MEMBERDAYAKAN GURU: WORKSHOP PENULISAN DAN PUBLIKASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI MAHASISWA PPG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41958Keywords:
Workshop, PTK, PublikasiAbstract
Workshop Penulisan Publikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi mahasiswa PPG di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai yang dilaksanakan pada 14 Maret 2024 bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah yang sesuai dengan standar akademik. Melalui pelatihan intensif, peserta diberikan pemahaman mengenai struktur artikel PTK, penggunaan alat bantu referensi seperti Mendeley, serta cara mengolah data penelitian menjadi hasil yang sistematis dan berkualitas. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta mengalami peningkatan yang signifikan dalam kemampuan menulis, terutama dalam menyusun kajian pustaka, menyajikan data, dan memahami proses publikasi. Workshop ini diharapkan dapat memperkuat kemampuan akademik mahasiswa PPG, meningkatkan kualitas penelitian, dan mendukung profesionalisme guru dalam berbagi pengetahuan melalui publikasi ilmiah.References
Arifin, Z., & Usman, M. (2022). Peningkatan Kompetensi Menulis Artikel Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru melalui Pelatihan Penulisan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(2), 110-123.
Arum, S. (2021). Tantangan Penulisan Ilmiah di Kalangan Mahasiswa: Sebuah Kajian Empiris. Jurnal Pendidikan dan Penelitian, 15(3), 127-135.
Hartati, S. (2020). Peran Publikasi Ilmiah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 12(4), 23-36.
Hidayah, N. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah pada Mahasiswa Melalui Workshop Penulisan Ilmiah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 12(2), 56-63.
Nurwanto, A., & Yusuf, M. (2021). Integrasi Penelitian Tindakan Kelas dalam Pengembangan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan dan Riset, 9(1), 79-93.
Sanjaya, W., & Abdurrahman, M. (2023). Strategi Pembelajaran Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 6(3), 45-58.
Sulastri, I. (2019). Peran Workshop Penulisan dalam Meningkatkan Kualitas Artikel Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tinggi, 18(4), 102-110.
Suryani, N. (2022). Pentingnya Publikasi Ilmiah bagi Guru dalam Pengembangan Keilmuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17(1), 78-91.
Susanti, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Mendeley dan Zotero dalam Penulisan Ilmiah: Sebuah Kajian Teknologi Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(1), 89-97.
Wahyuni, D. (2022). Publikasi Ilmiah sebagai Bentuk Pengembangan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan dan Karir, 9(1), 45-52.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lusi Marleni, Rusma Novita, Sapta Lamsihar Simanjuntak, Sisca Ningsih, Solihin Solihin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.