PENGEMBANGAN USAHA DUPA SATRYA PERKASA MELALUI PELATIHAN KONTEN VIDEO & MANAJEMEN KEUANGAN

Authors

  • I Gusti Ngurah Satria Wijaya Institut Teknologi dan Bisnis Stikom Bali
  • Ketut Gus Oka Ciptahadi Institut Teknologi dan Bisnis Stikom Bali
  • I Wayan Karang Utama Institut Teknologi dan Bisnis Stikom Bali

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.44094

Keywords:

Pelatihan, Konten Video, Manajemen Keuangan, Dupa

Abstract

Usaha industri rumah tangga (IRT) Dupa Satriya Perkasa yang terletak di banjar dinas Kelod desa BusungBiu kecamatan Busungbiu kabupaten Bulelelng Bali, merupakan usaha IRT yang produktif yang didirikan pada tahun 2022. Permasalahan utama dari produk dupa Satrya Perkasa adalah masih belum bisa meningkatkan skala usaha IRT ke level lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh belum efektifnya pemasaran media sosial yang dilakukan dan hanya masih menyasar pasar lokal sekitar kecamatan Busungbiu. Permasalahan kedua adalah pengelolaan manajemen keuangan usaha masih belum berjalan secara optimal, pencatatan transaksi belum dilakukan secara teratur. Pemecahan masalah yang diberikan dalam kegiatan ini adalah melaksanakan pelatihan pembangunan video content media sosial untuk menunjang pemasaran melalui media digital, serta memberikan pelatihan manajemen keuangan. Teknik atau tahapan kegiatan pengabdian ini adalah melalui kegiatan penegnalan / sosialisasi, kegiatan utama yaitu pelatihan, dan pengawasan serta evaluasi. Dari output evaluasi yang telah kami lakukan dapat disimpulkan bahwa proses kegiatan pelatihan pembuatan konten video dan pelatihan manajemen keuangan berjalan dengan baik. Hal ini termonitor dengan semakin tinggi nilai dari pretest dan postest, serta peserta pelatihan sangat tertarik dan puas. Dari hasil evaluasi bahwa IRT juga telah mempunyai video company profile untuk meningkatkan branding produk dupa

References

Arnawa, I. B. K. S., Purnamayanti, I. A. G. W., & Supuwiningsih, N. N. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Media Pemasaran dan Manajemen Keuangan pada IRT Pengerajin Dupa. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 4(2), 30–35. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v4i2.282

Devi, K. M., & Susila, G. P. A. J. (2022). Lingkungan kerja, motivasi, dan kinerja karyawan UD Dupa Julungwangi Sangsit. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 76–83.

Maresti, D., Yusran, R. R., Perdana, A. A., & ... (2023). … Laporan Keuangan Sederhana Pada Kelompok Usaha Dan Masyarakat Kota Payakumbuh: Pendampingan Pencatatan Pembukuan Laporan Keuangan Sederhana …. Altafani: Jurnal …, 1(1), 16–22. https://journal.umnyarsi.ac.id/index.php/ABDIMAS/article/view/11%0Ahttps://journal.umnyarsi.ac.id/index.php/ABDIMAS/article/download/11/3

Prena, G. Das, Utami, N. P. E. Y., & Yuliastuti, I. A. N. (2022). PeningkatanPemasaran Dupa Bodhisattva Di Desa Lodtunduh, Ubud, Gianyar. Dharma Jnana, 2(2), 85–95.

Sarja, N. L. A. K. Y., Utami, N. M. M. A., & Wahyuni, L. M. (2023). Pengembangan UMKM Kain Perca Melalui Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna Di Tabanan Bali. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 430–438. https://doi.org/10.36312/linov.v8i3.1345

Downloads

Published

2025-04-21

How to Cite

Wijaya, I. G. N. S., Ciptahadi, K. G. O., & Utama, I. W. K. (2025). PENGEMBANGAN USAHA DUPA SATRYA PERKASA MELALUI PELATIHAN KONTEN VIDEO & MANAJEMEN KEUANGAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 2491–2495. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.44094

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.