INTEGRASI LITERASI BUDAYA DAN KOMUNIKASI SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN KARAKTER GURU DAN SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.44022Keywords:
Literasi Budaya, Komunikasi, dan KarakterAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berjudul “PKM Integrasi Literasi Budaya dan Komunikasi untuk Penguatan Karakter Guru dan Siswa” di SMP Islam Al Ihsan ini, bertujuan untuk memberikan pemahaman, peningkatan serta pengembangan kompetensi dan keterampilan guru, sehingga guru mampu menguatkan karakter dirinya dan siswa melalui pengintegrasian literasi budaya dan komunikasi. Permasalahan yang terdapat di SMP Islam Al Ihsan adalah guru belum dapat memahami, meningkatkan serta mengembangkan kompetensi dan keterampilan secara terpadu dalam menguatkan karakter dirinya dan siswa, terutama melalui pengintegrasian literasi budaya dan komunikasi. Permasalahan lainnya diketahui juga bahwa lembaga pendidikan terkait belum dapat memfasilitasi sepenuhnya pengembangan kompetensi serta keterampilan guru dan siswa. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pendekatan partisipatif, dengan metode pelatihan. Kesimpulan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah terlaksana dengan lancar dan baik secara keseluruhan adalah peserta kegiatan memahami dan menyadari bahwa kompetensi dan keterampilan guru harus terus ditingkatkan dan dikembangkan, terutama dalam menguatkan karakter diri melalui integrasi literasi budaya dan komunikasi. agar mampu memaknai pembelajaran sepanjang hayat, serta menjadi individu yang lebih baik, unggul, dan bermutu tinggi.References
Arista, H. D. (2020). Development of Cultural Literation in Learning To Build Students’Character. ISCE: Journal of Innovative Studies on Character and …, 4(2), 221–231. http://www.iscjournal.com/index.php/isce/article/download/93/85
Darmawan, M. F. (2024). Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Dalam Gerakan Literasi Di Sekolah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3 SE-Articles), 7311–7316. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/29583
Ika Ika, Fadilatul Jannah, Siti Subaekah, & Ican Indrawan. (2024). Pendidikan Karakter Anak di Jenjang SMP. Student Scientific Creativity Journal, 2(5), 91–98. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v2i5.4044
Isroani, F., & Huda, M. (2022). Strengthening Character Education Through Holistic Learning Values. Quality JOURNAL OF EMPIRICAL RESEARCH IN ISLAMIC EDUCATION, 10(2), 289. https://doi.org/10.21043/quality.v10i2.17054
Molina, K. G., & Casillan, D. R. (2024). Values and Character Formation Practices of Grade 8 Learners. 6(6), 6–9.
Rahmatiah, S. (2021). Character Building (Pembangunan Karakter). Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 8(2), 172–183. http://kuliahsingkatku.blogspot.com/2013/06/tugas-makalah-character-building.html.
Sinurat, J. (2024). INTEGRASI ANTARA PEMBELAJARAN AKADEMIK DAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA. Jurnal Kualitas Pendidikan, 2(2), 374–379.
Wati, N. K., Hamidha, S. H., Azzahro, T. A., & Musthofa, M. B. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN KARAKTER BUDAYA LITERASI PADA SISWA KELAS 4 DI SD WACHID HASJIM 2 SURABAYA. Ebtida’ Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2).
Yansyah, M., Hesti, H., Mardiana, M., & Musiman, M. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter pada Siswa SMP. Journal on Education, 5(4), 14653–14660. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2526
Yuliana, Y., & Herayani, A. (2023). STRATEGIES AND THE ROLE OF TEACHERS IN SHAPING CHARACTER EDUCATION IN SCHOOL-AGE CHILDREN IN AN EDUCATIONAL ENVIRONMENT Character education is the spearhead of a country ’ s progress so that it becomes the can become national , religious , creative , and. E-Prosiding PBSI IKIP Siliwangi, 361–371.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Farah Indrawati, Leny Hartati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










