INTELIGENSIA/CENDEKIAWAN ISLAM SEBAGAI SEBUAH KELAS SOSIAL BARU: SEBUAH HARAPAN DAN PERJUANGAN EKSISTENSI DAN JATI DIRI SERTA BEBAN SEJARAH DAN MASA DEPAN

Authors

  • Yuldafriyenti Yuldafriyenti Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Tamrin Kamal Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Saifullah Saifullah Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Desi Asmaret Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Julhadi Julhadi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41039

Keywords:

Inteligensia, Cendekiawan, Cendekiawan Islam Kelas Sosial Baru

Abstract

Inteligensia atau cendekiawan Islam berada dalam posisi unik untuk membantu umat Islam menghadapi kesulitan-kesulitan modernitas. Salah satu perkembangan signifikan dalam dinamika sosial dan intelektual umat Islam adalah munculnya ulama Islam sebagai kelas sosial baru. Baik secara politik maupun intelektual, para pemikir Islam Indonesia telah mengalami pasang surut. Metode yang digunakan yakni Kualitatif dengan desain studi literature atau library research. Kemudian dilakukan dengan meninjau sumber bacaan yang terkait dengan topik penelitian yang dibahas, serta dengan meninjau studi dokumen dari penelitian sebelumnya yang berkaitan konsep. Data dikumpulkan dengan meliat buku, jurnal ilmiah serta sember digital. Hasil penelitian membahas mengenai pengertian inteligensia atau cendekiawan, peran cendekiawan muslim. Cendekiawan Islam dapat dipandang sebagai kelas sosial baru yang terbentuk melalui proses pendidikan modern, baik di lembaga-lembaga Islam tradisional maupun institusi pendidikan sekuler.

References

Ali, M., & Andari, A. A. (2024). Pendidikan Islam dan Kebangkitan Kaum Cendikiawan Muslim Indonesia. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1351–1360. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/401

Armansyah, Y. (2017). Dinamika Perkembangan Islam Politik di Nusantara: Dari Masa Tradisional Hingga Indonesia Modern. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 2(1), 27. https://doi.org/10.29240/jf.v2i1.149

Calam, A., Susanti, D., & Angin, T. B. (2015). Inteligensia Islam Sebagai Sebuah Kelas Sosial Baru. Jurnal SAINTIKOM, 14(1), 65–78.

Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46

Hasdiana, U. (2024). Epistemologi Hukum Islam dalam Hukum Positif di Indonesia. Al-Mashlahah: Jurnal Islam Dan Pranata Sosial, 12, 1–5. https://doi.org/10.30868/am.v12i01.6545

Hidayat, M., Fuaid, M., & Alhaddad, M. R. (2022). Program Studi Pendidikan Agama Islam KONSTRBUSI PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP KEBANGKITAN CENDIKIAWAN MUSLIM. Taujih, Jurnal Pendidikan Islam, 4(01), 56–72.

Hikmah, J., Pendidikan, J., Vol, I., Islam, A., Kebangkitan, D., Muslim, C., & Indonesia, D. (2023). Hamdi P dan Iswantir – Pendid ikan Agama Islam Dan Kebangkitan Cendekiawan Muslim Di Indonesia Page 11. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 11–23.

Khasanah, L. (2019). Dampak Kebijakan Pendidikan Islam (Study Tentang Lahirnya Kelas Elit Muslim di Indonesia). ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1). https://doi.org/10.33853/istighna.v2i1.8

Mukhlishin, & Dewi, N. Y. S. (2023). Implementasi Ijtihad dan Tajdid : Upaya Muhammadiyah Membangun Peradaban Ekonomi Islam. Studi Islam Dan Muhammadiyah, 10(10), 37–47.

Nadirah, Pramana, A. D. R., & Zari, N. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mix (Method Mengelola Penelitian dengan Mendeley dan Nvivo). CV Azka Pustaka.

Prayitno, H., & Qodat, A. (2019). Konsep Pemikiran Fazlur Rahman tentang Modernisasi Pendidikan Islam dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2, 1–23.

Ruslan, F. (2019). Politik Hukum Islam Masa Orde Baru dan Produk Perundang-undangannya. Jurnal Hukum Dan Politik, 10(2). https://doi.org/10.37035/alqisthas.v10i2.2347

Rustamana, A., Wahyuningsih, P., Azka, M. F., & Wahyu, P. (2024). Penelitian Metode Kuantitatif. Sindoro Cendikia Pendidikan, 5(6), 1–10.

Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. anggreini. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , Universitas Negeri Medan Program Studi Pendidikan Guru Sek. Jurnal Guru Kita, 8(1).

Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT Kanisius.

Zulmuqim, Z., Samad, D., & Tabrani, T. (2023). Pendidikan Islam dan Kebangkitan Cendekiawan Muslim Innovative. Journal Of Social Science Research, 3, 3. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2261%0A

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

Yuldafriyenti, Y., Kamal, T., Saifullah, S., Asmaret, D., & Julhadi, J. (2025). INTELIGENSIA/CENDEKIAWAN ISLAM SEBAGAI SEBUAH KELAS SOSIAL BARU: SEBUAH HARAPAN DAN PERJUANGAN EKSISTENSI DAN JATI DIRI SERTA BEBAN SEJARAH DAN MASA DEPAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 647–654. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41039

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.