PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK BRI UNIT TASSILILU KECAMATAN SINJAI BARAT

Authors

  • Nurul Ainul Mukrima Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syarifuddin Sulaiman Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Irwan Abdullah Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.42800

Keywords:

Kualitas Pelayanan Karyawan, Loyalitas Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan bank dan loyalitas nasabah. Dalam konteks persaingan yang semakin ketat di sektor perbankan, kualitas pelayanan menjadi faktor krusial dalam mempertahankan nasabah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei, melibatkan 87 responden yang merupakan nasabah Bank BRI Unit Tassililu. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur berbagai dimensi kualitas pelayanan, termasuk aspek fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati. Analisis data dilakukan dengan regresi linear sederhana untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan antara kualitas pelayanan karyawan terhadap loyalitas nasabah. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan dalam kualitas pelayanan dapat meningkatkan loyalitas nasabah. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar manajemen Bank BRI Unit Tassililu terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan untuk mempertahankan nasabah dan bersaing secara efektif di industri perbankan.

References

Arifin, Syamsul, Nur Aini Anisa, and Priyo Utomo. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Ahass Daya Motor Surabaya.” Journal on Education 5(3): 9629–36. doi:10.31004/joe.v5i3.1840.

Astuti, P P, and A Irfan. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warkop 51 Daya Di Kota Makassar.” Jurnal Ekonomi Prioritas: 119–27. http://stim-lpi.ac.id/jurnal/index.php/prioritas/article/view/191%0Ahttp://stim-lpi.ac.id/jurnal/index.php/prioritas/article/download/191/197.

Dwi Wahyuni, Chusnul Rofiah,. 2017. “Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang.” Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis 12(1): 69–82. doi:10.26533/eksis.v12i1.84.

Ermini, Suryati, Muhammad Najib, and Dina Sri Nindiati. 2023. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada The Hungry Burger.” Jurnal Media Wahana Ekonomika 20(1): 36–51. doi:10.31851/jmwe.v20i1.9814.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hapsari1, 2019. 2019. “1 + 0,374.” : 57–93.

Herman, H, R Ramli, and ... 2023. “Pengaruh Marketing Mix Dan Self Service Technology Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Muamalat Kantor Cabang Mamuju.” SEIKO: Journal of … 6(2): 326–33. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/6037%0Ahttps://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/download/6037/4034.

Ismulyaty, Sri, Nurmaini, and May Roni. 2022. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pengguna Internet Banking Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia (Bsi Kalirejo).” NISBAH: Jurnal Perbanka Syariah 8(1): 66–75. doi:10.30997/jn.v8i1.6117.

Manalu, Titi Rosarina, Winarto, and Kristanty Nadapdap. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Pegawai Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT.ORINDOALAMAYUMEDAN.” Jurnal Ilmiah Methonomi 5(1): 57–66.

Mirani, Kurnia Putri, Aniela Nania Margareth, Nila Cahyarani, Agus Maulana, Universitas Pembangunan, Nasional " Veteran, and " Jakarta. 2021. “Bilancia: Jurnal Ilmiah Akuntansi.” Bilancia: Jurnal Ilmiah Akuntansi 5(2): 193–204. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/BILANCIA/index.

Monica, Aulia, and Yusrizal Yusrizal. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Di PT Prudential Syariah Binjai.” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 4(4): 1137–46. doi:10.47467/elmal.v4i5.2587.

Octavia, Ria. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Bank Index Lampung.” Jurnal Manajemen Pemasaran 13(1): 35–39. doi:10.9744/pemasaran.13.1.35-39.

Putera, Akhmad Darma, Juhriyansyah Dalle, and Muhammad Riduansyah Syafari. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Kepercayaan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Penabung Aktif Pt Bank Bukopin Cabang Banjarmasin.” Jurnal Bisnis dan Pembangunan 10(2): 1. doi:10.20527/jbp.v10i2.10952.

Rahmadi, Rahmadi. 2017. “Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Salbutamol Nebules.” Monex Journal Research Accounting Politeknik Tegal 6(2). doi:10.30591/monex.v6i2.601.

Santina, R O, F Hayati, and R Oktariana. 2021. “Analisis Peran Orangtua Dalam Mengatasi Perilaku Sibling Rivalry Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa … 2(1): 1–13. file:///Users/ajc/Downloads/319-File Utama Naskah-423-1-10-20210810.pdf.

Santoso, Joko Bagio. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen.” Jurnal Akuntansi dan Manajemen 16(01): 127–46. doi:10.36406/jam.v16i01.271.

Satria, Fiqri, and Diah Astarini. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Dimediasi Oleh Kepuasan Nasabah.” Jurnal Ekonomi Trisakti 3(1): 1911–24. doi:10.25105/jet.v3i1.16124.

Septiana, Nadia Mauliditta, Dwi Wahyu Artiningsih, and Hairudinor Hairudinor. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Pt Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk Cabang Banjarmasin Samudera).” Jurnal Bisnis dan Pembangunan 10(2): 24. doi:10.20527/jbp.v10i2.10955.

Siagian, S. P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sony, Mohammad, and Zakiyuddin Arif. 2020. “Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Produk Tabungan Emas Pegadaian.” Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) 8(2): 472–81.

Sugiarsih Duki Saputri, Rini. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang.” CoverAge: Journal of Strategic Communication 10(1): 46–53. doi:10.35814/coverage.v10i1.1232.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA

Tamal, Akrisian Jaya, and Siska Febrianti. 2022. “Analisis Manajemen Strategi Bank Muamalat Indonesia Mempertahankan Loyalitas Nasabah Di Kota Solok Provinsi Sumatera Barat.” Management Studies and Entrepreneurship Journal 3(4): 2275–82.

Tumbel, Altje. 2016. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt Bank Btpn Mitra Usaha Rakyat Cabang Amurang Kabupaten Minahasa Selatan Influences of Trust and Satisfaction To Customer Loyalty At Pt. Bank Btpn Mitra Usaha Rakyat, Amurang, Kabupaten Mi.” Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum 3(1): 64–79.

Ulfa, Mailani, and Riri Mayliza. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pdam Kota Padang.” Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi: 1–16.

Zulkarnain, Rizal, Her Taufik, and Agus David Ramdansyah. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada PT Bank Syariah Mu’amalah Cilegon).” Jurnal Manajemen Dan Bisnis: 1–24.

Downloads

Published

2025-03-28

How to Cite

Mukrima, N. A., Sulaiman, S., & Abdullah, I. (2025). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK BRI UNIT TASSILILU KECAMATAN SINJAI BARAT . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 2133–2141. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.42800

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.