PENINGKATAN KOMPETENSI PELAKU UMKM KOTA BATU DALAM BRAND AWARENESS MELALUI PELATIHAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.44159Keywords:
MSME, brand awareness, AI training, participatory learning and action, ; social media marketingAbstract
Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pelaku UMKM di Kota Batu dalam memperkuat brand awareness produk melalui pelatihan berbasis Artificial Intelligence. Pelatihan ini dilakukan dengan menggunakan metode Participatory Learning and Action yang mengedepankan interaksi aktif dan praktik langsung dari para peserta pelatihan. Materi pelatihan mencakup konsep dasar branding, pemanfaatan media sosial, serta aplikasi teknologi AI seperti Canva dan ChatGPT dalam pembuatan desain visual untuk meningkatkan brand awareness produk UMKM. Evaluasi yang dilakukan melalui pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan rata-rata pemahaman peserta, dari skor awal 63 menjadi 90,33. Hasil ini membuktikan bahwa metode pelatihan yang digunakan efektif dalam meningkatkan kompetensi para peserta. Pelatihan ini juga mendorong peserta untuk lebih percaya diri dalam memanfaatkan teknologi untuk pemasaran digital, sehingga mampu bersaing di pasar yang semakin kompetitif.References
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. (1), 39-50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766
Fahlevie, R., Rapiudinsyah, A., Alsha, M. R. A., Putra, P. D., Veronika, Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4M., & Alie, J. (2024). Strategi Pemberdayaan Branding Dan Digital Marketing Bagi Umkm Menuju Ekonomi Digital Di Desa Petanang Kecamatan Lembak Provinsi Sumatera Selatan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7846-7853. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33315
Fahmi, S. (2024). Pemanfaatan Teknologi AI untuk Menunjang Pemasaran Produk UMKM di Kota Malang. Berdaya Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 91-103. http://dx.doi.org/10.47201/berdaya.v2i2.208
Komalasari, R. J., & Suharjo, M. S. (2019). Penerapan Metode Participatory Learning and Action Pada Materi Penanggulangan Bencana Gempa Bumi Di SMA Negeri 1 Banguntapan Kabupaten Bantul yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Muyassaroh, I. S., Florina, I. D., Apriliani, S. A., & Nabila, Z. M. (2024). Pendampingan Sebagai Upaya Optimalisasi Literasi Digital dan Pengelolaan UMKM melalui Implementasi Pembelajaran Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat Waradin, 4(2), 19-31. https://doi.org/10.56910/wrd.v4i2.369
Nelson, T. (2023). Participatory Learning and Action. In Varieties of Qualitative Research Methods: Selected Contextual Perspectives (pp. 365-369). Cham: Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-031-04394-9_56
Pradini, R. S., Anshori, M., & Haris, M. S. (2024). Optimasi Weight AHP Menggunakan Genetic Algorithm untuk Rekomendasi Platform Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Digital. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 11(5), 1077-1084. https://doi.org/10.25126/jtiik.1078011
Pradini, R. S., Khudori, A. N., Kusuma, W. T., & Rikatsih, N. (2024). Peningkatan Kemampuan Siswa SMK Tunas Bangsa Untuk Membuat Gambar dan Caption di Media Sosial Melalui Pelatihan Berbasis Artificial Intelligence. DIMASLOKA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Informasi Dan Informatika, 3(2), 43-48.
Pritandhari, M. (2022). Peran UMKM sebagai salah satu pilar ekonomi kerakyatan. Eksistensi Ekonomi Kerakyatan di Indonesia, 1, 61.
Putra, Y. K., Sadali, M., Fathurrahman, F., & Mahpuz, M. (2020). Pelatihan Uji Kompetensi Keahlian Siswa Sekolah Kejuruan Menggunakan Metode Participatory Learning and Action (PLA). ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masayarakat, 1(2), 80-86. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2772
Saputra, D., Alfandi, D., & Yusida, E. (2021, June). Kajian Strategi Pengembangan UMKM Dalam Menghadapi Era Digital (Studi Kasus UMKM Keripik Apel Delicious Kota Batu). In Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan (Vol. 1, No. 1, pp. 19-27).
Swimbawa, M. K., & Lemy, D. M. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Awareness, Brand Image dan Brand Loyalty Pesona Indonesia. Bulletin of Community Engagement, 3(2), 239-249. https://doi.org/10.51278/bce.v3i2.968
Triarda, R., & Damayanti, R. (2021). Analisis Optimalisasi Potensi Daerah untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Malang. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 35-54. https://doi.org/10.14710/jiip.v6i1.9350
Widyadhana, A. J. (2023). Analisis Pengaruh Makro Influencer dan Mikro Influencer Dalam Kol (Key Opinion Leader) Marketing terhadap Brand Awareness Skintific. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen, 2(4), 62-75. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v2i4.1412
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Risqy Siwi Pradini, M. Syauqi Haris, Mochammad Anshori

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










