PELATIHAN ORGANIZATION MANAGEMENT BASED COMMUNITY (OMC) SENI UNTUK MENINGKATKAN ORGANIZATIONAL CAPABILITIES PADA PEMILIK UMKM

Authors

  • Hariyono Hariyono Universitas Negeri Malang
  • Evania Yafie Universitas Negeri Malang
  • Daya Negri Wijaya Universitas Negeri Malang
  • Primasa Minerva Nagari Universitas Negeri Malang
  • Aimi Musa Universitas Teknologi Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41192

Keywords:

OMC, Kemampuan Organisasi, dan Pelatihan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan organizational capabilities ada pemilik UMKM di Klampok Kasri melalui pelatihan Organization Management Based Community (OMC).   Metode penelitian Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan eksperimen yaitu quasi eksperimen. Quasi eksperimen dipilih karena penelitian ini dilkukan tanpa pengacakan (random), namun melibatkan penembatan partisipan kedalam kelompok atau penelitian ini dilakukan dengan memberikan treatment pada kelompok yang diteliti dalam penelitian ini. Treatmen dilakukan dengan mengobservasi hasil pelatihan OMC terhadap masyarakat terutama UMKM di Klampok Kasri Jaman Biyen. Hasil penelitian bahwa kegiatan pelatihan Organization Management Based Community (OMC) terbukti efektif dalam meningkatkan kapabilitas organisasi UMKM. Melalui pelatihan OMC, UMKM di Klampok Kasri mendapatkan peningkatan keterampilan manajerial dan operasional, memperkuat kolaborasi antar anggota komunitas, dan mendorong inovasi. Dampak positif tersebut dirasakan baik pada tingkat individu maupun secara kolektif, meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan daya saing, serta kontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal.

References

Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023). PENTINGNYA PERAN LOGO DALAM MEMBANGUN BRANDING PADA UMKM. Jesya. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.967

Akhriza, T. M., Sophia, E., & Dewa, W. A. (2022). Evaluasi Pendampingan Branding berbasis Platform Digital bagi UMKM se-Malang Raya. SMATIKA JURNAL. https://doi.org/10.32664/smatika.v12i02.734

Aprilia, E., Prabawati, N. P. A., & Lukman, J. P. (2024). Efektivitas Program Bali Satu Data Dalam Upaya Keterbukaan Informasi di Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Provinsi Bali. Socio-Political Communication and Policy Review, 1(2), 78–87. https://doi.org/10.61292/shkr.110

Ayustia, R., Nadapdap, J. P., & Salfarini, E. M. (2023). Peningkatan Daya Saing UMKM Kuliner di Bumi Sebalo Melalui Metode Score Plus. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 257–267. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i2.2385

Azzouzi, O., & Ulutagay, G. (2021). Innovation Management in SME and Organization Development Based on Customers Satisfaction. … Journal of Computer Science and Mobile ….

Duchek, S. (2020). Organizational resilience: a capability-based conceptualization. Business Research. https://doi.org/10.1007/s40685-019-0085-7

Erlanitasari, Y., Rahmanto, A., & Wijaya, M. (2020). Digital economic literacy micro, small and medium enterprises (SMES) go online. Informasi. https://doi.org/10.21831/informasi.v49i2.27827

Faqih, N., Bumi, I. S., Herwindo, W., Sains, U., Qur, A.-, Wonosobo, U., … Masyarakat, P. (2024). PROVINSI JAWA TENGAH Enhancing the Productivity of SMEs through CNC Machine Optimization in Kalibeber , Wonosobo , Central Java Province. 01, 40–49.

Gaschi-Uciecha, A. (2019). Risk Management in SMES. Transport Economics and Logistics. https://doi.org/10.26881/etil.2019.82.08

Ilmi, N. A. N. (2021). Peran UMKM Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran Masyarakat dan Strategi UMKM Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis. https://doi.org/10.38043/jmb.v18i1.2790

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). PENDAMPINGAN BRANDING DAN PACKAGING UMKM IKATAN PENGUSAHA AISYIYAH DI KOTA MALANG. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu). https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11188

Lumbantoruan, R., L.Tobing, S. J., Kodu, A. R., & Irene, P. (2021). Penyuluhan Program Pemerintah dan Aturan Pengadaan UMKM Menghadapi Pandemi COVIS-19 dan PPKM. Urnal Ikraith-Abdimas.

M’zungu, S., Merrilees, B., & Miller, D. (2019). Strategic and Operational Perspectives of SME Brand Management: A Typology. Journal of Small Business Management. https://doi.org/10.1111/jsbm.12387

Maharani, D. (2019). PENGARUH MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN CIKIJING KABUPATEN MAJALENGKA. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara. https://doi.org/10.33005/jdg.v9i2.1637

Mang’ana, K. M., Ndyetabula, D. W., & Hokororo, S. J. (2023). Financial management practices and performance of agricultural small and medium enterprises in Tanzania. Social Sciences and Humanities Open. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100494

Marbun, D. S. N., & Simanjuntak, M. (2021). Pengaruh Digital Marketing terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran UMKM Pariwisata di Kabupaten Toba Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis. https://doi.org/10.33479/sneb.v1i.125

Mardiana, N., Azwar, A. G., Nurhayati, L., Nurwathi, N., Wijaya, W., Munandar, A., … Nurbani, S. N. (2022). DIGITALISASI PEMASARAN HASIL PRODUKSI UMKM DESA. Jurnal Abdimas Sang Buana. https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v3i1.1150

Mcadam, R., & Reid, R. (2001). SME and large organisation perceptions of knowledge management: Comparisons and contrasts. Journal of Knowledge Management. https://doi.org/10.1108/13673270110400870

Misnan, M., & Barizki, R. N. N. (2021). Strategi Komunikasi Bisnis Hipmikindo Dalam Mensinergikan Sumberdaya Akademisi Dan Pelaku Umkm. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(2), 226–241. https://doi.org/10.32509/wacana.v20i2.1722

Murtiningsih, D., & Caroline, R. T. M. (2024). Digitalisasi UMKM. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i3.13861

Nabella, S. D., Rivaldo, Y., Kurniawan, R., Nurmayunita, Sari, D. P., Luran, M. F., … Wulandari, K. (2022). The Influence of Leadership and Organizational Culture Mediated by Organizational Climate on Governance at Senior High School in Batam City. Journal of Educational and Social Research, 12(5), 119–130. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0127

Niode, I. Y. (2019). Sektor umkm di Indonesia: profil, masalah dan strategi pemberdayaan. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis OIKOS-NOMOS.

Prasetya, R., Alva Hendi Muhammad, & Asro Nasiri. (2024). Perancangan Model Manajemen (Tata Kelola) Data Menggunakan Domain APO14 COBIT 2019. Jurnal Informatika Polinema, 10(3), 389–396. https://doi.org/10.33795/jip.v10i3.5135

Purwanti, A. R., Hidayat, N., & Sutisna, E. (2019). PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA DOSEN MELALUI PENGEMBANGAN EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN BUDAYA ORGANISASI. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1333

Putra, A. I., & Hendrawan, T. (2024). Jurnal Pengabdian Masyarakat ( PENGAMAS ) Business Growth in Prabumulih City , South Sumatra Inovasi Pemasaran Digital : Memanfaatkan Teknologi Online untuk Mendorong Pertumbuhan Bisnis UMKM di Kota Prabumulih , Sumatera Selatan. 1(1), 47–51.

Ra, A. (2023). Urgensi Pembaharuan Pengaturan Hubungan Kemitraan Guna Mendorong Pertumbuhan UMKM di Indonesia. 3(2), 120–130.

Rahman, M. M., Bhuiyan, F., Samaduzzaman, M., Mia, P., & Mahmood, I. (2023). Corporate Sustainability by Combating Bribery: The Role of an Organisation Culture and Its Impact on the Organisation’s Performance. Sustainability (Switzerland). https://doi.org/10.3390/su15086557

Rezky, S. F., Hamdani, R., Suherdi, D., Erwansyah, K., Ginting, E. F., & Simangunsong, P. B. N. (2021). Branding UMKM untuk Meningkatkan Potensi Promosi dan Penjualan Secara Mandiri. ABDIMAS IPTEK. https://doi.org/10.53513/abdi.v1i1.3381

Sari, R. P., Mulyani, C. S., & Budiarto, D. S. (2020). PENTINGNYA PENGENDALIAN INTERNAL UNTUK MENINGKATKAN TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH. Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 6(1), 1. https://doi.org/10.26486/jramb.v6i1.697

van Zyl, W. R., Henning, S., & van der Poll, J. A. (2022). A Framework for Knowledge Management System Adoption in Small and Medium Enterprises. Computers. https://doi.org/10.3390/computers11090128

Wibowo, Y., & Meiden, C. (2024). Jurnal Akuntansi dan Manajemen Penerapan ESG terintegrasi: Studi kasus PT Bukit Asam Tbk. dalam meraih proper emas tahun 2022. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 21(1), 95–112. https://doi.org/10.36406/jam.v21i1.1448

Downloads

Published

2025-02-02

How to Cite

Hariyono, H., Yafie, E., Wijaya, D. N., Nagari, P. M., & Musa, A. (2025). PELATIHAN ORGANIZATION MANAGEMENT BASED COMMUNITY (OMC) SENI UNTUK MENINGKATKAN ORGANIZATIONAL CAPABILITIES PADA PEMILIK UMKM . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 1171–1178. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41192

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.