PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN BULETIN PURBAKALA EDISI DESEMBER 2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.42947Keywords:
Pelatihan, Pendampingan, BuletinAbstract
Tujuan kegiatan penegbdian ini yaitu untuk mendeskripsikan tahapan pelaksanaan kegiatan pelatihan dan pendampingan pembuatan Buletin Purbakala Edisi Desember 2023 dan mendeskripsikan Buletin Purbakala Edisi Desember 2023 yang dihasilkan oleh peserta kegiatan. Metode pengabdian ini dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan yaitu tutorial, pelatihan dan pendampingan. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukan bahwa tahapan pelaksanaan kegiatan meliputi tutorial tentang konsep jurnalistk, produk jurnalistik, konsep buletin dan tata cara pembuatan buletin serta pembentukan tim redaksi. Tahap selanjutnya adalah pelatihan desain cover bulletin, desain layout, penentuan tema dan topik, tata cara menarasikan isi rubrik dan penyusunan daftar pustaka. Tahap terakhir adalah pendampingan yang merupakan tindaklanjut pelatihan yang meliputi pendampingan finalisasi desain cover Buletin Purbakala Edisi Desember 2023, desain dan inovasi tampilan gambar, menarasikan gambar dalam rubrik, serta penyusunan daftar pustaka dengan style dan font tertentu. Selanjutnya, buletin yang dihasilkan oleh peserta kegiatan berupa buletin ilmiah dengan tema, “Arkeologi Islam” dan topiknya, “Memahami Jejak Peradaban Islam: Penelusuran Arkeologi Islam di Sulawesi Tenggara”. Buletin yang dihasilkan juga dilengkapi dengan cover, tim redaksi, desain layout, rubrik, narasi rubrik, halaman, dan daftar pustaka. Kegiatan pengabdian ini membawa dampak positif, baik dalam bidang ilmiah, skill maupun psikologis yang berupa dorongan dan antusias untuk berkarya, khususnya pada generasi muda yang merupaka peserta kegiatan.References
Abiddin, N. Z., & Hassan, A. (2011). A Review of Effective Mentoring Practices for Mentees Development. Journal of Studies in Education, 2(1), 72–89. https://doi.org/10.5296/jse.v2i1.1226
Husna, A. (2018). Pelatihan Penggunaan Metode Jarimatika Untuk Menanamkan Konsep Cara Mudah Menghitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar Rw. 01 Kelurahan Kibing. Minda Baharu, 1(1), 19–24. https://doi.org/10.33373/jmb.v1i1.1169
Khairuni, Z. I. … Jeumpa, K. (2021). Pendampingan Pembuatan Mural Edukasi sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar dengan Konsep Belajar dan Bermain. Jurnal Abdidas, 2(3), 634–645. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i3.335
Kusnawan, A. (2008). Manajemen Pelaksanaan Pelatihan Dakwah. Jurnal Ilmu Dakwah, 4(12), 335–370.
Kusuma, A. P. … Rahmawati, N. K. (2022). Pendampingan Belajar Dalam Workshop Konsep Dasar Pembelajaran Matematika Untuk Anak-Anak Sanggar Kabasa. Journal of Social Outreach, 1(1), 53–62. https://doi.org/10.15548/jso.v1i1.3848
Mahlianurrahman, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbsasis Kurikulum 2013. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.625
Nugraha, A. (2009). Pengembangan Masyarakat Pembangunan Melalui Pendampingan Sosial Dalam Konsep Pemberdayaan Di Bidang Ekonomi. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 5, 10.
Nugraha, F. (2020). Pendidikan dan Pelatihan: Konsep dan Implementasi dalam Pengembangan Sumberdaya Manusia. Litbangdiklat Press.
Pholen, T., & Londe, B. (1998). Reproduced with permission of the copyright owner . Further reproduction prohibited without. Journal of Allergy and Clinical Immunology, 130(2), 556.
Putra, A. D. … Suwisma, I. B. (2023). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran pada SMK Negeri 1 Tegineneng. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 129–134.
Raya, A. B. … Nugroho, A. D. (2021). Pendampingan Optimalisasi Pekarangan Dengan Konsep Smart Agriculture. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 3(2), 410. https://doi.org/10.22146/jp2m.48887
Salniwati, S. … Alimin, L. (2022). Pelatihan Jurnalistik Dalam Menulis Buletin Dengan Konten Budaya. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1258–1264. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5932
Setiawan, Y. E., & Syaifuddin. (2020). Peningkatan Kompetensi Profesionalitas Guru Melalui Pelatihan Desain Pembelajaran Peta Konsep. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 26(3), 148–153.
Tua, A. G. … Prestasi, T. (2014). 3948-7461-1-Sm. Jurnal EMBA, 2(1).
Veal, M. Lou. (2016). Mentoring in Physical Education: Issues and Insights. In Journal of Teaching in Physical Education (Vol. 17, Issue 4). The Falmer Press. https://doi.org/10.1123/jtpe.17.4.505
Zentgraf, L. L. (2020). Mentoring reality: from concepts and theory to real expertise and the mentor’s point of view. International Journal of Mentoring and Coaching in Education, 9(4), 427–443. https://doi.org/10.1108/IJMCE-12-2017-0077
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Salniwati Salniwati, Faika Burhan, Rahmat Sewa Suraya, Sandy Suseno, Komang Wahyu Rustiani, I Gusti Made Swastya Dharma Pradnyan, Jaimun Jaimun, Visthalya Thevistha, Nurul Hikmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










