PENDAMPINGAN GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA SURAKARTA DALAM PENYUSUNAN MODUL PROJECT PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)

Authors

  • Elinda Rizkasari Universitas Slamet Riyadi
  • Jumanto Jumanto Universitas Slamet Riyadi
  • Viera Nur Khalifah Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.42930

Keywords:

Modul P5, Kurikulum Merdeka, Pendampingan Guru SD

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di setiap jenjang Pendidikan diberlakukan secara bertahap. Pada tahun 2024 merupakan tahun terakhir Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi menyelenggarakan evaluasi terkait pelaksanaan Kurikulum Merdeka dimana dari hasil evaluasi tersebut akan dijadikan sebagai bahan perbaikan sehingga Kurikulum Merdeka pada akhir tahun 2024 ditetapkan menjadi Kurikulum Nasional. Pengabdian ini bertujuan khusus untuk: memberikan pendampingan dalam penyusunan modul P5 pada Kurikulum Merdeka di SD Kota Surakarta. Urgensi pengabdian ini adalah untuk memberikan pendampingan kepada guru sekolah dasar di wilayah Surakarta  dalam penyusunan modul P5 Kurikulum Merdeka yang akan diterapkan menjadi Kurikulum Nasional. Metode pelaksanaan pengabdian meliputi: (1) metode pendekatan yang dilakukan mulai tahap survei, perijinan, dan pemberian motivasi bagi guru yang akan mengikuti pendampingan (2) metode pelaksanaan program, meliputi tahap pendahuluan, tahap sosialisasi dan audiensi, tahap pelatihan, serta tahap evaluasi akhir. Target yang diharapkan peserta berasal dari perwakilan guru sekoilah dasar sekolah mitra di wilayah Kota Surakarta dan nantinya mampu membuat modul P5. Hasil analisis tanggapan guru terhadap pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa materi pelatihan penyusunan modul ajar berbasis P5 di Era Kurikulum Merdeka sangat diminati dan dibutuhkan guru dalam pengembangan pembelajaran di Era Kurikulum Merdeka. Guru merasakan manfaat kegiatan pengabdian kepada masyarakat karena dapat menjadi wawasan keilmuan baru dalam pengembangan kegiatan pembelajaran di sekolah.

References

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. In Jurnal Basicedu (Vol. 6, Issue 4, pp. 5877–5889). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1, 38–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Merta sari, N. komang lina, Widiratini, N. K., & Anggendari, M. D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Embroidery Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 13(1), 28–36. https://doi.org/10.23887/jppkk.v13i1.43939

Prasetya, A. E., Limiansih, K., & Krissandi, A. D. S. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pgsd Untuk Mahasiswa Papua. Snfkip, 218–227.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. In Jurnal Basicedu (Vol. 6, Issue 4, pp. 7174–7187). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Sherly, Edy dharma, & Humiras Betty Sihombing. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1, 183–190.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. In Jurnal Basicedu (Vol. 6, Issue 5, pp. 8248–8258). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13357

Downloads

Published

2025-04-16

How to Cite

Rizkasari, E., Jumanto, J., & Khalifah, V. N. (2025). PENDAMPINGAN GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA SURAKARTA DALAM PENYUSUNAN MODUL PROJECT PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 2295–2299. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.42930