Evaluasi yang dilakukan melalui pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan rata-rata pemahaman peserta, dari skor awal 63 menjadi 90,33. Hasil ini membuktikan bahwa metode pelatihan yang digunakan efektif dalam meningkatkan kompetensi para peserta. Pelatihan ini juga mendorong peserta untuk lebih percaya diri dalam memanfaatkan teknologi untuk pemasaran digital, sehingga mampu bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

References

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. (1), 39-50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766

Fahlevie, R., Rapiudinsyah, A., Alsha, M. R. A., Putra, P. D., Veronika, Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4M., & Alie, J. (2024). Strategi Pemberdayaan Branding Dan Digital Marketing Bagi Umkm Menuju Ekonomi Digital Di Desa Petanang Kecamatan Lembak Provinsi Sumatera Selatan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7846-7853. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33315

Fahmi, S. (2024). Pemanfaatan Teknologi AI untuk Menunjang Pemasaran Produk UMKM di Kota Malang. Berdaya Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 91-103. http://dx.doi.org/10.47201/berdaya.v2i2.208

Komalasari, R. J., & Suharjo, M. S. (2019). Penerapan Metode Participatory Learning and Action Pada Materi Penanggulangan Bencana Gempa Bumi Di SMA Negeri 1 Banguntapan Kabupaten Bantul yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Muyassaroh, I. S., Florina, I. D., Apriliani, S. A., & Nabila, Z. M. (2024). Pendampingan Sebagai Upaya Optimalisasi Literasi Digital dan Pengelolaan UMKM melalui Implementasi Pembelajaran Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat Waradin, 4(2), 19-31. https://doi.org/10.56910/wrd.v4i2.369

Nelson, T. (2023). Participatory Learning and Action. In Varieties of Qualitative Research Methods: Selected Contextual Perspectives (pp. 365-369). Cham: Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-031-04394-9_56

Pradini, R. S., Anshori, M., & Haris, M. S. (2024). Optimasi Weight AHP Menggunakan Genetic Algorithm untuk Rekomendasi Platform Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Digital. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 11(5), 1077-1084. https://doi.org/10.25126/jtiik.1078011

Pradini, R. S., Khudori, A. N., Kusuma, W. T., & Rikatsih, N. (2024). Peningkatan Kemampuan Siswa SMK Tunas Bangsa Untuk Membuat Gambar dan Caption di Media Sosial Melalui Pelatihan Berbasis Artificial Intelligence. DIMASLOKA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Informasi Dan Informatika, 3(2), 43-48.

Pritandhari, M. (2022). Peran UMKM sebagai salah satu pilar ekonomi kerakyatan. Eksistensi Ekonomi Kerakyatan di Indonesia, 1, 61.

Putra, Y. K., Sadali, M., Fathurrahman, F., & Mahpuz, M. (2020). Pelatihan Uji Kompetensi Keahlian Siswa Sekolah Kejuruan Menggunakan Metode Participatory Learning and Action (PLA). ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masayarakat, 1(2), 80-86. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2772

Saputra, D., Alfandi, D., & Yusida, E. (2021, June). Kajian Strategi Pengembangan UMKM Dalam Menghadapi Era Digital (Studi Kasus UMKM Keripik Apel Delicious Kota Batu). In Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan (Vol. 1, No. 1, pp. 19-27).

Swimbawa, M. K., & Lemy, D. M. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Awareness, Brand Image dan Brand Loyalty Pesona Indonesia. Bulletin of Community Engagement, 3(2), 239-249. https://doi.org/10.51278/bce.v3i2.968

Triarda, R., & Damayanti, R. (2021). Analisis Optimalisasi Potensi Daerah untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Malang. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 35-54. https://doi.org/10.14710/jiip.v6i1.9350

Widyadhana, A. J. (2023). Analisis Pengaruh Makro Influencer dan Mikro Influencer Dalam Kol (Key Opinion Leader) Marketing terhadap Brand Awareness Skintific. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen, 2(4), 62-75. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v2i4.1412

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Pradini, R. S., Haris, M. S., & Anshori, M. (2025). PENINGKATAN KOMPETENSI PELAKU UMKM KOTA BATU DALAM BRAND AWARENESS MELALUI PELATIHAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4326–4333. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.44159

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.