PENDAMPINGAN PERWUJUDAN LINGKUNGAN SEKOLAH RAMAH ANAK MELALUI GEDSI UNTUK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Beti Istanti Suwandayani Universitas Muhammadiyah Malang
  • Yohana Puspitasari Wardoyo Universitas Muhammadiyah Malang
  • Said Noor Prasetyo Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.43921

Keywords:

GEDSI, Sekolah Dasar, Sekolah Ramah Anak

Abstract

Pendidikan adalah pilar utama dalam pembangunan suatu bangsa, dan Sekolah Dasar (SD) sebagai fondasi awal pendidikan formal yang memiliki peran strategis dalam membentuk karakter peserta didik. Lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan ramah anak merupakan syarat penting untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif. Pendekatan Gender Equality, Disability, and Social Inclusion (GEDSI) relevan dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan adil. Pengabdian yang dilakukan adalah mengkaji penerapan prinsip-prinsip GEDSI untuk mewujudkan Sekolah Ramah Anak di Kota Malang. Melalui program pendampingan yang meliputi pelatihan guru, sosialisasi, dan intervensi komunitas, ditemukan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru tentang GEDSI. Namun, tantangan dalam implementasi tersebut adalah kurangnya keterlibatan stakeholder dan sumber daya manusia yang terbatas. Pengabdian ini juga bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam upaya menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif.

References

Akhyar, Y. (2024). Implimentasi Program Sekolah Ramah Anak Di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(2), 155–168.

Apriyadi, R., Septia, R., Hidayat, T., Elistatia, U., Junaidah, J., & Abdurahman, A. (2024). Manajemen Pendidikan Inklusif Berbasis Nilai-Nilai Islam: Strategi Pengembangan Kurikulum dan Fasilitas Untuk Mendukung Keberagaman Peserta Didik. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 7(2), 98–106.

Bonwell, C. C., & Eison, J. A. (1991). Active learning: Creating excitement in the classroom. 1991 ASHE-ERIC higher education reports. ERIC.

Churcher, K., Downs, E., & Tewksbury, D. (2014). “ Friending” Vygotsky: A Social Constructivist Pedagogy of Knowledge Building through Classroom Social Media Use. Journal of Effective Teaching, 14(1), 33–50.

Cole, M., & SCRIBNER, S. (1978). Vygotsky, Lev S.(1978): Mind in Society. The Development of Higher Psychological Processes.

Damopolii, M. (2015). Problematika Pendidikan Islam dan Upaya-Upaya Pemecahannya. TADBIR Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 68–81.

DAN, K. P. P. (2015). Panduan Sekolah Ramah Anak.

Dewi, R. K., Pramana, R. P., Sadaly, H., Dewi, R. K., Pramana, R. P., & Sadaly, H. (2020). Kendala Mewujudkan Pembangunan Inklusif Penyandang Disabilitas. The SMERU Research Institute.

Elinda, T. (2023). Menekankan Pentingnya Keberagaman Multikultural Kebijakan Pendidikan Untuk Mengembangkan SDM Pendidikan. Proceedings Series of Educational Studies.

Fatmawati, R. (2023). Implementasi Program Inklusi Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Provinsi Jawa Barat dalam Memberikan Dukungan Sosial Terhadap Anak Binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bandung. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif ….

GRESIK, B. P. D. I. K. (n.d.). Politik Pemberdayaan Perempuan Melalui Program.

Hafshah, D. R., & Nugraheni, N. (2024). Dinamika Kesetaraan Pendidikan sebagai Fondasi SDGS. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(3), 142–150.

Haniko, P., Sappaile, B. I., Gani, I. P., Sitopu, J. W., Junaidi, A., & Cahyono, D. (2023). Menjembatani Kesenjangan Digital: Memberikan Akses ke Teknologi, Pelatihan, Dukungan, dan Peluang untuk Inklusi Digital. Jurnal Pengabdian West Science, 2(05), 306–315.

Hasani, I., & Kurniawati, H. (2024). Membangun Lingkungan yang Mendukung Pertumbuhan dan Pembelajaran: Studi Kasus Sekolah Ramah Anak di SDIT AR-Rahmaniyah Depok. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(3), 257–274.

Husnunnadia, R., & Slam, Z. (2024). Pencegahan bullying di sekolah: Mengimplementasikan pendidikan dan kewarganegaraan untuk penguatan hak dan kewajiban anak. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 9(1), 28–42.

Ibda, H., & Wijanarko, A. G. (2023). Pendidikan Inklusi berbasis GEDSI (Gender Equality, Disability and Social Inclusion). Mata Kata Inspirasi.

Istianah, A., Maftuh, B., & Malihah, E. (2023). Konsep Sekolah Damai: Harmonisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Education and Development, 11(3), 333–342.

Izzah, N., Setianti, Y., & Tiara, O. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di Sekolah Inklusi. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 272–284.

Larson, K. E., Nguyen, A. J., Solis, M. G. O., Humphreys, A., Bradshaw, C. P., & Johnson, S. L. (2020). A systematic literature review of school climate in low and middle income countries. International Journal of Educational Research, 102, 101606.

Nasir, M. F. A. (2024). Membangun Madrasah Inklusif: Upaya Menuju Sekolah Ramah Diversitas Melalui Implementasi Pendidikan Inklusif Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 21–44.

Noer, K. U., & Kartika, T. (2022). Membongkar kekerasan seksual di pendidikan tinggi: pemikiran awal. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nugraha, B. S. P., Taruno, R. B., Handayani, A. P., & Adi, M. (2024). Penguatan Awareness Digital Inklusif Untuk Mewujudkan Kemandirian Sosial Ekonomi. BESIRU: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(8), 610–615.

Pratiwi, J. C. (2016). Sekolah inklusi untuk anak berkebutuhan khusus: tanggapan terhadap tantangan kedepannya. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2).

Putri, F. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi pembelajaran PKn sebagai pembentukan karakter peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7362–7368.

Rangkuti, S. R., & Maksum, I. R. (2019). Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Depok. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 38–52.

RASYIDI, M. A. (n.d.). “Urgensi Pembentukan Panduan Pelayanan Publik Berbasis GEDSI (Gender Equality, Disability, & Social Inclusion) Di Kabupaten Jember.

Rimbawan, I. P. D., & Nurhaeni, A. (2023). Gender Equality, Disability and Social Inclusion Approach to Disaster Management Policy: The Case of the Bali Disaster Response Authority. JISPO Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 13(2), 169–192.

Salsabila, U. H. (2018). Teori ekologi Bronfenbrenner sebagai sebuah pendekatan dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Al-Manar: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 7(1), 139–158.

Supeni, S., Handini, O., & Al Hakim, L. (2021). Analisis kebijakan model pengembangan sekolah ramah anak (SRA) pada sekolah dasar (SD) dalam mengimplementasikan Pendidikan karakter berbasis budaya daerah untuk mendukung kota layak anak. Unisri Press.

Tizaka, R. M. P., & Ismail, H. (2023). Analisis Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak di Surabaya: Studi pada SDN Kedungdoro V dalam Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Bebas Kekerasan Fisik dan Bullying. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(6), 218–232.

Wahid, S., Cuddy, S. M., Bastola, A., Shrestha, A., & Almeida, A. (2024). Gender equality, disability and social inclusion in water modelling: A practitioners’ toolkit. CSIRO Canberra Australia and ICIMOD Kathmandu Nepal.

Wardoyo, Y. P., Prasetyo, S. N., Suwandayani, B. I., Nuryasinta, R. K., Marchellinda, H. R., Karunia, N. R., & Deasilva, S. (2024). Optimalisasi gedsi (gender equility, disability, social inclusion) melalui sekolah ramah anak di SDN Merjosari 5 Malang. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2357–2364.

Werdiningsih, W. (2020). Penerapan Konsep Mubadalah Dalam Pola Pengasuhan Anak. IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies, 1(1), 1–16.

WIJAYA, R. (2024). Peran Pundi Sumatra Dalam Pemberdayaan Suku Anak Dalam Di Desa Dwi Karya Bakti Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo. Universitas Jambi.

Yulianto, A. (2016). Pendidikan ramah anak studi kasus SDIT Nur Hidayah Surakarta. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(2), 137–156.

Downloads

Published

2025-05-12

How to Cite

Suwandayani, B. I., Wardoyo, Y. P., & Prasetyo, S. N. (2025). PENDAMPINGAN PERWUJUDAN LINGKUNGAN SEKOLAH RAMAH ANAK MELALUI GEDSI UNTUK SEKOLAH DASAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4152–4160. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.43921

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.