PELATIHAN KONSELING SEBAYA UNTUK SISWA PIK-R SMA PRADITA DIRGANTARA

Authors

  • Dita Juwita Zuraida Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Misbah Fikrianto Universitas Islam As-Syafi’iyah
  • Yusuf Maulana Prawata Universitas Islam As-Syafi’iyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.43942

Keywords:

Pelatihan, Konseling Sebaya, Siswa

Abstract

Permasalahan kesehatan mental semakin meningkat terutama pada individu berusia remaja. Sementara itu, remaja merasa lebih nyaman untuk menceritakan permasalahannya kepada teman sebayanya dibanding dengan orang dewasa, termasuk remaja yang saat ini bersekolah di SMA Pradita Dirgantara. Hal ini membuat konseling sebaya menjadi penting untuk menyelesaikan permasalahan siswa SMA Pradita Dirgantara. Program konseling sebaya merupakan program yang rasional dan terstruktur untuk menemukan solusi dan berbagai permasalahan, serta memberikan motivasi kepada teman sebayanya. Pelaksanaan konseling sebaya membutuhkan program pelatihan untuk remaja yang bertugas menjadi konselor agar remaja yang menjadi konselor sebaya dapat melakukan konseling dengan baik. Pelatihan konselor sebaya di SMA Pradipta Dirgantara dilaksanakan dengan empat tahap, yakni penjelasan materi, tanya jawab, role play, dan evaluasi. Pada pelaksanaan pelatihan konselor sebaya di SMA Pradita Dirgantara, didapatkan hasil seluruh siswa mampu mempraktekkan teknik-teknik dasar konseling.

References

Akmal, S.Z., dan Arlinkasari, F. 2015. Efektivitas Pelatihan Konselor Teman Sebaya dalam Meningkatkan Pengetahuan mengenai HIV/AIDS, Sikap terhadap ODHA, dan Sikap terhadap Seks Pranikah. Prosiding SNaPP: Kesehatan (Kedokteran, Kebidanan, Keperawatan, Farmasi, dan Psikologi). 1(1), hlm 109-121

Barus, G. 2022. Hasil Survei I-NAMHS: Satu dari Tiga Remaja Indonesia Memiliki Masalah Kesehatan Mental. Diakses pada halaman https://ugm.ac.id/id/berita/23086- hasil-survei-i-namhs-satu-dari-tiga-remaja-indonesia-memiliki-masalah-kesehatan-mental/

Edmawati, M., dkk. 2021. Pelatihan Konselor Sebaya pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Wonogiri menggunakan Zoom Meeting di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Terapan Abdimas. 6 (2), hlm 197-203

Erhamwilda. 2015. Konseling Sebaya Alternatif Kreatif Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi

Maarif, N., dkk. 2014. Renungan Santri Esai-Esai Seputar Problematika Remaja. Lebak: Pustaka Qi Falah

Risnawati, dkk. 2019. Pelatihan Konselor Sebaya pada Siswa SMA di Jakarta Barat. Jurnal Mitra. 3(2), hlm 108-119

Syafitri, D., dan Rahmah, L. 2021. Pelatihan Konselor Sebaya Daring untuk Meningkatkan Literasi Kesehatan Mental Siswa di SMA Islam XY Semarang. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology. 7(1), hlm 39-54.

Yuliasari, H. 2020. Pelatihan Konselor Sebaya untuk Meningkatkan Self Awareness terhadap Perilaku Berisiko Remaja. Jurnal Psikologi Insight. 4(1), hlm 63-72

Downloads

Published

2025-08-22

How to Cite

Zuraida, D. J., Fikrianto, M., & Prawata, Y. M. (2025). PELATIHAN KONSELING SEBAYA UNTUK SISWA PIK-R SMA PRADITA DIRGANTARA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(4), 5426–5430. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.43942

Similar Articles

<< < 13 14 15 16 17 18 

You may also start an advanced similarity search for this article.